Sponsors Link

6 Contoh Terapi Kognitif Pada Lansia

Sponsors Link

Berbicara mengenai lansi atau usia lanjut memang sedikit sensitif, pola berpikir usia lansia memang berbeda dengan usia sebelumnya. Setiap manusia memiliki fase kehidupan yang amat cepat, mulai dari kandungan, bayi, menjadi anak – anak, remaja, dewasa sampai kepada lansia. Contoh pendekatan kognitif dalam bimbingan konseling dan penjelasannya.

ads

Usia tua memang tidak diinginkan banyak orang, karena lansia umumnya memiliki problem tersendiri. Contoh menjadi pikun, mudah terserang penyakit, stamina yang menurun, masalah keluarga dan sebagainya.

Hal ini menjadi dilema bahlan depresi bagi sebagian lansia, untuk itu perlu dilakukan terapi. Terapi berikut akan dijelaskan mengenai contoh terapi kognitif pada lansia yang bisa dilakukan seperti berikut ini :

1. Terapi Dengan Puzzle

Satu hal yang dapat dilakukan pada lansia secara kognitif adalah dengan mengajak mereka bermain puzzle. Ha ini bertujuan untuk melatih organ otak untuk mengingat hal dan tidak mudah pikun.

Dengan permainan ini maka lansia akan terangsang daya ingat dan kreatifnya untuk berpikir dan melakukannya dengan perasaan yang riang gembira serta antusia tinggi. Berikut ini terapi aktivitas kelompok pada lansia yang dapat dilakukan.

2. Terapi Teka Teki

Contoh terapi kognitif pada lansia berikutnya adalah dengan mengajak bermain teka teki, materi atau bahan teka teki dapat didapat dari apa saja. Permainan ini juga dapat merangsang perasaan, daya ingat juga semangat lansia untuk menjawab dan berperan didalamnya. Dengan demikian lansia akan merasa gembira serta terhibur. Yang perlu dilakukan dalam proses contoh terapi bermain pada gangguan jiwa.

3. Terapi Bermain Catur

Permainan berikutnya yang bisa dilakukan oleh para lansia adalah dengan bermain catur. Tujuan permainan ini sama dengan permainan lainnya, untuk menyegarkan daya ingat, serta melatih otak untuk tetap berfungsi dengan baik.

Bagi lansia penyakit pikun amat sangat mengerikan, oleh sebab itu gunanya terapi ini untuk mengatasi hal tersebut dan membuat perasaan gembira dan semangat. Berikut ini manfaat musik dalam psikoterapi dan konseling yang wajib anda ketahui.

4. Terapi Dengan Ketrampilan

Salah satu contoh terapi kognitif pada lansia yang bisa dilakukan yaitu dengan membuat ketrampilan yang bertujuan meningkatkan daya ingat. Contoh ketrampilan itu berupa merajut kain, menyulan benang, membuat kerajian buang – bungaan dan lain sebagainya.

Hal ini tentu cukup menarik untuk dilakukan bagi para lansia untuk mengisi waktu luang dan merasa gembira secara hati dan pikirannya. Pola dan metode terapi seni dalam psikologi yang berguna dalam melatih mental.

5. Terapi Bermain Tebak – tebakan

Satu lagi permainan yang dapat dilakukan para lansia yaitu dengan bermain tebak – tebakan. Permainan ini cukup asyik dan juga menantang, para lansia harus menebak apa yang menjadi tebakannya. Permainan ini dapat meningkatkan daya ingat, memori, juga menjaga perasaan menjadi lebih tenang dan juga atraktif.

Tujuan lain agar lansi juga menjadi lebih segar untuk berlatih mengingat dan belajar untuk mengeluarkan ekspresi yang ada dipikiran juga hatinya. Ragam dan macam – macam terapi dalam psikologi yang efektif dan menyenangkan.

6. Terapi Belajar

Berikut ini contoh terapi kognitif pada lansia lainnya yaitu dengan terapi belajar, ada banyak cara untuk dilakukan seperti belajar menggambar, belajar mengerjakan sebuah pola, belajar mengerjakan pekerjaan rumah dan lain sebagainya.

Cara ini cukup efektif untuk menghilangkan rasa jenuh, bosan dan juga mengisi waktu luang para lansia lebih aktif dan juga bermanfaat.

Kegiatan ini dapat melatih para lansia melatih emosi, perasaan, hati dan juga pikiran lebih fokus dan juga terarah. Contoh dalam kegiatan dan terapi untuk kesehatan mental.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh terapi kognitif pada lansia. Semoga menjadi manfaat dan menambah wawasan bagi Anda untuk merawat lansia dengan bijak dan bahagia.

 

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Kognitif