Sponsors Link

7 Manfaat Sholat Untuk Kesehatan Mental

Sponsors Link

Ada banyak pengalaman yang bisa Anda temui dalam kehidupan beragama. Seseorang yang sejak kecil taat beragama, hingga dewasa ketaatannya tidak berubah, bahkan semakin meningkat. Namun, sebaliknya ada pula orang yang ketaatan dalam melaksanakan ibadahnya berkurang setelah ia mengalami hidup yang sukses baik secara  jabatan dan materi. Terdapat beberapa metode pemecahan masalah dalam psikologi agama.

ads

Ada pula yang menghentikan shalatnya karena mengalami kekecewaan dalam hidup. Beberapa orang ada yang kehilangan makna hidup. Hingga orang-orang tersebut mencari jalan sebagai ungkapan untuk melepaskan diri dari rasa ketakutan, bingung, putus asa, kesedihan dan kekecewaan.

Jika saja orang-orang itu mau mendengar seruan dan melaksanakan perintah Allah untuk bersabar dan shalat sebagai penolong, pastilah orang tersebut akan menemukan jalan yang dicarinya. Berikut ini beberapa manfaat sholat untuk kesehatan mental yang perlu Anda ketahui :

1. Obat Kesehatan Mental

Jika shalat kita tinjau dari segi kesehatan mental akan dapat kita sadari bahwasannya shalat mempunyai hikmah sebagai obat kesehatan mental seseorang.  Berhubungan dengan perasaan emosi yang sampai pada tahap psikosomatik. Dengan berdoa dan sholat, manusia dapat meminta segala kebutuhan hidupnya serta hajatnya  kepada Allah melalui shalat.

Dikatakan obat metal, karena dengan melakukan sholat jiwa seseorang akan merasa damai dan tentram. Seolah ada yang selalu menjaganya kemana pun ia pergi. Ketahuilah bahwa faktor sosial dalam psikologi agama juga sering muncul.

2. Pencegah Terganggunya Mental

Setiap orang pasti akan menghadapi berbagai macam problem dan cobaan terjadi. Dengan melaksanakan shalat Secara khusuk dan terus-menerus maka hal tersebut dapat dihindari. Dengan shalat dan penuh keyakinan akan didengar, dipahami dan diperhatikan oleh Allah, apapun kesulitan hidup dapat hilang dan hati merasa tentram.

Hal inilah yang menjadikan sholat sebagai media pencegah terganggunya mental seseoraang. Dengan melaksanakan sholat maka hati, pikiran, jiwa lebih ikhlas dalam menjalani hidup.

3. Menyegarkan Jiwa

Manfaat sholat untuk kesehatan mental yaitu dapat menyegarkan jiwa, yang tadinya jiwa terasa hampa dan kosong. Dengan niat ibadah sholat serta doa secara terus-menerus dapat mengisi kekosongan tersebut menjadi keyakinan, kebahagiaan dan ketenangan batin yang tidak bisa diungkap dengan hal apapun. Pentingnya sebuah peran orang tua dalam menanamkan nilai agama sejak dini.

4. Penenang Jiwa

Di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat, pepatah tersebut sangat cocok apabila seseorang menjalani ibadah khususnya solat dengan khusuk dan iklas. Dengan sholat maka mampu membuat jiwa juga pikiran menjadi tenang dan damai. Tanpa adanya tekanan dalam menjalani hidup, rasa takut gelisah menjadi hilang dengan sholat dan doa.

5. Obat Gairah Hidup

Sholat juga bermanfaat untuk meningkatkan semangat hidup Anda, yang tadinya merasa bingung dan cemas. Dengan melakukan solat tepat waktu, rutin dan khusuk semua hal tersebut menjadi kebaikan. Dan Anda akan dijauhkan dari yang namanya putus asa, yang terpenting adalah keyakinan dan optimis. Berikut ini contoh pengaruh agama dalam kesehatan mental.

6. Dinding Penyelamat Jiwa

Manfaat sholat untuk kesehatan mental lain juga dapat dirasakan sebagai penyelamat jiwa baik di dunia dan di akhirat. Tentunya setiap orang tidak ingin hidupnya susah, dan kelak meninggal tentu akan masuk surga. Oleh sebab itu, laksanakan sholat sepenuh hati, serta selalu ikhlas agar apa yang dihajatkan terkabul.

Jalan sholat merupakan jalan dimana menuju surga kelak. Beberapa contoh peran psikologi agama dalam kehidupan sehari – hari.

7. Menjauhkan Dari Perbuatan Buruk

Dengan sholat juga Anda akan terjauhkan dari perbuatan buruk. Apapun yang Anda do’akan pasti Allah akan mendengarnya. Ingatlah ketika sebuah pepatah diucapakan, apa yang ditanam, itu pula yang akan dituai.

Seringlah berbuat baik, selain sholat lakukan amal baik kepada orang yang membutuhkan dan ingatlah bahwa kehidupan ini hanya sementara. Simak banyak manfaat psikologi agama dalam kehidupan sehari hari.

Dengan demikian kehidupan Anda akan terasa semakin bermakna dan penuh kebahagiaan. Semoga penjelasan mengenai manfaat sholat untuk kesehatan mental menjadi ilmu baru yang bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , ,