Sponsors Link

13 Manfaat Relaksasi Bagi Jiwa dan Kesehatan

Sponsors Link

Apa yang kamu lakukan setelah menghadapi aktivitas yang berat? Tentunya kamu akan berusaha mencari hiburan atau kegiatan yang bisa mengurangi rasa stresmu itu bukan? Yup, kamu bisa melakukan relaksasi. Relaksasi atau rileks dipahami sebagai suatu tindakan yang dilakukan untuk melepas ketegangan atau kelelahan setelah melakukan aktivitas yang penat. Ada berbagai macam bentuk relaksasi yang bisa dilakukan. Hal ini tergantung pada masing-masing pribadi seseorang itu sendiri.

ads

Berbeda kepribadian akan menentukan perbedaan bentuk relaksasi yang diinginkan. Misalnya ada seseorang yang memilih untuk berolahraga, menonton acara televisi, mendengarkan musik, pergi ke tempat-tempat wisata atau menyalurkan hobi yang dimiliki. Psikologi memang terdiri dari banyak prespektif seperti Psikologi Pendidikan , Psikologi OlahragaPsikologi Kepribadian, psikologi remaja, psikologi sosial, Psikologi Islam, psikologi kesehatan dan seterusnya. Lalu apa saja manfaat relaksasi bagi jiwa dari sisi psikologis? Let’s read!

Pengertian Relaksasi

Relaksasi adalah teknik atau upaya sejenak yang dilakukan oleh seseorang untuk melupakan kecemasan, mengistirahatkan pikiran, menciptakan mekanisme batin dalam diri seseorang dalam rangka membentuk pribadi yang baik, menyalurkan kelebihan energi atau ketegangan (psikis) melalui sesuatu kegiatan yang menyenangkan, menghilangkan berbagai bentuk pikiran negatif akibat ketidakberdayaan dalam mengendalikan ego dalam diri seseorang, mempermudah seseorang untuk mengontrol diri serta menyelamatkan jiwa dan memberi kesehatan pada tubuh.

Jenis-Jenis Relaksasi

Berikut ini terdapat beberapa jenis relaksasi yang bisa diterapkan untuk menenangkan jiwa, antara lain:

1. Relaksasi otot

Tujuan relaksasi otot adalah mengurangi ketegangan dalam diri seseorang dengan cara melemaskan badan. Dalam latihan relaksasi otot ini, individu diminta untuk menegangkan otot dengan prosedur ketegangan tertentu kemudian diminta  untuk mengendurkannya. Sebelum dikendorkan ketegangan tersebut penting dirasakan sehingga individu dapat membedakan antara otot tegang dengan otot yang lemas.

2. Relaksasi indera

Dalam teknik ini, individu diberi satu-persatu pertanyaan yang tidak dijawab secara lisan namun dapt untuk dirasakan sesuai dengan apa yang dapat atau tidak dapat dialami individu pada waktu intruksi diberikan.

3. Relaksasi melalui Hipnosa, Yoga, dan Meditasi

Metode ini adalah suatu teknik latihan yang digunakan untuk meningkatkan kesadaran yang membawa proses mental dapat lebih terkontrol secara dasar. Tujuan dari latihan ini ada dua, pertama agar seseorang dapat memiliki insight yang paling dalam tentang proses mental didalamnya serta insight tentang kesadaran identitas dan realitas. Selanjutanya seseorang memperoleh perkembangan kesejahteraan psikologis dan kesadaran yang optimal.

  • Hipnosa

Hipnosa adalah sebuah teknik yang lebih dikenal luas tetapi masih kurang dipahami yakni kondisi yang menyerupai tidur lelap tapi lebih aktif, saat seseorang memiliki sedikit keinginan tahu dari dirinya dan bertindak menurut sugesti dari orang yang menyebabkan terjadinya kondisi tersebut.

  • Yoga

Yoga adalah  sebuah sistematika baru yang mampu menjelaskan manusia secara utuh, bagaimana menjalani hidup secara berimbang serta bagaimana cara bertahan hidup jika tidak ada keseimbangan dimana yoga ini memerlukan disiplin fisik dan mental intens.


  • Meditasi

Meditasi adalah salah satu jenis relaksasi yang paling digandrungi akhir-akhir ini.mereka melakukan meditasi untuk untuk mendapatkan kedamaian dan kekuatan jiwa, pengendalian diri, untuk mendapatkan kekuasaan atas orang lain, untuk mendapatkan ketenangan, atau relaksasi setelah keseharian kerja.

Manfaat Relaksasi bagi Psikis

Relaksasi memberikan berbagai manfaat yang dibutuhkan oleh jiwa. Berikut adalah beberapa manfaat relaksasi bagi jiwa :

  1. Menjauhkan dari stres

Bagi kejiwaan seseorang, salah satu manfaat relaksasi adalah yang paling signifikan adalah menjauhkan seseorang dari bahaya stres. Stres sebenarnya ditimbulkan dari seseorang itu sendiri. Stres merupakan ketidakmampuan seseorang dalam mengelola dirinya sendiri akibat dari tekanan pekerjaan, kecemasan terhadap sesuatu yang berlebihan, tekanan emosional dari orang lain dan masalah-masalah lain. Namun dengan adanya rileksasi ini, jiwa akan lebih merasa tenang dan dapat terhindar dari gangguan stres. Ada banyak juga Cara Mengatasi Stres dan Depresi yang bisa bisa kamu lakukan selain dengan relaksasi.

  1. Mengurangi tingkat kecemasan

Manfaat relaksasi bagi jiwa selanjutnya adalah mengurangi tingkat kecemasan seseorang. Kecemasan atau kekhawatiran yang dirasakan oleh seseorang biasanya ditimbulkan akibat rasa pesimis seseorang yang kurang yakin dalam melakukan sesuatu. Mereka beranggapan bahwa sesuatu yang dia rencakan, sesuatu yang dia inginkan tidak berjalan sesuai dengan kenyataan. Relaksasi adalah dalam Cara Menghilangkan Kecemasan Berlebihan diri seseorang.

  1. Memberikan ketenangan batin

Bila rasa kecemasan yang biasa kita rasakan dapat hilang dengan melakukan relaksasi, maka secara otomatis jiwa akan memberikan sebuah respon positif yakni dengan memberikan ketenangan batin dalam diri seseorang. Ketenangan batin diperoleh seseorang apabila dalam dirinya penuh dengan pikiran-pikiran positif. Dengan relaksasi ini, kamu dapat menghindari kecemasan sekaligus memberikan ketenangan batin.

  1. Mengurangi tekanan dan ketegangan jiwa

Manfaat relaksasi selanjutnya adalah mengurangi ketekanan dan ketegangan jiwa seseorang. Tekanan pekerjaan yang sangat berat biasanya membuat seseorang akan sangat merasa tertekan dan berdampak pada depresi. Salah penanganan depresi akan sangat berimbas buruk pada kejiwaan seseorang. Di lain sisi, otak yang menerima tekanan yang sangat hebat akan memberikan imbasnya berupa ketegangan jiwa. Tekanan dan ketegangan jiwa ini juga akan mempengaruhi kondisi kesehatan seseorang. Jika berakumulasi kondisi ketekanan dan ketegangan jiwa ini akan berkibat fatal bagi kesehatan psikologis seseorang. Yuk, mulai relaksasi untuk mengurangi ketekanan dan ketegangan jiwa.

  1. Meraih kedamaian dan keseimbangan sosial yang tinggi

Upaya relaksasi memang sangat memberikan manfat bagi jiwa seperti yang sudah dibahas di atas. Relaksasi yang kamu lakukan dapat memberikan dampak yang sangat besar bagi kelangsungan pikiran dan jiwamu dan dampak satu dan dampak yang lain sama-sama saling berkaitan. Ketika dengan relaksasi ini kamu dapat menghilangkan stres, mengurangi tekanan dan ketegangan jiwa, maka kedamaian yang akan kamu dapat. Dengan adanya relaksasi, segala pikiran buruk yang selama ini melingkupi pikiranmu, perlahan akan berganti dengan pikirna-pikiran yang lebih positif.

Dengan selalu termotivasi untuk berpikir positif dan optimis, kamu akan mendapat kedamaian dalam diri kamu. Kamu tidak akan lagi sibuk memikirkan kemungkinan-kemungkinan terburuk.  Kedamaian ini akan memacu kamu untuk senantiasa bersosialisasi denmgan lingkungan sekitarmu. Dengan begitu selain kedamaia, kamu juga kan mendapat keseimbangan sosial yang tinggi.

  1. Mampu mempermudah dalam mengendalikan diri

Salah satu tujuan relaksasi adalah mengendalikan ego yang seringkali tidak mampu dikendalikan oleh seseorang. Relaksasi yang teratur ini akan membuat seseorang bisa mengatur emosi sehingga kita tidak mudah untuk marah atau melampiaskan kekesalan kita. Emosi dalam Psikologi bisa membentuk seseorang menjadi pribadi yang berbeda dan bisa menyebabkan seseorang berubah kepribadiannya. Emosi tidak hanya marah ada banyak Jenis Emosi pada manusia yang bisa mendominansi diri yaitu khawatir, cemas, takut, sedih, senang dan lain-lain. Apabila ego dan emosi yang ada dalam diri kamu, bisa kamu atur dengan baik, berarti kamu telah berhasil untuk mengendalikan diri kamu. Dapat mengendalikan diri dengan baik akan berimbas pada kesehatan psikologis dan kesehatan jiwa kamu.

  1. Tingkat harga diri dan keyakinan diri individu meningkat

Harga diri adalah hal yang yang harus kamu upayakan untuk mendapatkan kehormatan di depan orang banyak. Bila harga dirimu tidak baik, maka orang-orang di sekitarmu pun akan menganggapmu tidak baik. Teori Kepercayaan Diri mengatakan bahwa kepercayaan diri atau harga diri akan mati seketika apabila seseorang melakukan kesalahan besar didepan umum dan semua orang melakukan judging atau tuduhan pada orang tersebut. Relaksasi adalah salah satu hal yang bertujuan untuk membentuk pribadi yang baik. Bila kamu sudah mendapatkan dan berhasil membentuk dirimu dengan pribadi yang baik, maka akan senatiasa meningkatkan harga diri dan keyakinan seseorang di mata orang banyak.

  1. Meningkatkan daya berfikir logis, kreativitas dan rasa optimis atau keyakinan

Kedamaian jiwa yang akan kamu dapatkan setelah kamu melakaukan reklasasi mempengaruhi daya berfikirmu sendiri. Jika tubuh kamu telah mendapatklan kedamaian dan ketenangan, maka otak kamu juga akan lebih mudah untuk berfikir logis sehingga menumbuhkan rasa kreativitas. Keyakinan untuk melakukan sesuatu serta rasa optimis yang tinggi.

  1. Menurunkan tingkat agresifitas dan perilaku-perilaku buruk

Manfaat relaksasi bagi jiwa yang dibahas di atas adalah salah satunya mengurangi ego yang ada dalam diri seseorang sehingga mereka dapat mengendalikan dirinya sendiri. Ego yang berlebihan akan menimbulkan tingkat agresif  yang tinggi pula bagi seseorang. Namun dengan adanya relaksasi ini, pikiranmu akan terfokus untuk mencapai mekanisme batin. Bila keseimbangan batin bisa kamu capai, maka kamu tidakakan mudah milki perilaku agresif dan terhindar dari perilaku-perilkau buruk lainnya.

  1. Pola pikir akan menjadi lebih matang

Bial keseimbangan batin bisa kamu dapat, ego yang brutal dapat kamu kendalikan, terhindar dari stres, kepercayaan dan rasa optimisme bisa meningkat, maka hal ini akan membuat pikiranmu menjadi lebih matang. Lalu apa hubungannya dengan jiwa? Tentunya sangat berkaitan. Pola pikir yang matang akan mempengaruhi kejiwaanmu. Matang disini diartikan sebagai pikiran yang optimis dalam melihat dan menghadapi segala sesuatu. Jika kamu sudah mempunyai pikiran matang artinya kamu banyak melihat hal positif, maka dari itu jiwamu juga kan lebih tenang.

Itulah beberapa manfaat relaksasi bagi jiwa. Namun segala upaya relaksasi tidak akan memberikan manfaat apapun bila dalam diri kamu sendiri tidak berusaha serius untuk menghilangkan kepenatan yang kamu alami. Tetap ingat bahwa mengingat Tuhan adalah cara paling ampuh untuk lebih memberikan ketenangan jiwa yang kamu butuhkan.

Sponsors Link
, , , ,