Sponsors Link

10 Cara Mengistirahatkan Kinerja Otak Menurut Psikologi

Sponsors Link

Penat dengan segala rutinitas bisa membuat fisik menjadi lelah, kemampuan otak juga menurun. Hal inilah yang menjadikan timbulnya stress dan depresi, karena itulah mengapa diperlukan sikap menenangkan diri setelah mengalami lelah yang terasa berat. Berikut dampak psikologis dari gegar otak yang perlu diketahui.

ads

Karena jika tidak dapat melakukan rileksasi, bisa jadi kondisi fisik dan psikis akan mulai terganggu. Seperti penyakit akan datang, depresi mulai timbul dan sebagainya, karena kepenatan dan rasa lelah tidak segera diistirahatkan. Untuk itu ketahui beberapa cara mengistirahatkan kinerja otak menurut Psikologi:

1. Rileks

Satu cara yang bisa dilakukan agar bisa mengistirahatkan otak yaitu dengan cara rileks sejenak. Tentunya otak akan penat apabila sudah terlalu penuh apa yang ada didalam otak. Maka itu perlunya keluar dari zona tersebut, dengan kamu rileks tanpa memaksa otak untuk berpikir kembali. Berikut berbagai fungsi otak dalam Psikologi.

2. Makan

Selanjutnya cara mengistirahatkan kinerja otak menurut Psikologi dengan makan yang ringan. Rasa lelah yang Anda rasakan merupakan tanda tubuh kita kekurangan energi. Pilihlah jenis makanan yang cukup gizinya dan terutama kandungan seratnya.  Karena kandungan dari makanan berserat mampu menekan kejenuhan hingga mencapai 10 persen.

Baca juga :

3. Lakukan Peregangan Otot Sejenak

Dengan Anda melakukan peregangan otot atau senam ringan, maka Anda dapat membuat arteri otak terbuka. Dengan begitu oksigen akan lebih bebas masuk ke otak melalui darah. selain dapat meningkatkan tenaga, cara ini juga dapat meningkatkan konsentrasi fokus Anda serta menghilangkan ketegangan akibat stres dan lelah. Contoh tips meningkatkan daya ingat otak yang efektif.

4. Konsumsi Suplemen

Cara mengistirahatkan kinerja otak menurut Psikologi dengan mengkonsumsi suplemen. Ketika Anda merasakan rasa letih dan lesu, maka Anda dapat mengkonsumsi suplemen atau vitamin seperti vitamin C. Dimana memiliki fungsi sebagai zat untuk meningkatkan stamina tubuh dan asupan energi Anda.

5. Meditasi

Sama dengan bernafas secara dalam – dalam, meditasi mampu memberikan asupan oksigen lebih banyak ke otak Anda. Dalam gerakan meditasi, gestur tubuh secara teratur membuat kerja organ tubuh jauh lebih baik lagi dan terfokus. Meditasi juga bisa diseimbangkan dengan jenis musik beat lambat atau musik yang mengalun lembut. Anda dapayt memusatkan pikiran pada satu titik saat mata terpejam, dan diam. Atau mendengarkan suara alam seperti angin pantai, puncak dan sebagainya. Berikut ini dampak dan bahaya mengeluh menurut Psikologi.

6. Mendengarkan Musik Ringan

Berikutnya cara mengistirahatkan kinerja otak menurut Psikologi yaitu dengan mendengarkan musik. Walaupun hanya dalam waktu sebentar, mendengarkan musik yang Anda sukai terbukti dapat membuat perasaan jauh lebih nyaman dan happy. Jika Anda mendengarkan musik di pagi hari, pilih jenis musik sesuai dengan minat Anda karena musik sangat berperan membangun mood Anda.

Baca juga :

7. Salurkan Hobi dan Minat

Apapun kesibukan Anda, luangkan waktu sebentar untuk sekedar menyalurkan hobi. Hal ini adalah cara ampuh untuk mengatasi lelah otak Anda. Saat melakukan hal yang menyenangkan, tubuh Anda akan mengalirkan senyawa dopamin. Yaitu senyawa yang mengirimkan kesenangan juga kebahagian yang menyingkirkan rasa stres. Contoh alasan kafein berbahaya untuk kesehatan mental.

8. Pikirkan Hal yang Membahagiakan

Anda juga bisa fokus pada hal – hal yang indah dan bahagia, karena ha tersebut dapat membantu dalam menurunkan tingkat stres pada otak. Dengan begitu, bagian otak seperti amigdala dan korteks pre frontal dapat kembali segar dan bisa menjalankan tanggungjawabnya sebagai pengantar informasi dan fokus.

9. Tidur Lebih Cepat

Cara mengistirahatkan kinerja otak menurut Psikologi berikutnya adalah dengan mengatur jam tidur lebih awal. Tidak ada cara lain yang lebih tepat untuk meredakan kelelahan yaitu selain tidur. Anda bisa meminum segelas susu hangat sebelum tidur karena akan membuat Anda merasa jauh lebih segar ketika bangun di keesokan harinya. Kenali gejala-gejala konflik stres trauma dan frustasi yang berbahaya.

10. Olahraga Ringan

Anda juga bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging, senam santai atau sebagainya yang bisa menghilangkan rasa lelah pada otak. Dengan begitu otak akan lebih rileks juga Anda akan terhindar dari stress.

Nah, demikianlah beberapa cara mengistirahatkan kinerja otak menurut Psikologi. Semoga artikel ini menjadi manfaat untuk Anda dalam mengatasi rasa penah pada otak selama beraktivitas.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi