Sponsors Link

15 Manfaat Psikologi Pendidikan Bagi Anak Usia Dini

Sponsors Link

Pendidikan menjadi sebuah proses yang tidak akan pernah berhenti bagi setiap manusia selama hidup. Bahkan banyak yang berpendapat jika proses pendidikan juga sudah terjadi pada anak usia dini antara 2 hingga 5 tahun yang menjadi salah satu fase pendidikan semua manusia.

ads

Masa tersebut akan lebih fokus pada psikomotor anak, penanaman akhlak dan sikap hidup dari anak. Psikologi pendidikan sendiri merupakan cabang cabang psikologi yang mempelajari tentang bagaimana manusia belajar dalam dan setting keefektifan sebuah pengajaran.

Hal serupa juga diungkapkan Muhibbin Syah jika psikologi pendidikan merupakan disiplin ilmu psikologi yang menyelidiki masalah psikologis yang ada dalam dunia pendidikan. Sedangkan manfaat psikologi pendidikan bagi anak usia dini sangat dibutuhkan agar anak bisa mempersiapkan masa depan yang dimiliki, mempersiapkan masa sekolah dan berbagai manfaat lainnya seperti yang akan kami berikan dalam ulasan berikut.

  1. Membentuk Dasar Kepribadian Anak

Manfaat mempelajari psikologi pendidikan yang diajarkan untuk anak usia dini memiliki tujuan untuk menanamkan berbagai nilai positif seperti contohnya toleransi, kejujuran, saling berbagi dan berbagai nilai positif dalam kehidupan lainnya.

Saat memasuki usia pra sekolah, seorang anak nantinya akan belajar bagaimana cara untuk bermain sehingga kegiatan yang dirancang juga secara khusus sudah disesuaikan dengan kegiatan pada playgroup atau TK. Meski wujudnya adalah bermain, namun didalamnya juga mengandung pembelajaran tertentu yang berarti.

Dengan menanamkan nilai nilai pendidikan dalam permainan, nantinya seorang anak bisa belajar bagaimana untuk menghormati orang lain, sopan santun, bersikap jujur dan berbagai hal positif lainnya.

  1. Membentuk Dasar Kepribadian

Dalam fase tahun keemasan, otak anak nantinya akan mengalami perkembangan pesat. Pengalaman yang anak dapatkan dalam periode tersebut juga nantinya akan membentuk kepribadian anak sekaligus mempengaruhi sosoknya ketika ia tumbuh menjadi manusia dewasa. Untuk itulah lewat psikologi pendidikan usia dini, anak akan mendapatkan banyak contoh dan juga kegiatan positif yang bisa ia ingat dan nantinya akan dipraktekkan dalam kehidupan mereka.

  1. Menumbuhkan Kreativitas dan Imajinasi

Seorang anak yang mendapatkan psikologi pendidikan sedini mungkin nantinya juga akan memberikan fasilitas bagi anak sehingga akan lebih mudah untuk menyerap segala bimbingan yang diberikan. Selain belajar tentang banyak keterampilan dasar untuk membaca dan menulis, anak nantinya juga bisa mendapatkan rangsangan banyak hal yang bisa memancing kreativitas dan imajinasi yang dimiliki anak.

  1. Mengajarkan Disiplin dan Mengikuti Aturan

Saat ada di rumah, semua anak tentunya bisa bermain dengan leluasa sesuka hatinya dan mungkin sudah terbiasa dengan aturan yang diterapkan orang tua dan umumnya masih bisa dikatakan fleksibel dibandingkan dengan aturan tetap yang didapatkan dari luar rumah.


Manfaat macam macam riset dalam psikologi pendidikan ini nantinya akan melatih anak agar bisa beradaptasi dengan lingkungan dan peraturan yang baru.

Seorang anak akan belajar banyak hal dan memahami jika semua yang ia inginkan tidak bisa didapatkan hanya begitu saja sehingga nantinya akan membentuk anak semakin disiplin dan bisa mengikuti berbagai aturan yang berlaku.

  1. Membiasakan Kegiatan Terstruktur

Cara kerja psikologi pendidikan untuk anak usia dini juga memiliki tujuan untuk melatih anak agar bisa terbiasa dengan rutinitas dan juga berbagai kegiatan yang terstruktur. Sebagai contoh, kegiatan seperti menyusun puzzle, berbaris atau berolahraga sudah cukup melatih anak agar bisa terbiasa dengan banyak kegiatan yang terstruktur dan nantinya bisa digunakan dalam kehidupan sehari hari seiring bertambahnya usia anak.

  1. Mengajarkan Tentang Cara Menyelesaikan Masalah

Psikologi bidang pendidikan juga nantinya akan berguna untuk membantu anak dalam memecahkan setiap masalah yang akan ia hadapi ketika beranjak dewasa.

Dengan memberikan psikologi pendidikan sejak dini, maka seorang anak bisa belajar untuk berpikir dengan efektif sekaligus mencari solusi terbaik dalam menghadapi setiap masalah yang akan terjadi.

Peran dari psikologi pendidikan ini adalah untuk melatih anak agar bisa lebih peka pada setiap masalah sekaligus bisa berpikir kreatif untuk mencari jalan keluar dari masalah tersebut.

  1. Membentuk Keterampilan

Manfaat lain yang bisa didapatkan dengan memberikan pelajaran tentang metode psikologi pendidikan usia dini adalah untuk membentuk keterampilan anak.

Psikologi pendidikan bisa memberikan pemahaman tentang apa pengertian sebenarnya tentang keterampilan, bagaimana cara membentuk keterampilan tersebut dan hal apa saja yang bisa menjadi penghambat dari keterampilan dalam diri anak.

Seorang anak yang sudah mendapatkan pemahaman tentang psikologi pendidikan nantinya akan lebih paham tentang cara untuk berpikir kreatif sekaligus menerapkan dari proses berpikir kreatif tersebut dalam segala bidang dan di kehidupan sehari hari.

  1. Mengembangkan Metode Belajar

Psikologi pendidikan yang diterapkan untuk anak usia dini merupakan pengembangan dari metode belajar yang saat ini sudah lebih dikembangkan kembali dari mulai belajar formal hingga metode belajar non formal. Dengan psikologi pendidikan, maka nantinya anak bisa belajar berbagai macam eksperimen tentang metode belajar yang paling efektif, baik untuk anak normal dan bahkan yang terbaik untuk anak abnormal.

  1. Mengukur Intelegensi Anak

Konsep dasar belajar dalam psikologi pendidikan sangat berhubungan erat dengan pengukuran intelegensi atau sering disebut dengan IQ. Manfaat dari psikologi pendidikan untuk anak usia dini ini adalah agar bisa melihat struktur kecerdasan dan juga intelegensi anak sehingga minat dan juga bakat yang dimiliki anak nantinya bisa terlihat dan diterapkan dalam kehidupan sehari hari.

  1. Meningkatkan Prestasi dan Motivasi Belajar

Kegunaan dari psikologi pendidikan yang diterapkan pada anak sejak dini berikutnya adalah agar bisa memahami prestasi akademik dan juga motivasi belajar yang dimiliki anak.

Ilmu psikologi pendidikan nantinya bisa memberi penjelasan mengapa seorang anak bisa memiliki prestasi akademik yang kurang dan juga motivasi belajar yang terbilang rendah. Selain itu, psikologi pendidikan juga bisa memberi jawaban sekaligus penanganan tepat untuk masalah prestasi dan motivasi belajar yang rendah pada anak sehingga bisa diatasi sejak ia masih kecil.

  1. Membentuk Karakter Anak

Psikologi pendidikan tidak hanya sebatas tentang sisi kognitif namun ruang lingkup dari psikologi pendidikan juga berguna untuk membentuk karakter dan kepribadian seorang anak yakni menjadi lebih baik atau menjadi lebih buruk.

Sebagai contoh, jika yang dilihat seorang anak sejak masih kecil adalah berbagai kebiasaan buruk yang dilakukan keluarga seperti berbicara dan berkelakuan kasar, maka hal tersebut nantinya juga bisa membentuk kepribadian anak serupa dengan hal tersebut. Untuk itulah, memberikan psikologi pendidikan tidak hanya penting untuk para pendidik namun juga memiliki banyak kegunaan bagi peserta didik termasuk anak usia dini.

  1. Menghadapi Tantangan Emosional

Bagi anak anak yang memperlihatkan tanda depresi, maka pendekatan konseling berbasis konsep dasar dalam psikologi pendidikan dan bukti yang fokus pada pengembangan keterampilan berpikir secara efektif bisa sangat membantu anak anak dalam mengelola perilaku, pikiran dan juga emosi dengan cara yang lebih produktif dan lebih sehat.

Psikologi pendidikan pada usia dini sudah terbukti bisa mengatasi dan mencegah depresi pada anak yang sekaligus juga membantu anak untuk bisa mengatasi berbagai tantangan emosional yang nantinya akan dihadapi baik di lingkungan rumah, pertemanan atau sekolah seperti berjuang melawan bullying, membela harga diri, mengatasi konflik keluarga dan juga tekanan dalam segi akademis yang bahkan bisa membantu anak dalam mengatasi kesedihan dan kehilangan.

  1. Mengatasi Kesulitan Belajar

Ketika anak nantinya mulai sekolah, maka anak anak akan berjuang pada banyak faktor seperti menghadapi masalah mendasar dengan keterampilan pemrosesan yang dibutuhkan untuk pembelajaran efektif, tantangan emosional yang berpengaruh pada macam macam teori belajar dalam psikologi atau bahkan keduanya.

Penilaian pembelajaran kemungkinan juga akan dibutuhkan untuk mengungkap masalah mendasar dan informasi dari penilaian yang nantinya akan menentukan cara terbaik apa yang bisa membantu sekaligus mendukung setiap anak berdasarkan kekuatan dan juga kelemahan belajar khusus mereka sehingga akhirnya bisa mendapatkan potensi penuh ketika bersekolah dan pada kehidupan sehari hari.

  1. Meningkatkan Kemampuan Organisasi

Seorang guru tidak bisa diandalkan secara penuh untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran khusus pada setiap anak sehingga psikologi pendidikan yang diterapkan sejak dini menjadi hal penting yang harus dilakukan karena bisa membantu anak untuk mengidentifikasi tujuan yang relevan dan juga mengembangkan kembali strategi yang efektif agar bisa dicapai secara baik.

Hal ini nantinya juga akan membuat anak bisa lebih terampil dan berkinerja secara baik sekaligus bisa mengendalikan situasi dan mengurangi tanda tanda stress.

  1. Menilai Kesiapan Sekolah

Mengambil keputusan kapan untuk memulai sekolah menjadi masalah besar yang dihadapi orang tua anak anak pra sekolah. Beberapa orang tua juga ingin anak mereka bisa memulai sedini mungkin dan sebagian lagi memilih untuk memulai pendidikan tersebut mulai dari rumah.

Dengan memberikan psikologi pendidikan sejak dini, maka anak anak nantinya bisa memiliki intelektual lebih cepat sekaligus memiliki kematangan emosi dalam psikologi dan sosial sehingga memungkinkan anak untuk berkembang lebih cepat ketika bersekolah.

Dengan mendapatkan penilaian kesiapan sekolah dari psikologi pendidikan, maka tidak hanya sekedar membantu para orang tua untuk membuat keputusan terbaik tentang kapan waktu yang tepat untuk anak bersekolah, namun juga membantu untuk menggali potensi pembelajaran anak dan mendukung pembelajaran untuk anak anak.

Sponsors Link
, , , ,