Sponsors Link

35 Macam-Macam Sifat Manusia

Sponsors Link

Manusia merupakan makhluk yang paling kompleks dan sulit untuk dimengerti. Seperti yang diketahui, ketika lahir manusia sudah dibekali asal yang banyak seperti pembentukan janin dipemgaruhi nutrisi, sifat dari ayah, ibu bahkan kakek-neneknya. Ketika lahir mereka belajar dan menyesuaikan diri dan akhirnya dewasa. Sehingga seorang manusia memiliki sifat yang beragam dan kompleks.

ads

Big Five Personality membahas mengenai sifat dasar manusia. Namun dalam artikel ini kita akan membahas 35 sifat yang ada pada manusia. Bisa jadi semua sifat ada pada anda bisa jadi hanya sebagian. Apa saja ? S

1. Supel atau Mudah Bergaul

Supel dan mudah bergaul merupakan sifat pertama yang dimiliki manusia. Supel bergantung seberapa ‘tough’ atau kuatnya individu tersebut untuk beradaptasi. Untuk itu orang supel biasanya disukai banyak orang karena sikapnya yang menyenangkan namun tidak membuat orang lain kesal.

2. Sombong

Di dunia ini sangat banyak orang sombong dan mencoba menganggap bahwa dirinya lebih dari siapapun. Banyak faktor yang menyebabkan seseorang menjadi sombong. Sayangnya banyak orang yang menyatakan bahwa sombong merupakan tameng seseorang untuk bisa dihargai atau dihormati. Padahal bukan hal yang tepat dan bagus.

3. Labil

Cara Menghilangkan Sifat Labil dalam diri manusia cukup sulit dan kadang tidak efektif. Jangan jauh-jauh, semua manusia pasti pernah merasa cemas dan resah. Dua rasa inilah yang mempengaruhi sifat labil semakin menjadi-jadi.

4. Optimis

Apakah anda selalu berpikir negatif atau positif dalam melihat sebuah masalah atau sebuah kejadian ? jika selalu melihat hal positif maka anda adalah orang yang optimis dengan keyakinan tinggi. Seseorang yang selalu berpikir positif dan percaya akan usahanya memiliki sifat optimis. Namun jaman sekarang ini sulit menemukan orang yang optimis dan benar-benar bisa berpandangan positif.

5. Humoris

Banyak yang mengatakan tak apa anda tak cantik/tampan, ataupun anda tidak perlu kaya raya namun jika anda humoris akan banyak teman yang senang dengan anda dan merasa nyaman. Hal ini dikarenakan sifat humoris cenderung menghibur.

6. Kreatif

Terlepas sifat atau tidak, sebenarnya banyak individu yang memiliki pikiran kreatif karena sudah sifat dan bakatnya. Macam-Macam Bakat dalam manusia sudah jelas berbeda, salah satunya adalah kreatif.

7. Minder

Perasaan minder adalah sifat yang harus anda tinggalkan. Minder menimbulkan banyak kerugian,  tanpa disadari akan menghancurkan diri anda sendiri. Berikut terdapat Cara Menghilangkan Rasa Minder  bagi kamu yang ingin tampil lebih percaya diri.

8. Cari Perhatian

Jika dalam bahasa inggris lebih terkenal dengan kata ‘Fussy’ atau bahasa awamnya adalah cari perhatian. Dimana pribadi yang memiliki sifat ini meminta perhatian besar. Mereka yang memiliki sifat ini biasanya dibenci di tempat kerja, karena cari perhatian sehingga membuat orang lain tidak menilai mereka secara objektif.

Sponsors Link

9. Pendendam

Seringkali orang sukses bilang bahwa kesuksesan didapat dari rasa dendam. Namun takkan bertahan lama. Sifat pendendam hanya akan membawa masalah. Bahkan seringkali anda mendengar masalah yang bermula dari dendam menjadi sebuah kriminalitas.

10. Sulit memaafkan

Untuk anda yang sulit memaafkan baiknya tinggalkan sifat ini. Karena semua orang berhak salah dan suatu kali anda juga akan salah. Sulit memaafkan juga akan berimbas pada anda ketika anda punya kesalahan dan orang lain tidak akan memaafkan. Yang ada sifat ini justru merugikan diri anda sendiri.

11. Perfeksionis

Perfeksionis atau reformer merupakan mereka yang sangat rasional dan juga idealis. Mereka merupakan orang-orang yang memiliki jiwa kuat dan benar-benar membedakan antara benar dan salah tanpa toleransi. Bagi orang perfeksionis, salah adalah hal yang tidak boleh dilakukan.

12. Pesimis

Mereka yang memiliki sifat ini kurang percaya diri, tidak bisa mengambil keputusan, dan selalu melihat segala hal dari pandangan yang negatif saja. Orang pesimis tak jarang membuat individu lain malas untuk membuat orang pesimis tergugah.

13. Hard to Please

Selanjutnya adalah sifat negatif dari manusia, dimana Hard to please yaitu sifat yang menetapkan standar tinggi sehingga sulit dipenuhi oleh orang lain. Padahal kenyataannya setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda dan jikalau anda yang memiliki sifat ini bertemu dengan orang yang lebih tinggi dan tidak bisa anda capai. Barulah anda bisa sadar bahwa level setiap orang berbeda.

14. Terlalu Sensitif

Terlalu sensitif merupakan sifat beberapa individu yang membuat orang lain malas atau menghindari sekali bertemu dengan mereka. Orang yang terlalu sensitif tidak akan bisa bergaul dengan bebas dan bertemu dengan orang yang sesamanya, hingga mereka berdua sama-sama tersinggung dan akhirnya menyendiri.

