Sponsors Link

15 Manfaat Psikometri Dalam Psikologi

Sponsors Link

Psikometri merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang teori pengukuran dalam psikologi. Psikometri sendiri merupakan salah satu dari cabang cabang psikologi yang berhubungan dengan pengukuran beberapa atribut psikologi atau dengan kata lain merupakan pengukuran aspek psikis seseorang dengan memakai alat instrumen yang sudah ditetapkan sebelumnya.

ads

Jika dilihat dari definisi kata, psikometrik merupakan gabungan dari kata psyche yang berarti pikiran dan meter yang berarti ukuran sehingga jika disingkat memiliki arti pengukuran pikiran.

Pada awalnya psikometri tes hanya digunakan untuk situasi pendidikan dan juga psikologis saja, namun sat ini juga sudah digunakan oleh perusahaan untuk memilih kandidat terbaik untuk pekerjaan dengan menentukan kecocokan kandidat dengan pekerjaan berdasarkan karakteristik kepribadian yang dibutuhkan sehingga juga dinamakan dengan tes kepdibadian atau tes bakat. Dalam artikel kali ini, kami akan mengulas apa saja manfaat psikometri dalam psikologi yang penting untuk anda ketahui.

  1. Mengetahui Kekuatan dan Kelemahan Individu

Kegunaan pertama dari psikometri adalah untuk mengetahui seperti apa kelemahan dan juga kekuatan seseorang serta macam macam tingkah laku dalam psikologi. Semakin banyak wawaasn atau pengetahuan yang dimiliki tentang cara beroperasi, maka akan semakin mudah untuk menentukan sifat terbaik dan terburuk apa yang dimiliki setiap individu yang sangat berguna baik untuk pribadi maupun secara profesional.

Sebagai contoh, individu yang lebih menutup dirinya untuk menghakimi orang lain dan selalu bekerja keras untuk membuat orang lain bahagia menjadi sifat terbaik yang dimiliki individu, namun terlalu berusaha menyenangi perasaan orang lain juga akan membuat kepentingan diri pribadi terkadang diabaikan karena selalu berusaha untuk membahagiakan orang lain.

  1. Memiliki Peran Penting Dalam interaksi Sosial

Psikometri dalam psikologi juga sangat membantu seseorang untuk terhubung dengan orang lain sehingga nantinya individu lain akan memberikan umpan balik untuk menilai apakah perilaku seorang individu sama dengan sub kelompok orang atau tidak.

  1. Membantu Penilaian Kemampuan Kerja

Pada saat seseorang melakukan tes psikometri, nantinya akan menunjukkan bagaiman cara individu dalam berinteraksi dengan rekan kerja atau juga pada lingkungan.

Psikometri yang sudah sering digunakan untuk menilai bakat dan juga keterampilan lain juga seringkali digunakan dalam perusahaan untuk memilih kandidat terbaik dalam sebuah pekerjaan berdasarkan macam macam sifat manusia.


Dari hasil tes nantinya akan terlihat bagaimana individu bisa berinteraksi dengan orang lain untuk menyelesaikan sebuah masalah yang terjadi sekaligus menghadapi tekanan yang ditimbulkan dari sebuah masalah tersebut. Nantinya, idnividu juga akan terlihat sanggup atau tidaknya dalam menghadapi sebuah tanggung jawab yang akan diberikan.

  1. Membantu Proses Pengembangan Diri

Dalam psikologi, psikometri juga berguna untuk membantu dalam program pengembangan diri. Sesudah seseorang bisa mengenali diri sendiri dengan baik dalam segi kemampuan dan juga kepribadian, maka nantinya pengembangan diri dalam berbagai bidang seperti karir dan kehidupan sosial bisa dilakukan.

  1. Membantu Menyesuaikan Diri

Psikometri juga penting dalam layanan orientasi yang merupakan layanan bimbingan dan juga konseling untuk membantu individu dalam memahami lingkungan yang baru sehingga bisa memperlancar dan mempermudah dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru sekaligus mengurangi tanda tanda stress yang mungkin dialami.

Dalam hal ini ada banyak instrumentasi yang akan diberikan seperti tes intelegensi, tes bakat dan juga minat masing masing individu.

  1. Memantau Kemajuan Individu

Psikometris nantinya juga berfungsi sebagai alat pemantau atau monitoring. Sebagai contoh, para konselor dan juga staf sekolah lainnya yang akan mengamati dan memantau sudah sejauh mana kemajuan yang didapat seorang siswa sehingga bisa secara langsung mengambil manfaat dari hasil pengukuran psikologis tersebut.

Selain itu, ada manfaat lain yang bisa didapat yakni kemajuan dalam bidang akademis yang dipantau sepanjang waktu tertentu atau setiap saat yang seringkali tidak terduga dan bisa terjadi perubahan kapan saja yang kemudian akan diperiksa kembali oleh konselor. Selain itu, psikometri juga bisa membantu untuk meningkatkan macam macam perubahan perilaku seperti kepribadian impulsif, sikap dan juga keterampilan yang dimiliki oleh klien.

  1. Sebagai Diagnosis

Hasil dari psikometri nantinya juga berfungsi untuk diagnosis yang perumusan masalah yang dihadapi oleh individu atau klien serta memperkirakan apa yang menjadi penyebabnya seperti memperlihatkan perilaku abnormal.

Seseorang nantinya bisa dibantu untuk memahami dengan baik dalam bidang pengetahuan dan keterampilan tertentu yang dimiliki sehingga klien bisa mendapatkan wawasan luas dalam beberapa bidang tertentu yang mungkin bisa didapatkan dengan cepat dan tepat.

Selain itu, individu juga nantinya bisa mengambil sebuah keputusan mengenai bidang apa saja yang membutuhkan perhatian atau konsentrasi lebih dan juga memberikan informasi mengenai banyak pekerjaan atau jabatan pada seseorang yang berhubungan dengan beberapa aspek testing seperti memberikan informasi yang mungkin tidak diketahui sebelumnya.

Dalam hal ini mungkin akan diidentifikasikan pada bidang minat yang belum pernah dikenal sebelumnya sehingga akan melibatkan individu dalam eksplorasi lebih mendalam tentang pengenalan minat minatnya.

  1. Memprediksi

Hasil dari psikometri dalam psikologi ini juga bisa membantu dalam memprediksikan keberhasilan atau tingkat keberhasilan tertentu, jabatan, pekerjaan, karir tertentu dan juga beberapa bidang usaha yang lain. Dalam hal ini, psikometri seringkali digunakan untuk memilih atau seleksi atau menjaring beberapa orang tertentu untuk ditempatkan dalam pekerjaan atau jabatan tertentu.

Konselor yang terlibat dalam layanan testing nantinya wajib untuk memberikan informasi mengenai prediksi hasil dari tes pada anak didik kemudian menjelaskan apa saja fungsi dan peran dari tes yang sudah dijalani tersebut. Dari beberapa informasi yang nantinya didapat dan kemudian bisa dilanjutkan dengan mengambil keputusan berarti sekaligus layak dan sesuai dengan beberapa ketentuan yang sudah ditetapkan.

  1. Pemahaman Diri

Psikometri juga memberikan beberapa fungsi tertentu yakni memberikan data untuk membantu individu dalam meningkatkan pemahaman diri atau sel understanding, penilaian diri atau self evaluation dan juga penerimaan diri atau self acceptance.

Hasil ini juga bisa digunakan seseorang agar bisa meningkatkan persepsi diri secara lebih optimal dan juga mengembangkan eksplorasi dalam beberapa bidang tertentu sekaligus cara menghilangkan beban pikiran.

  1. Melakukan Seleksi

Hasil yang nantinya diperoleh dalam pengukuran psikologu juga akan berguna untuk memutuskan beberapa individu yang akan terpilih sebagai contoh tes untuk masuk ke dalam sebuah lembaga pendidikan atau tes seleksi untuk sebuah jabatan tertentu dalam bidang pekerjaan.

  1. Mengklasifikasikan

Psikometri juga berguna untuk mengelompokan individu ke dalam kelompok yang sejenis. Sebagai contoh, mengelompokkan siswa yang memiliki masalah sejenis sehingga bisa memberikan bantuan yang sesuai dengan masalah yang sedang dihadapi tersebut sebagai penerapan displin pada anak usia dini. Atau juga bisa mengelompokkan siswa dalam sebuah program khusus tertentu.

  1. Mengevaluasi Sebuah Treatment

Mengevaluasi sebuah treatment juga menjadi manfaat selanjutnya dari psikometri dalam psikologi yakni mengetahui apakah sebuah tindakan tertentu yang sudah dilakukan pada seseorang atau kelompok individu yang sudah dilakukan pada seseorang sudah mendapatkan hasil atau belum.

Sebagai contoh, seorang siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar akan diberikan remidial tersebut kemudian akan dilakukan tes untuk melihat dan mengetahui apakah hipotesis yang dikemukakan sudah benar atau masih salah. Sebagai contoh lain, seorang peneliti mengemukakan hipotesis semakin terang lampu yang dipakai untuk belajar, maka akan semakin baik juga prestasi belajar yang akan diperoleh.


  1. Menghemat Waktu dan Biaya

Saat psikometri digunakan dalam sebuah perusahaan untuk merekrut para staf baru, umumnya akan banyak menghabiskan waktu dan juga sudah terbukti membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Dengan melakukan tes psikometri ini nantinya akan lebih menghemat waktu dan biaya sehingga tidak lagi perlu memilah begitu banyaknya formulir pendaftaran. Dengan ini, maka perekrutan akan berjalan lebih efisien sebab hanya memilih beberapa diantara kandidat yang paling cocok untuk sebuah perusahaan yang nantinya akan dilanjutkan pada tahap berikutnya yakni proses aplikasi.

  1. Memberi Gambaran Tentang Individu

Psikometri bisa memberikan gambaran keseluruhan baik mengenai pribadi. Ini akan memberi gambaran tentang kepribadian individu serta kecerdasan linguistik dan apa yang membuat seseorang cocok dan bagaimana orang tersebut akan merasa senang dalam situasi tertentu, bagaimana cara menghadapi tekanan dan lain sebagainya.

  1. Pengenalan Lebih Jauh Tentang Individu

Tes psikometri juga akan membantu individu dalam menilai diri sendiri dengan lebih baik lagi. Sebagai contoh, seseorang akan tertarik dengan kepribadian yang dimiliki pada diri seseorang karena orang tersebut sudah paham betul tentang diri mereka sendiri. Ini nantinya bisa menjadi kekuatan contohnya dalam segi wawancara pekerjaan sehingga bisa memperbesar peluang seseorang untuk bisa mendapatkan jabatan atau posisi tertentu dalam sebuah perusahaan.

  1. Mengetahui Tingkat Intelegensi

Kegunaan dari psikometri dalam psikologi yang terakhir adalah untuk mengetahui seberapa besar kemampuan yang dimiliki oleh setiap individu atau macam macam kecerdasan. Kemampuan ini mempunyai beberapa aspek penting seperti adaptasi, tingkat fokus dan juga cara dalam menghadapi sebuah masalah.

Manfaat psikometri dalam psikologi secara garis besar adalah untuk membantu seseorang untuk mengenal lebih baik tentang potensi, kemampuan, bakat, minat, kepribadian dan juga sikap yang sebenarnya sudah dimiliki yang nantinya akan sangat membantu dalam kehidupan pekerjaan, sekolah, sosial dan berbagai aspek penting lainnya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi