Sponsors Link

8 Contoh Metode Kontemplatif Dalam Psikologi

Sponsors Link

Bidang psikologi yang banyak melakukan penyelidikan dalam kejiwaan, perilaku, kesehatan dan sebagainya banyak menggunakan metode. Metode yang digunakan juga bermacam – macam, mulai dari metode filosofi sampai kepada metode empiris. Semua itu terbagi lagi menjadi beberapa metode lain, semua tergantung dari kebutuhan.

ads

Baca juga :

Untuk mengetahui apa saja metode yang dapat digunakan untuk mengetahui dan sebagai bahan penyelidikan, berikut ini beberapa contoh metode kontemplatif dalam psikologi. Metode ini dapat digunakan dalam kondisi dan kebutuhan tertentu :

1. Metode Yoga

Salah satu terapan yang dapat dilakukan dalam psikologi ini dengan melakukan yoga. Yoga diyakini sebagai media atau metode yang dapat menenangkan seluruh pikiran serta merenungkan diri serileks mungkin.

Dengan yoga pikiran akan menjadi lebih santai, jernih dan juga menjadi lebih segar. Banyak orang yang menyukai metode ini, selain sehat untuk jiwa raga juga dapat dijadikan metode psikologi seseorang.

2. Metode Meditasi

Contoh metode kontemplatif dalam psikologi lain adalah dengan menggunakan meditasi. Hampir sama dengan yoga, meditasi menggunakan pikiran untuk kegiatan merenung atau menenangkan pikiran dan jiwa.

Sudah ratusan tahun yang lalu meditasi digunakan sebagai bentuk penyerahan jiwa kepada Tuhan dengan tujuan mendapat pencerahan dan ketenangan.

Baca juga :

3. Dengan Cara Berdoa

Bagi sebagian umat beragama melakukan ritual doa merupakan salah satu cara untuk membersihkan dosa dan juga merenung akan tindakan yang sudah dilakukan atau akan dilakukan.

Berdoa menjadi satu cara menenangkan pikiran, jiwa dan juga raga untuk tetap bersikap bersih dan menjernihkan pikiran dari hal buruk baik dimasa lalu dan untuk masa depan.

4. Dengen Berzikir

Cara yang dapat dilakukan sebagai contoh metode kontemplatif dalam psikologi berikutnya yaitu dengan zikir.

Zikir berfokus pada kalimat Ilahi dan menyampaikan pujian untuk mendapatkan ketenangan pikiran dan juga jiwa. Dengan zikir maka ucapan, pikiran dan hati menjadi tertuju dan fokus, dan kekuatan zikir yang tulus dan khusyu akan membawa pada dampak psikologi yang luar biasa.


Baca juga :

5. Metode Hipnotis

Cara ini bisa dilakukan dalam melalukan psikologi untuk seseorang, dengan syarat dibawah petunjuk ahli atau dokter.

Metode hipnotis dapat membuat pikiran dan otak menjadi kosong, sehingga informasi apapun yang disampaikan biasanya terucap dengan spontan. Metode ini membutuhkan media, alat, prasarana dan perlengkapan lain untuk menunjang penyelidikan.

6. Metode Muhasabah

Dalam ajaran agama islam, salah satu tingkatan seseorang menenangkan dan merenungkan diri dengan cara muhasabah.

Muhasabah adalah merenungkan segala kelemahan diri untuk fokus dan berkomitmen memperbaiki agar menjadi lebih baik kedepannya. Metode ini dilakukan secara rutin dan terus menerus, sehingga tercipta perubahan sikap dan watak yang kearah lebih baik.

Baca juga :

7. Metode Zero Mind

Contoh metode kontemplatif dalam psikologi berikutnya dengan cara melakukan metode zero mind. Metode ini merupakan satu upaya untuk menjernihkan emosi, pikiran, jiwa sehingga terbangunlah hati nurani yang suci dan bersih.

Dengan metode ini diharapkan seseorang dapat memperbaiki seluruh aspek dalam dirinya dan menjadi pribadi yang bersih, baik dan khusyu.


8. Metode Tafakur

Yang dimaksud dengan tafakur yaitu kegiatan berpikir atau merenungkan segala kejadian yang sudah dialami di alam semesta.

Baik itu dari suatu kejadian n dari suatu pengalaman inderawi, tafakur menjadi cara untuk jiwa dan pikiran lebih tenang, fokus dan berpikir positif akan apa yang sudah dialami. Menjadikan segalanya lebih tulus, ihklas dan menerima dengan kerendahan hati.

Baca juga :

Demikianlah beberapa contoh metode kontemplatif dalam psikologi yang dapat dilakukan agar fokus pada perenungan pikiran menjadi terarah dan terpusat pada suatu perbaikan diri. Semoga bermanfaat dan menjadi pembelajaran semua.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial