Sponsors Link

15 Pentingnya Kesehatan Mental Terhadap Diri Sendiri

Sponsors Link

Kesehatan mungkin terasa sepele dan juga ringan dalam kehidupan ini. Karena alasan besar inilah banyak yang membiarkan diri mereka untuk hidup bebas dan tidak memikirkan kesehatan. Padahal jika sudah sakit ataupun kesehatan tersebut berkurang sedikit saja maka akan terasa tidak nikmatnya. Nah kesehatan tersendiri sebenarnya dibagi menjadi dua yaitu kesehatan fisik dan juga kesehatan mental.

ads

Jika sudah menyangkut mengenai kesehatan mental maka anda harus tahu dulu apa itu mental hygiene. Dimana kata mental sendiri merupakan bahasa yang berasal dari negara filosofi yaitu Yunani. Mental berarti kejiwaan atau jiw. Dalam Psikologi sendiri memang dibedakan menjadi menjadi banyak sub bagian seperti psikologi perkembanganpsikologi olahragapsikologi sosialpsikologi faalpsikologi forensik, dan psikologi yang lain. Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai kesehatan mental di dalam psikologi secara universal.

Kesehatan mental adalah sehatnya jiwa dan pikiran serta dijauhi oleh penyakit gangguan baik oleh neurosis maupun psikosis. Untuk neurosis terjadi karena fisik (saraf) yang tidak terganggu terganggu atau mengalami masalah sedangkan psikologis merupakan  penyesuaian diri terhadap lingkungan sosial yang tidak terganggu. Dalam artikel ini membahas mengenai bagaimana pentingnya kesehatan mental diri sendiri, dan seberapa besar kepentingannya ?

1. Menghindari Rasa Depresi

Depresi merupakan hal yang menakutkan, dimana depresi bisa menyebabkan kehidupan anda berantakan. Depresi bisa datang ketika kesehatan mental anda terganggu dan bermasalah, makannya anda harus menjaga kesehatan mental agar depresi tidak memiliki peluang untuk bisa masuk kedalam kehidupan anda.

2. Bisa Menyelesaikan Masalah

Kata siapa mental hanya berhubungan dengan putus asa. Mental yang sehat akan terasah untuk bisa menyelesaikan masalah dan juga menyelesaikan problema tanpa perlu berputus asa. Semua manusia rasanya pasti terlanda atau menerima masalah jangan khawatir untuk merasa sedih sendiri atau menyedihkan sendiri. Mereka mungkin hanya terlihat baik karena pandai menutupi atau justru bisa menyelesaikannya dengan baik. Mental yang sehat menjamin anda untuk bisa menyelesaikan masalah dengan baik.

3. Tidak Menjadi Pengecut

Tidak lari dari masalah bukan hanya untuk mereka yang tidak pengecut saja namun untuk mereka yang benar-benar memiliki kesehatan mental yang bagus. Masalah mungkin menjadi momok tersendiri terutama anak-anak remaja yang baru berkembang dan juga Fakta Psikologi Remaja Umum Wajib Tahu menyatakan bahwa kesehatan mental remaja bisa membantu remaja tersebut berkembang dan tentu lebih baik.

4. Kemampuan Bersosialisasi Tinggi

Orang yang suka menyendiri, jarang berkomunikasi, dan memiliki gangguan kepribadian antisosial biasanya lebih rentan mengalami gangguan psikologis. Hal ini dikarenakan saat sendirian, pikiran mudah dipengaruhi oleh hal-hal yang buruk. Gelisah dan menyikapi realita secara berlebihan. Itu semua disebabkan tidak ada orang yang bisa diajak berbicara.

Maka itu, sangat penting untuk mengembangkan kemampuan bersosialisasi. Berusahalah untuk membangun hubungan baik dengan orang-orang disekitarmu, baik di rumah, tempat kerja, atau di komunitas lainnya. Mereka yang bermental sehat tentu akan melakukan poin ini dengan mudah.

5. Menghindari Keinginan Bunuh Diri

Kasus bunuh diri merupakan salah satu kasus yang terjadi dan dikhawatirkan di berbagai negara dan bukan hanya Indonesia saja. Ciri-Ciri Orang Ingin Melakukan Bunuh Diri akan muncul jika seseorang sudah mulai terganggu kesehatan mentalnya. Bunuh diri merupakan hal paling buruk dan paling terakhir yang akan terjadi pada mereka yang terganggu kesehatan mentalnya.

Sponsors Link

6. Meningkatkan Iman

Kesehatan mental tak selalu membicarakan soal hati dan sejenisnya. Namun juga berbicara mengenai Psikologi Agama seperti halnya kaitan antara iman dan kesehatan mental anda. Gunakan cara paling simpel dalam mendekatkan diri dengan Tuhan yaitu berdoa.  cara menghilangkan kecemasant bisa menggunakan doa. Dimana anda akan melapangkan hati dan ikhlas dengan masalah yang anda hadapi sekarang ini. Kamu

7. Merasa Lebih Tenang

Tak dipungkiri bahwa setiap manusia memiliki masalahnya sendiri. Mulai dari yang sederhana sampai yang kompleks alias sulit. Nah untuk anda yang merasa lebih tenang bukan tanpa sebab, biasanya seseorang merasa tenang karena tidak memiliki masalah atau bisa mengontrol diri dengan baik. Makannya menjadi lebih tenang. Hal ini berkaitan dengan kesehatan mental yang terjaga, sehingga merasa lebih tenang dan damai.

8. Lebih Bijaksana

Kesehatan mental yang baik bisa menyebabkan seseorang memiliki kepribadian yang lebih baik dan tentunya bisa menjadi lebih bijaksana. Seseorang yang melewati berbagai pengalaman dan sudah uji mental.

9. Siap Menghadapi Apapun

Siap menghadapi apapun merupakan salah satu pentingnya menjaga kesehatan mental. Mental yang sehat menandakan anda siap menghadapi apa saja yang terjadi baik hal bahagia ataupun hal membahayakan sekalipun.

10. Terhindar dari Penyakit Fisik

Percayakah anda bahwa ternyata kesehatan mental dan fisik berkaitan. Mereka yang memiliki kesehatan mental baik tentu saja akan memiliki kesehatan fisik yang baik juga. Ada juga mereka yang mengalami gangguan mental bahkan terkena gangguan fisik seperti HIV atau kanker. Coba untuk rawat mental anda mulai dari sekarang.

11. Percaya Diri

Percaya diri sering menjadi permasalahan besar dalam hidup seseorang. Mereka yang bermental sehat tidak memiliki hambatan apapun untuk malu. Karena mereka bisa berpikir takaran yang tepat dan batasan yang tepat. sehingga percaya diri sangatlah tinggi dan tidak terganggu.

12. Menjalani Kehidupan dengan Baik

Menjalani kehidupan yang baik sesungguhnya pekerjaan yang besar dan berat. Seringkali anda mungkin bekerja secara ambisius, asal-asalan, malas dan sebagainya. Sehingga anda mendapatkan masalah yang akhirnya membuat kesehatan mental anda terganggu. Kenyataan inilah yang menandakan bahwa anda haruslah sehat.

Sponsors Link

13. Introspeksi diri

Mereka yang tidak memiliki akal sehat atau sedang terganggu tidak akan pernah bisa instrospeksi diri. Jangan bercermin terkadang mereka melakukan hal yang tidak diinginkan dan hal diinginkan. Karena otak sebagai tempat perintaj sudah terganggu. Makannya kesehatan mental sangat penting untuk diri sendir

14. Berpikir Jernih

Untuk bisa berpikir jernih anda harus memiliki pemikiran yang sehat dan juga didukung dengan mental yang sehat. Adanya kesehatan mental yang baik pada diri anda akan membantu anda dalam berpikiran jernih dan bisa membantu anda dalam mengatasi berbagai masalah. Selain itu dengan pikiran jernih anda tidak akan salah langkah atau salah keputusan.

Cara Mendewasakan Diri dalam Menghadapi Masalah bukanlah perkara yang mudah, namun mereka yang memiliki mental sehat bisa mencapai tahapan mendewasakan diri.

15. Dapat Tertawa Lepas  

Tertawa merupakan hal yang paling diharapkan banyak orang. Karena tertawa menandakan bahwa anda sedang bahagia. Bahagia bisa menjadi takaran sesorang untuk dikatakan sehat secara mental. Namun tertawa belum tentu menjadi takaran kesehatan mental. Mereka yang tertawa lepaslah yang bisa dikatakan sehat secara mental sehingga tidak ada beban mengganggu.

Namun hal membahagiakan tak melulu soal yang nakal dan berbahaya. Anda harus mengusahakan tetap dalam koridor agama dan norma yang benar. Agar tidak menyesal di akhirnya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :