Sponsors Link

13 Cara Mendewasakan Diri dalam Menghadapi Masalah

Sponsors Link

Dalam kehidupan kita pasti akan memiliki masalah. Tidak mungkin ada satu orang pun manusia di dunia ini yang bebas dari masalah. Justru, keberadaan masalah itu menandakan bahwa kita masih hidup dan masih berada di dunia ini.

ads

Ketika kita menghadapi masalah, seringkali kita merasa sedih, bingung hingga depresi. Bahkan, tidak jarang orang yang merasa ingin lari dari masalah dan tidak mau menghadapi masalah tersebut. Hal ini tentu bukan merupakan sikap yang tepat untuk menghadapi masalah. Lebih jauh lagi, sikap lari dari masalah menandakan bahwa kita tidak dewasa karena takut menghadapi masalah yang ada.

Oleh karena itu, hendaknya kita mulai mengubah mind set kita saat muncul masalah di depan kita. Hendaknya kita melihat sebuah masalah sebagai ajang menempa diri menjadi lebih dewasa. Berikut ini akan dibahas 13 cara mendewasakan diri dalam menghadapi masalah. Simak terus, ya!

  1. Niatkan diri untuk menjadi dewasa

Ingatlah tujuan awalmu, mengapa kamu ingin menjadi lebih dewasa. Dewasa bukan hanya perkara umur, melainkan sikap kamu menghadapi kehidupan beserta segala permasalahannya. Kamu harus bisa bersikap dewasa agar kamu bisa lebih mandiri dan tidak lagi mengandalkan orang lain untuk menyelesaikan segala hal. Tidak selamanya kamu ada di zona nyaman yang kamu miliki saat ini. Maka, kamu harus mempersiapkan diri ketika kamu terpaksa harus keluar dari kenyamananmu saat ini.

Baca juga:

Niatkan diri untuk menjadi lebih dewasa. Hal ini akan sangat membantumu menghadapi masa depan, supaya kamu menjadi manusia yang lebih tahan banting dan dewasa. Dengan niat yang kuat, kamu akan bisa terus mendewasakan diri dari hari ke hari, terlepas masalah apapun yang kamu hadapi.

  1. Buat diri lebih berani mengambil keputusan

Berani mengambil keputusan merupakan langkah berikutnya untuk kamu menjadi lebih dewasa dalam menghadapi masalah. Jika sebelumnya kamu bergantung pada orang lain untuk membuat keputusan untuk hidupmu, kini ambillah kendali tersebut. Beranikan dirimu mengambil keputusan untuk segala permasalahan hidup yang kamu miliki. Bagaimanapun, kamu lah yang menjalani hidup tersebut maka kamu harus memiliki andil di dalamnya.

  1. Jangan bersembunyi dari masalah

Berkaitan dengan poin sebelumnya, kamu jangan pernah bersembunyi atau lari dari masalah. Masalah itu adalah bagian yang penting untuk mendewasakan dirimu. Maka, hadapilah dia dan jangan lari darinya. Masalah tidak akan selesai sendiri jika kamu terus membiarkannya. Bahkan, bisa jadi masalah akan menjadi lebih besar dan lebih rumit jika tidak segera diatasi.

Sponsors Link

  1. Berani ambil sikap meski sangat berat

Tidak jarang solusi dari sebuah masalah membutuhkan sikap yang yang sangat sulit dilakukan. Hal ini akan sangat bagus untuk mendewasakan dirimu, maka jangan terburu-buru memilih langkah yang lebih mudah. Semakin sulit kamu merasa untuk menyelesaikan masalah, maka semakin kuat pula dirimu akan tertempa dalam menghadapi masalah. Hal ini akan membuatmu menjadi sosok yang lebih kuat di masa depan.

  1. Berpikir secara jangka panjang

Saat kamu memikirkan solusi dari masalah, jangan hanya memikirkan untuk menyelesaikannya untuk saat ini saja. Pikirkan dampak dari keputusan yang kamu buat secara jangka panjang. Lihatlah dampaknya ke kehidupanmu di masa depan, kehidupan orang lain, hingga resiko apa yang mungkin muncul dari sikap yang kamu ambil.

ads
  1. Jadikan masalah sebagai cerminan diri

Selain kamu mencari solusi untuk menyelesaikan masalah, kamu juga harus mengambil pelajaran dari masalah yang muncul. Pahami mengapa masalah tersebut bisa muncul di hidupmu. Dengan kamu memahami penyebabnya, kamu bisa belajar darinya untuk tidak lagi mengulangi kesalahan yang sama. Bagaimanapun, manusia yang baik adalah dia yang belajar dari kesalahan untuk tidak lagi mengulanginya.

  1. Berpikir positif

Terkadang masalah yang muncul membuat kita sedih, down, hingga merasa putus asa. Kita berpikir bahwa hidup ini tidak adil dan merasa kita sendiri yang mengalami sebuah kesialan. Pikiran seperti ini hanya akan membuat kamu tidak bersemangat dalam menghadapi masalah dan justru bisa menjatuhkan mentalmu.

Maka, buang jauh-jauh pikiran seperti itu. Penuhi pikiranmu dengan pikiran yang positif. Ambil hikmah dari masalah yang muncul dan kamu harus percaya bahwa setiap masalah pasti memiliki solusi. Percayalah bahwa tidak selamanya kamu terjebak dalam masalah itu dan akan dating hari dimana kamu bersyukur pernah mengalami masalah tersebut.

  1. Minta pendapat orang lain

Jangan ragu untuk meminta nasehat orang lain. Orang lain itu bisa saja orang tua, saudara, atau bahkan sahabatmu. Cari orang-orang yang kamu percaya. Terkadang pendapat orang lain akan membantu kita melihat masalah dari sisi lain dan bisa memberi solusi yang bermanfaat. (Baca juga: Cara Meningkatkan Persepsi Antar Pribadi)

  1. Sabar

Kesabaran sangatlah dibutuhkan untuk kita melakukan cara mendewasakan diri dalam menghadapi masalah. Sangat sering solusi masalah tidak kunjung datang sehingga kita merasa lelah dan putus asa. Ketika kamu sudah berusaha yang terbaik untuk menghadapi masalah namun masalah tak kunjung selesai, masa bersabarlah. Dengan kamu bersabar, kamu akan lebih tenang dan tidak stress. Sabar akan membuatmu tidak terlalu emosi, dimana emosi yang berlebihan bisa menutup pikiran kita sehingga lebih sulit berpikir jernih.

  1. Ikhlas

Setelah kamu bersabar dalam menghadapi masalah, tanamkan juga dalam hatimu rasa ikhlas. Dengan kamu ikhlas dengan masalah yang kamu miliki, kamu tidak akan menyalahkan siapapun atas masalah yang menimpamu. Kamu akan lebih menerima dan berhati lapang dalam menghadapi masalah yang juga akan membuat mentalmu lebih kuat dalam menghadapi masalah tersebut. (Baca juga: Cara Memaafkan Diri Sendiri)

  1. Jangan mengeluh

Hentikan kebiasaan mengeluh! Banyak mengeluh hanya akan membuat masalahmu terasa semakin berat. Bahkan, kebiasaan mengeluh juga tidak akan menyelesaikan masalah dan tidak memberi solusi apapun. Ketahuilah bahwa banyak orang di luar sana yang menghadapi masalah lebih berat daripada masalahmu. Maka, be strong guys! Mengeluh hanya akan membuatmu terlihat lemah dan tidak dewasa dalam menghadapi masalah.

  1. Menangis merupakan hal yang normal

Menjadi dewasa bukan berarti kamu terlarang untuk menangis. Justru, menangis akan membantumu meredam emosi dan mengurangi sedikit beban dalam pikiranmu. Menangis merupakan hal yang normal dan bisa menghindarkanmu dari depresi yang berlebihan. Namun, tentu saja kamu tidak boleh berlebihan dalam hal ini. Cukupkan semua penyaluran emosi dan tetap lihat ke depan dan mantap melangkah untuk menghadapi masalahmu. (Baca juga: Fakta Psikologi Tentang Menangis)

  1. Jangan lupa berdoa

Setelah kita berusaha dan berikhtiar dalam menyelesaikan masalah, jangan lupa untuk berdoa meminta petunjuk Tuhan. Tuhan yang memberimu masalah sebagai bentuk kasih sayang-Nya, juga memiliki solusi untuk masalahmu. Berdoa merupakan penyempurna dari semua usaha yang kamu lakukan dalam menghadapi masalah. (Baca juga: Cara Meredam Emosi Menurut Psikologi)

Jangan pernah penyerah dari segala masalah hidupmu, ya! Semoga artikel ini membantu. Selamat mencoba!

Sponsors Link
, , , ,