15. Negative Attitude 

Ketika seorang manusia memiliki negative attitude dan sudah mendarah daging maka akan sulit keluar dari zona kesusaha. Bukan tanpa sebab, hal ini terjadi karena mereka selalu takut dengan berbagai resiko.

16. Penyendiri

Sifat penyendiri menyebabkan banyak hal terjadi seperti terasing, tidak memiliki teman dan lainnya. Sifat ini masih masuk kedalam sifat manusia. Penyendiri juga cukup sulit untuk biaa bekerja secara tim.

17. Moody

Siapa yang tidak kesal berhadapan dengan orang moody ? dengan suasana hati yang naik turun belum lagi kita terkena suasana buruknya tanpa tahu sebabnya.

ads

18. Mandiri

Mereka yang bersifat mandiri memiliki arti yang baik. Tanpa mau menyusahkan orang lain dan berusaha memenuhi kebutuhan tanpa bergantung.

19. Egois

Cara Menghilangkan Sifat Egois tidaklah mudah. Padahal egois merupakan salah satu sifat yang buruk dimana ia selalui ingin menang sendiri dan memikirkan diri sendiri saja.

20. Ambisius

Ambisius merupakan sifat manusia dimana ia senang menunjukan target dan akan mencapainya dengan cara apapun. Bagaimanapun caranya ia ingin bisa mengabulkan keinginanya. Sayangnya orang ambisius seringkali memilih jalan yang salah, dan akhirnya merugikan diri sendiri dan banyak pihak.

21. Helper

Siapa yang tidak senang bermain dan kenal bersama seseorang yang bersifat “helper”. Bukan seorang pembantu ya, melainkan mereka yang ikhlas membantu orang lain.

22. Kritis

Individu yang bersikap kritis biasanya dibarengi rasa penasaran dan pikiran yang bagus. Apalagi di jaman sekarang ini kritis sangat dibutuhkan.

23. Bossy

Rasanya cukup malas ya memiliki sifat bossy seperti yang dibicarakan atau dianggap. Dimana bossy merupakan sifat suka memerintah dan memimpin namun tanpa ada sopan santun dan ia sendiri sebagai pemimpin tidak bergerak/bertindak.

24. Pembangkang

Mereka yang benci pada aturan dan disiplinitas akan menjadi seorang pembangkang. Aturan adalah hal yang harus dihindari oleh mereka.

25. Rendah Hati

Rendah hati merupakan sikap positif yang harus dimiliki semua orang. Bagi dirinya, apa yang ia bisa atau ia miliki belum tentu lebih dibanding orang lain sehingga tetap menjaga sikapnya.

26. Jujur

Sifat yang satu ini sangat sulit didapatkan terutama pada jaman sekarang ini. Jujur merupakan sifat terbuka dan mengatakan apa yang sebenarnya terjadi pada orang lain.

27. Dermawan

Bagi anda yang senang memberi kepada orang yang membutuhkan berarti anda adalah seorang dermawan. Dimana anda senang dan tanpa pamrih memberi orang lain.

28. Pelit

Jika ada dermawan maka kebalikannya yaitu pelit. Siapa yang tidak senang bersama orang pelit ? bahkan lebih menyebalkan jika ia pelit terhadap dirinya sendiri.

29. Keras Kepala

Menemukan orang keras kepala sangatlah banyak. Dimana sifat ini cukup menyebalkan, membuat banyak orang sulit mengatakan apa salah mereka dan membuat mereka berkaca.

30. Setia

Setia adalah sifat yang sebenarnya menyebabkan pro dan kontra. Baik karena bisa membahagiakan pasangan yang menemaninya dan juga baik karena setia dianggap bisa membuktikan janjinya. Sedangkan kontranya, seringkali manusia setia pada orang yang salah.

Sponsors Link

31. Pendusta

Jika seseorang menjadi pendusta atau pembohong maka hidupnya sudah sulit. Karena kepercayaan orang hanya punya satu nyawa, dimana anda sudah membohonginya maka anda akan dicap pendusta selamanya.

32. Bijaksana

Sifat bijaksana biasanya masuk kedalam Fakta Kepribadian Anak Pertama. Karena seringkali mereka harus mengambil keputusan yang membuat bijaksana terbangun dalam diri mereka.

33. Tempramental

Sifat tempramental sangat dihindari oleh banyak orang, termasuk para wanita. Karena hal ini membuat mereka takut dan merasa cemas setiap harinya. Bahkan mereka yang hidup disekitar orang tempramental harus mencari Cara Menghilangkan Kecemasan setiap harinya.

34. Sopan

Kesopanan mungkin sifat yang hanya dimiliki banyak orang timur dibandingkan orang barat. Mengingat mereka sangat bebas, namun bukan berarti bukan sifat yang serampangan. Ada attitude yang bisa dianggap positif dari orang barat, dan sopan memiliki nilai positif.

35. Berjiwa Besar

Lapang dada atau berjiwa besar merupakan salah satu sifat yang jarang ditemukan disemua individu. Bisa bersikap ikhlas dan lapang dada bukanlah perkara yang mudah. Terutama ketika hal yang menimpa anda adalah masalah besar atau tidak tertoleransi. Tentu berlapang dada adalah pekerjaan besar.

Demikian penjelasan terkait apa saja macam-macam sifat yang dimiliki manusia yang umumnya dimiliki oleh setiap orang. Semoga dengan membaca artikel ini, Anda dapat mengenali sifat sifat manusia dan bisa membantu anda dalam bersosialisasi.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :