Sponsors Link

12 Jenis Makanan yang Menyebabkan Alzheimer dan Perlu Dikurangi

Sponsors Link

Penyakit Alzheimer merupakan salah satu jenis penyakit yang bisa dikatakan hampir mirip dengan demensia. Salah satu gejala yang bisa terlihat secara signifikan adalah seseorang yang mengalami kepikunan akut. Padahal usianya sendiri masih sangatlah muda. Gejala Alzheimer juga dapat Membuat seseorang yang memiliki kemampuan dalam berfikir dengan jernih menjaid mudah lupa.

ads

Bahkan Terkadang seseorang yang terkena penyakit ini tidak mengingat siapa dirinya, siapa keluarganya bahkan orang- orang terdekat yang ada di sekitarnya. Penyakit Alzheimer juga merupakan jenis penyakit yang membuat sel- sel otak melakukan regenerasi dan kemudian mati, sehingga secara tidak langsung seseorang yang mengalami jenis penyakit ini mengalami penurunan memori dan pada akhirnya fungsi otak dan mentalnya mati.

Jenis penyakit ini juga seringkali dikaitkan dengan gangguan mental organik yang biasanya terjadi pada diri seseorang. Beberapa ilmuwan banyak yang mengungkapkan bahwa Alzheimer bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti faktor genetik, gaya hidup seseorang yang tentunya dapat sangat mempengaruhi dari waktu ke waktu.

Namun ada juga beberapa studi yang mengatakan, bahwa penyakit yang satu ini bisa juga diakibatkan karena pola makan. Banyaknya jenis makanan yang ada di lingkungan tentunya perlu kita pilih sebaik mungkin, dan untuk yang tidak memiliki manfaat untuk tubuh memang sebaiknya  dihindari. Berikut beberapa jenis makanan yang menyebabkan Alzheimer.

1. Pemanis Buatan

Seperti kita ketahui, banyaknya makanan atau minuman yang ada dipasaran sebenarnya belum tentu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan, salah satunya jenis minuman yang seringkali kita temui di supermaratket. Meskipun tidak semuanya, tapi hampir kebanyakan memang menggunakan jenis pemanis buatan.

Selain dapat mengakibatkan diabetes tipe 2 untuk tubuh, ternyata jenis minuman dengan pemanis buatan sangat berbahaya untuk otak, karena bisa menimbulkan gejala penyakit Alzheimer. Kandungan gula buatan atau pemanis buatan yang tinggi ini, bisa juga menyebabkan seseorang terkena demensia, sehingga memang sebaiknya dihindari atau sedikit demi sedikit dikurangi.

Baca juga :

2. Makanan yang Mengandung Karbohidrat

Jenis makanan yang mengandung karbohidrat tinggi umumnya memang memiliki indeks glikemik yang sangat tinggi, sehingga dengan kata lain tubuh kita pun akan mencerna makanan tersebut dengan sangat cepat. Hal tersebut tentu tidak baik untuk kesehatan tubuh, karena kenaikan mendadak yang seperti itu bisa menyebabkan insulin dan juga gula darah menjadi naik.

Jika kita terlalu sering mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat tinggi, tentu akan memicu banyak timbulnya penyakit. Bahkan beberapa penelitian pun sudah banyak yang mengatakan makanan dengan glikemik tinggi akan mempengaruhi kesehatan otak. Dan bukan tidak mungkin akan terjadi timbulnya penyakit Alzheimer.

3. Makanan Olahan

Makanan olahan yang sering kita temukan di supermarket pun ternyata tidak begitu baik untuk kesehatan, salah satunya kesehatan otak karena termasuk pada jenis makanan yang menyebabkan Alzheimer. Bahkan dengan Mengkonsumsi makanan jenis olahan seperti ini bisa menurunkan daya ingat dengan sangat cepat, sehingga tips meningkatkan daya ingat memang sangat dibutuhkan dalam hal ini.

Jenis makanan olahan seperti saus kemasan, mi instan dan jenis makanan lainnya ini memang sebaiknya anda kurangi apalagi adanya gangguan negative seperti brain deriverd neutrophic factor yang memang sudah ditemukan di beberapa negara banyak yang mengungkapkan, bahwa jenis makanan yang satu ini memang tidak baik untuk memori jangka panjang, dan juga untuk pertumbuhan neuron yang baru.


