Sponsors Link

13 Pendekatan Psikologi Dalam Membentuk Pribadi Anak

Sponsors Link

Anak merupakan pribadi yang bisa dikatakan mudah ditangani atau mudah dipahami karena kepribadian yang belum sempurna terbentuk dan masih bisa terpengaruh oleh lingkungan. Hal yang membuatnya sulit adalah cara komunikasi yang berbeda dan juga kosakata yang belum banyak sehingga menyebabkan anak menjadi sulit berkomunikasi atau menyampaikan apa yang mereka sukai dan tidak.

ads

Baca juga:

Membicarakan mengenai kepribadian maka psikologislah yang paling masuk cabang ilmunya. Anda bisa mempelajari berbagai hal terkait anak dan juga faktor yang mempengaruhinya termasuk dalam membentuk pribadi sang anak. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya anak-anak belum memiliki kepribadian sempurna.

Kepribadian adalah perilaku seseorang atau individu yang dimiliki dengan ciri atau keunikannya masong-masing ditambah dengan pola pikir dan juga lingkungan. Pola tersebut nantinya yang akan menjadi modal atau menentukan respon seseorang. Semua orang memiliki kepribadian yang semakin dewasa akan semakin kompleks.

Berikut ini ada pendekatan psikologi, dimana pendekatan ini dilakukan tidak hanya secara fisik namun juga mental. Apa saja keuntungannya untuk membentuk pribadi anak :

1). Bijaksana

Lucu rasanya jika mendengar anak kecil bijaksana. Lingkup bijaksana pada anak kecil sebenarnya berbeda dengan orang dewasa. Minimal ia memiliki rasa empati saja dan juga mencoba memikirkan orang lain selain dirinya saja sudah bijaksana. Pendekatan psikologis bisa membantu anak menjadi lebih luas pemikirannya sehingga bisa menjadi lebih bijaksana.

2). Berani Memutuskan

Berani memutuskan merupakan kelebihan jika anda melakukan pendekatan psikologis kepada anak. Sehingga anak bisa memutuskan apa keinginannya dan apa yang tidak dia inginkan. Perkembangan Emosi Anak Usia Dini cukup rumit untuk dipelajari. Namun karena perasaan dan hati anak-anak masih lembut, anda bisa menggunakan pendekatan psikologis untuk membentuk kepribadiannya lebih baik.

3). Berkepribadian sabar/lembut

Anda yang menggunakan pendekatan psikologis pada anak akan memberikan contoh yang baik salah satunya kepala dingin alias tidak tempramen. Dimana anak-anak belajar dengan cara meniru jika anda tidak bisa memberikan contoh yang baik maka kepribadian yang terbentuk akan buruk. Dengan sikap perlahan dan menyelesaikan masalah dengan baik-baik anak akan melihat anda sebagai sosok yang dewasa dan mereka akan mengikuti sebagai sosok yang non tempramen dan penyabar.

Sponsors Link

4). Tindakan Persuasif Lebih Ampuh

Ketika mereka melihat bagaimana anda mencoba membujuk atau menjelaskan apa yang terjadi pada mereka, tindakan yang dilakukan adalah tindakan persuasif. Bukan memperkeruh suasana dengan marah, dan tindakan ini termasuk kedalam pendekatan psikologis.

Mereka akan lebih mengenal bahwa berbicara baik-baik tetap sama didengarnya dengan berteriak dan marah. Mengapa tidak untuk berbicara baik saja mulai dari sekarang. Jika hal ini sudah terpikir maka sifat dan kepribadian mereka akan berubah.

ads

5). Bersikap dengan Benar

Jika anda melakukan pendekatan psikologis dengan benar dan perlahan maka anak akan menilai bahwa sikap anda benar dan patut ditiru. Namanya anak-anak mereka akan lebih banyak meniru, dan jika anda bisa melakukan pendekatan secara baik dan juga menyenangkan mereka juga akan memiliki kepribadian yang sama dan sikap yang sama. Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dinisangatlah penting.

6). Berbahasa Sesuai

Seringkali beberapa orang tua mengingatkan anaknya dengan bahasa yang kasar, namun ketika anaknya mengikuti mereka tetap saja orang tua kembali marah. Padahal anak hanya mengikuti apa yang dilakukan oleh orang tuanya. Perlu diingat bahwa pendekatan psikologi bisa mengubah kepribadian anak bahkan sampai bahasa.

7). Tidak Memaksa

Cara Menghilangkan Sifat Egois dalam Diri merupakan hal yang paling sulit, termasuk pada anak-anak. Dimana mereka terbiasa dipenuhi dan juga memiliki berbagai kebutuhan serta keinginan yang langsung ada. Faktanya anda tidak boleh melakukan hal tersebut pada anak, dengan adanya pendekatan psikologis mereka bisa berubah menjadi anak yang tidak memaksa atau tidak besar ego. Sehingga anda bisa mendidik mereka lebih baik lagi.

8). Mudah Memahami

Seringkali dengan adanya pendekatan psikologis maka sang anak ataupun sang orang tua menjadi lebih paham atau saling memahami satu sama lain. Psikologis berbicara mengenai hati dan juga rasa bukan sesuatu yang tidak berperasaan. Hal ini terkadang bisa mengetuk seseorang bahkan anak-anak untuk berubah.

9). Tidak Sering Merengek

Menjadi anak yang tidak merengek mungkin cita-cita semua orang tua. Namun anda bisa mewujudkannya jika menerapkan pendekatan psikologis pada anak-anak. Mendekati mereka melalui suara yang lembut, menenangkan, menjelaskan alasannya dan sejenisnya membantu kepribadian anak yang sering merengek menjadi lebih memahami dan tidak merengek kembali.

10). Berusaha

Anak-anak harus diajarkan sifat dan sikap yang baik serta sesuai baik ketika sedang sendiri maupun ketika di tengah masyarakat. Cara Mendidik Mental Anak agar Berani dan Mandiri memang tidak mudah. Namun anda yang berhasil menggunakan pendekatan psikologis bisa jadi membentuk kepribadian anak yang mau berusaha.

11). Berani Mencoba

Sama halnya dengan mau berusaha, anak juga akan berani mencoba hal-hal yang baru. Hal ini karena mereka nyaman dengan pendekatan psikologis dan menaruh kepercayaan besar terhadap anda lawan bicaranya. Maka ketika anak-anak sudah percaya anda bisa mendukungnya untuk lebih berani melakukan apapun.

12). Percaya Diri

Cara Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Berani itu tidak mudah, terutama dalam diri anak-anak. Namun jika anda bisa membangun rasa percaya dan komunikasi yang bagus maka anda bisa membangun percaya diri mereka. Sehingga anak tumbuh menjadi anak yang lebih bagus kepribadianya dan perkembangannya lebih baik. Jangan takut untuk melakukan pendekatan psikologis.

13). Bisa Memutuskan

Jika anak sudah bisa memutuskan maka pendidikan anda berhasil. Mengingat anak pasti sedang tumbuh dan berkembang. Mulai dari Perkembangan Psikologi Anak Dalam Kandungan sampai anak bisa berbicara, belajar dan juga tumbuh besar. Memilih keputusan merupakan hal yang berat, namun jika anda bisa melakukan pendekatan psikologis maka anda bisa menanamkan kepribadian tersebut pada anak anda.

Jika membicarakan mengenai pendekatan psikologis sebenarnya pendekatan ini dilakukan dengan berbagai cara. Dimana agar komunikasi anda dan juga anak berjalan lancar dan mengetahui apa yang diinginkan dan tidak diinginkan. Karena banyak orang tua sering menganggap bahwa anaknya masih “anak-anak” maka ia tidak bisa berpikir apapun dan berpendapat apapun.

Mereka juga tidak ingin mengajarkan apapun pada anaknya, sehingga ketika sudah tumbuh dewasa tak jarang mereka menjadi pribadi yang jelek. Untuk itu betapa pentingnya pendekatan psikologis terutama dilakukan oleh lingkungan terdekat. Peran Ayah Dalam KeluargaPeran Ibu dalam Keluarga dan lingkungan terdekat lainnya. Karena anak-anak belum mengenal lingkungan yang terlalu kompleks atau rumit. Cukup keluarga saja sudah bisa membantu membentuk kepribadian yang baik pada anak.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Anak