Home » Ilmu Psikologi » Psikologi Cinta » 11 Bahasa Tubuh Cowok Cuek Ketika Jatuh Cinta

11 Bahasa Tubuh Cowok Cuek Ketika Jatuh Cinta

by Nurlaili

Secara harfiah, bahasa tubuh merupakan gerak-gerik tubuh dan wajah yang menunjukkan keinginan dan kepribadian seseorang. Menurut Mom Junction, bahasa tubuh juga dimaksudkan sebagai salah satu bentuk atau gaya komunikasi nonverbal yang digunakan untuk mengekspresikan perasaan dan pikiran seseorang.

Memahami karakter manusia, dalam hal ini cowok bertipe cuek, sepertinya hanya dapat dilakukan dengan menganalisis bahasa tubuhnya ketika berhadapan dengan seorang cewek. Hal ini karena sepanjang waktunya, rata-rata cowok cuek hanya menampakkan raut wajah datar dan terkesan dingin dalam setiap respon atas suatu keadaan.

Sebuah studi mengatakan bahwa kecenderungan cowok dinilai lebih sering mengungkapkan perasaan mereka melalui suatu prinsip dan tindakan. Apalagi cowok tipe cuek, mereka akan jarang sekali berbicara meski dirinya juga senang bersosialisasi dengan teman. Ketika tertawa pun hanya menunjukkan bahasa tubuh tertawa yang tidak seheboh lainnya.

Dalam sebuah jurnal, dipaparkan sebuah riset oleh Eagle&Wood, bahwa perbedaan mendasar psikologi cinta cewek dan cowok dalam hal cara mengungkapkan perasaan disebabkan oleh perbedaan peran keduanya. Cowok cuek berperan sebagai penanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga.

Stereotip yang mengikat di masyarakat kita juga mengatakan bahwa tipe cowok cuek biasanya lebih agresif dan aktif daripada cowok tipe ramah. Tetapi, itu semua kembali ke masing-masing pribadi si cowok. Berikut ini dijelaskan beberapa bahasa tubuh yang sering diekspresikan oleh cowok cuek ketika sedang jatuh cinta.

1. Memperhatikan dengan Cara Melirik

Secara umum, cowok cuek jarang sekali menatap langsung pada lawan jenis yang disukai. Alih-alih melakukan kontak mata yang berlangsung lama, cowok cuek akan memperhatikan dengan cara melirik dari sudut mata ketika si cewek tidak sedang menatap si cowok cuek.

Kadang-kadang, kamu sebagai cewek pasti pernah merasa cowok tersebut tidak menikmati waktu bersama kamu, tidak nyaman, atau malah tidak tertarik dengan kamu. Akan tetapi, bahasa tubuh cowok cuek lebih suka melihat benda di sekeliling karena pada dasarnya cowok cuek tidak suka menatap lama. Bisa jadi karena takut wibawa dan citra cool guy nya akan luntur.

2. Sorot Mata yang Dalam

Berhubungan dengan bahasa tubuh sebelumnya, sekali cowok cuek melirik kamu, sorotan matanya terasa jauh menembus ke dalam pikiran kamu. Cara memandangnya yang dalam itu yang kadangkala menjadi momen-momen meleleh bagi cewek yang memergoki si cowok cuek sedang menatap kamu dengan penuh makna.

Kerap kali bisa dirasakan oleh si cewek bahwa cara memandang tersebut seperti ada keinginan untuk saling mengenal lebih dekat pribadi masing-masing. Tetapi, sebagai cowok cuek, tatapan itu tetap saja tidak bertahan lama karena kembali lagi si cowok akan melihat sekelilingnya ketika mengobrol dengan kamu.

3. Bersikap Jutek Sebagai Alibi Salting

Salah tingkah adalah perilaku konyol yang manusiawi terjadi pada setiap manusia dalam berbagai karakter pribadinya. Cowok cuek juga bisa salah tingkah ketika ia berhadapan dengan cewek yang membuatnya jatuh cinta. Yang membedakannya dengan cowok-cowok pada umumnya adalah bahasa tubuh yang terkesan dibuat sedemikian rupa untuk menutupi rasa kikuk yang dialami.

Salah satunya adalah bersikap jutek dan lebih dingin. Ini merupakan respon cepat yang dirasa lebih aman bagi cowok cuek untuk mempertahankan citra diri yang always stay cool. Ini karena akan terlihat aneh jika si cowok cuek menampakkan bahasa tubuh yang malu-malu di depan cewek yang membuatnya jatuh cinta. Mungkin bisa dikategorikan sebagai perwujudan dari sifat gengsi.

4. Kadangkala Tiba-tiba Tersenyum Kecil

Siapa bilang cowok cuek tidak bisa tersenyum? Kadang-kadang, kalau cowok cuek merasa geli atau ada hal-hal yang membuatnya bahagia, seperti tingkah laku cewek yang menunjukkan perhatian yang disukai cowok, maka si cowok cuek juga tidak akan tahan untuk tersenyum kecil atau sekadar terkekeh ringan. Tentu saja, ini tidak dilakukannya di depan cewek yang disukainya. Si cowok akan meluapkan ekspresinya diam-diam dan berusaha untuk tidak ketahuan.

