Sponsors Link

6 Alasan Mengapa Hewan Peliharaan Bisa Menyembuhkan Mental

Sponsors Link

Siapa yang tidak menyukai hewan gemas, lucu, gemuk, bersih dan tingkahnya yang membuat hati siapapun happy dan tenang. Ya, buat kamu yang menyukai dunia hewan dan menjadikan hewan sebagai peliharaan atau keluarga tentu hal ini dapat banyak membantu psikologi kehidupan Anda.  Contoh manfaat bermain dengan Hewan menurut Psikologi.

ads

Ternyata ada banyak penelitian yang menjelaskan bahwa memiliki hewan peliharaan seperti anjing, kucing, musang, burung dan sebagainya mampu membuat mood dan rasa bahagia Anda semakin meningkat. Selain itu ada juga alasan mengapa hewan peliharaan bisa menyembuhkan mental orang yang sedang sakit, berikut ketahui seperti penjelasan di bawah ini:

1. Meningkatkan Mood

Satu contoh memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing dapat membuat mood Anda meningkat. Hal ini dikarenakan hewan mampu membuat hati dan pikiran Anda jauh lebih fresh. Apalagi hewan peliharaan termasuk kategori hewan yang pintar, lucu dan menggemaskan, selain itu hewan peliharaan juga mampu menghibur suasana hati yang sedang galau. Anda bisa bermain dan bercanda bersaman hewan kesayangan Anda dan mereka pun bisa merasakan apabila suasana hati Anda sedang tidak baik lho. Ketahuilah manfaat memelihara hewan menurut Psikologi.

Baca juga :

2. Menghilangkan Stress

Alasan mengapa hewan peliharaan bisa menyembuhkan mental lain yaitu mampu mengantisipasi perasaan stress. Memelihara hewan yang lucu dan menggemaskan dapat menurunkan tingkat stres. Salah satu alasannya yaitu ketika kamu membelai hewan peliharaan, maka tingkat sensorikmu akan meningkat dan tingkat stres menurun. Hal inilah yang menjadikan hewan peliharaan merupakan salah satu media penghibur yang sangat bermanfaat sebagai terapi mental Anda di rumah.

3. Menyehatkan Jantung

Ada penelitian kesehatan yang membuktukan apabila Anda memiliki hewan peliharaan di rumah dapat menurunkan tingkat tekanan darah dan juga tingkat trigliserida. Kedua hal ini bermanfaat sebagai media untuk menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh sehingga hal tersebut dapat terhindar dari penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang tidak memelihara hewan kesayangan. Kiat dan cara mudah menghadapi depresi seorang diri.

4. Mencegah Depresi

Berikutnya alasan mengapa hewan peliharaan bisa menyembuhkan mental adalah mencegah depresi. Tanpa disadari, melihat lucunya tingkah laku hewan juga berkomunikasi dengan hewan mampu membuat segala macam tekanan di dalam pikiran Anda bisa berangsur menghilang. Hewan kesayangan juga mampu memberikan rasa cinta dan kasih tanpa syarat bagi Anda. Hal inilah yang dapat membuat Anda akan lebih merasa terdukung, bahagia dan nyaman secara psikologi dan akhirnya risiko depresi dapat diatasi bahkan hilang.

Baca juga :

5. Membuat Perasaan Menjadi Bahagia

Selain itu juga, Anda yang sering berinteraksi dan bermain dengan hewan peliharaan mampu meningkatkan produksi hormon serotonin dan dopamine di dalam otak. Hormon tersebut dikenal mampu membuat Anda setiap harinya akan merasa bahagia, tenang, dan lebih santai. Tidak akan pernah bosan bermain dengan hewan kesayangan Anda, bahkan sesibuk apapun Anda dengan melihat hewan menghampiri akan membuat Anda semakin bahagia. Ketahuilah hal yang terjadi pada tubuh saat bahagia.

6. Meningkatkan Sosialisasi

Hewan peliharaan yang Anda miliki juga bisa berfungsi sebagai  pemecah keheningan disaat Anda sedang mencoba bersosialiasi dengan orang yang baru dikenal. Tanpa disadari, dengan membawa hewan peliharaan berjalan atau sekedar berolahraga di lingkungan rumah, maka Anda bisa berkenalan dengan orang baru. Dan hal bisa membuat perasaan Anda jauh lebih bahagia dan nyaman, hewan kesayangan juga bisa bergaul dan Anda pun bisa memetik manfaat dengan orang baru pula.

Nah, demikianlah alasan mengapa hewan peliharaan bisa menyembuhkan mental seseorang dan memang luar biasa dalam mengobati perasaan dan batin. Semoga penjelasan di atas menjadi manfaat untuk Anda.

Sponsors Link
, ,