4. Makanan yang Mengandung Msg

Jenis makanan lainnya yang dapat memicu gejala penyakit Alzheimer adalah semua jenis makanan yang di dalamnya mengandung kandungan msg. Seperti kita ketahui penggunaan msg sendiri di beberapa Negara memang dilarang, hal ini juga dikarenakan sudah ada bukti mengenai penelitian penyedap makanan ini yang bisa menimbulkan penyakit otak, salah satunya adalah dalam memicu gejala penyakit Alzheimer.

Baca juga :

5. Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji memang merupakan jenis makanan yang simple dan juga enak. Namun di balik itu semua ternyata banyak kandungan tidak baik yang ada di dalamnya. Salah satunya jenis pengawet yang ada pada makanan tersebut sangat berbahaya untuk kesehatan, salah satunya merupakan jenis makanan yang menyebabkan Alzheimer.

Jenis makanan cepat saji, khususnya yang digoreng mengandung banyak kandungan lemak jenuh yang bisa meningkatkan resiko penyakit darah tinggi dan juga penyakit jantung. Dengan Mengkonsumsi terlalu sering jenis makanan yang satu ini pun bukan tidak mungkin dapat memicu Alzheimer jauh lebih cepat.

6. Daging Olahan

Daging merupakan sumber lemak yang sebenarnya bagus untuk tubuh, dengan Mengkonsumsi tidak berlebihan tentunya anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari jenis makanan yang satu ini. Namun berbeda hal nya dengan daging olahan yang sering kita temui di supermarket.

Makanan daging olahan yang satu ini mengandung nitromasin yang bisa menyebbakan kerusakan organ hati. Dengan banyak mengkonsumsi makanan lemak seperti ini tentu bisa menyebabkan timbulnya penyakit Alzheimer, sehingga memang perlu diwaspadai sejak dini.

7. Keju Olahan

Keju juga merupakan salah satu jenis makanan yang sebenarnya bagus untuk kesehatan tubuh. Bahkan keju juga merupakan sumber protein yang baik dan juga sumber kalsium yang bagus. Namun untuk anda yang menyukai jenis makanan seperti keju olahan sepertinya harus sedikit menguranginya, karena jenis makanan ini dapat meningkatkan kerusakan pada otak dan juga kehilangan memori yang termasuk pada jenis makanan yang menyebabkan Alzheimer.


8. Bir

Minuman yang satu ini memang sering kita dengar cukup sering di konsumsi di luar negeri. Padahal jenis minuman seperti bir tidak ada manfaatnya smaa sekali untuk tubuh manusia. Bahkan beberapa penelitian sudah mengungkapkan seseorang yang mengkonsumsi bir sebanyak dua gelas dalam sehari bisa terkena penyakit Alzheimer jauh lebih tinggi. Bahkan ketika dia berada di usia tua bisa kehilangan memori jauh lebih cepat.

9. Jenis Makanan dengan Kandungan Diasetil dan Nitrat

Salah satu jenis perasa makanan yang satu ini memang seringkali ditambahkan di beberapa produk makanan seperti keju, mentega, tepung dan juga susu. Serta nitrat yang biasanya digunakan dalam proses pengawetan suatu produk makanan. Dari kedua jenis makanan ini memang dapat mempengaruhi fungsi otak, bukan tidak mungkin gejala Alzheimer pun bisa muncul dengan seringnya mengkonsumsi makanan ini.

10. Roti Tawar

Selain nasi yang mengandung karbohidrat tinggi sebagai jenis makanan yang menyebabkan Alzheimer, biasanya orang Indonesia juga mengkonsumsi roti tawar untuk sarapan. Padahal jika mengkonsumsi terlalu sering jenis makanan yang satu ini tidaklah baik dimana bisa menyebabkan lonjakan gula darah yang memicu jenis penyakit Alzheimer.

11. Makanan Beku

Mengkonsumsi jenis makanan beku instan memang jauh lebih mudah, apalagi biasanya naak- anak pun sangat menyukai jenis makanan yang satu ini, padahal dibalik kelezatannya, makanan ini cukup berbahaya untuk kesehatan otak, karena salah satunya bisa menimbulkan penyakit Alzheimer.

12. Makanan yang Mengandung Merkuri

Merkuri merupakan salah satu jenis logam berat yang memang berbahaya untuk kesehatan, karena sifatnya yang mengkontaminasi dan juga beracun. Sayangnya beberapa jenis ikan laut khususnya yang di jual dipasaran sudah cukup sering terkontaminasi merkuri, hal ini juga yang menyebabkan dari pencemaran lingkungan. Selain bisa merusak otak, jenis makanan ini memang buruk untuk kesehatan manusia.

Sponsors Link
, ,