5. Lebih Memilih Ngobrol Tatap Muka Daripada Chat

Sebenarnya ini bisa berlaku ke hampir kebanyakan cowok. Tetapi, bahasa tubuh yang lebih senang bertatap muka biasanya cenderung lebih ditunjukkan oleh cowok cuek. Tidak jarang kamu bercakap-cakap dengan cowok tipe cuek yang setiap mengirim pesan hanya ketikan singkat dan seperti tidak antusias sama sekali untuk ngobrol lewat chat.

Tenang, rata-rata cowok cuek memang tidak suka dengan aktivitas mengirim pesan karena dianggap tidak terlalu efektif untuk berinteraksi. Apalagi, waktu untuk chattingan bisa dimanfaatkan untuk berkegiatan, bahkan sesederhana bermain games atau berkumpul dengan teman-teman.

Meski prioritas cowok cuek biasanya didominasi dengan waktunya bersama teman-teman, apabila kamu adalah cewek yang membuatnya jatuh cinta, maka si cowok tidak akan malu mengajak bertemu dan mengobrol santai.

6. Bersikap Jahil atau Iseng

Tidak semua cowok cuek berani menunjukkan bahasa tubuh yang kentara kepada cewek yang disukainya. Tetapi tidak sedikit pula yang berani iseng atau bersikap jahil kepada cewek yang disukainya untuk sekadar menggoda. Seperti mengusap kepala, menjeglang kaki, atau gerakan tubuh kecil lainnya yang bertujuan mencari celah untuk bisa saling berinteraksi.

Bisa dibilang, sikap jahilnya itu termasuk salah satu cara mencari perhatian kamu sebagai cewek yang berhasil membuatnya jatuh cinta. Tetapi, atas dasar sifatnya yang cuek sehingga sulit untuk menyapa terlebih dahulu.

7. Nada Bicara yang Tampak Berbeda

Disadari atau tidak, ketika cowok tipe cuek sedang berbicara dengan cewek yang disukainya, maka nada bicaranya akan sedikit berubah. Jika didengar secara teliti, ada perbedaan yang mungkin tidak kentara apabila dibandingkan dengan nada bicaranya ketika berbicara dengan orang lain.

8. Berusaha Selalu Ada Untuk Kamu

Dari sekian macam-macam love language, bahasa tubuh cowok bertipe cuek biasanya didominasi oleh act of service daripada perkataan afirmasi tentang perasaannya. Kalau cowok notabene cuek terlihat semakin intens berdekatan dengan kamu, atau di setiap kesempatan selalu berusaha ada di sekitar kamu, kamu mungkin perlu waspada dengan hatimu sendiri.

Bisa jadi, cowok cuek itu menaruh rasa suka kepada kamu. Dengan cara seperti itu, rata-rata si cowok bisa mengambil sebanyak-anyaknya informasi dan mengetahui apa yang kamu amati atau kamu bincangkan dengan teman kamu.

9. Tidak Segan Menolong

Karena bahasa tubuhnya yang cenderung akan mendekati kamu, biasanya cowok cuek memberanikan diri untuk menolong ketika kamu membutuhkan bantuan. Si cowok akan sigap muncul di sampingmu, sekalipun dengan tatapan yang tidak ramah.

10. Mengingat Hal-hal Kecil

Meski intensitas obrolan kalian mungkin terasa sedikit, tetapi rata-rata cowok cuek diam-diam mengingat hal-hal kecil yang kamu sampaikan kepadanya. Detail sederhana yang barangkali kamu sendiri lupakan dan tidak expect untuk diingat orang lain, ternyata disimpan dengan baik di dalam memori si cowok cuek misterius ini.

11. Menjaga Diri dari Cewek Lain

Bahasa tubuh yang terakhir adalah bagaimana cowok cuek cenderung akan menjaga sikap ketika berkumpul atau bertemu dengan teman ceweknya. Menurutnya, ia sudah memiliki tambatan hati meski belum tersampaikan.

Maka, yang bisa si cowok cuek lakukan untuk mempertahankan perasaannya hingga dibalas oleh cewek yang disukainya adalah dengan menjaga diri dari kemungkinan godaan atau usaha pendekatan dari cewek lain. Selain itu, cowok cuek juga mengatur bentuk bahasa tubuh agar terlihat berwibawa di depan cewek yang disukai.

Sangat berbeda dengan gaya sosial cowok yang bertipe humble dengan semua cewek, si cowok cuek biasanya memberikan sedikit batasan. Ini karena si cowok tipe cuek merasa tidak perlu didekati oleh selain cewek lain, sekaligus sebagai tanda-tanda yang ingin ditunjukkan kepada cewek yang disukainya bahwa si cowok memang benar memiliki perasaan kepadanya.

You may also like