Sponsors Link

6 Tips Persiapan Hari Pertama Sekolah Untuk Anak

Sponsors Link

Sebentar lagi mulai pendaftaran masuk siswa baru, mulai dari TK, SD, SMP sampai SMA. Bagi orang tua yang memasukkan anak di sekolah dasar atau SD tentu akan ada banyak persiapan yang harus dilakukan. Termasuk salah satunya mengantar anak pertama kali sekolah di awal – awal masuk dunia pendidikan. Berikut ini faktor pentingnya pola asuh pada anak usia dini.

ads

Nah, untuk Anda orang tua yang akan memasukkan sekolah anaknya. Ada beberapa tips persiapan hari pertama sekolah untuk anak yang bisa diketahui seperti berikut ini:

1. Tanamkan Rasa Berani Dan Percaya Diri Pada Anak

Saat anak Anda mulai bersekolah, hal pertama yang wajib orang tua lakukan adalah dengan menanamkan rasa percaya diri dan keberanian pada anak. Sampaikan jika bersekolah adalah hal yang menyenangkan, dan jangan malu atau takut untuk berteman dan bersosialisasi bersama di sekolah. Hal ini agar mental anak terlatih dan tidak merasa asing dengan lingkungan yang baru. Efek dan bahaya anak kecanduan You Tube menurut Psikologi.

Baca juga:

2. Sampaikan Kegiatan Selama Di Sekolah

Tips persiapan hari pertama sekolah untuk anak lainnya adalah dengan memberitahukan hal apa saja yang akan dilakukan selama berada di sekolah. Seperti jam masuk sampai jam pulang, sampaikan juga hal apa saja yang akan anak lakukan selama di sekolah. Seperti less, ekstra kulikuler dan sebagainya. Hal ini untuk membiasakan anak melakukan kegiatan positif selama anak di sekolah.

3. Ajarkan Anak Untuk Bersosialisasi

Hal yang tidak kalah penting yaitu untuk mengajarkan kepada anak untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya. Hal ini untuk melatih anak tidak takut dan malu. Dengan begitu anak akan mulai memiliki teman dan pergaulan baru, selagi anak – anak mau belajar dan tidak melakukan hal yang buruk, maka orang tua bisa memberikan dukungan demi pertumbuhan mental anak. Hal yang patut orang tua ketahui yaitu efek Psikologis dari seringnya melarang anak.

4. Ajak Anak Untuk Berkunjung Ke Sekolah Sebelum Memulai

Berikutnya tips persiapan hari pertama sekolah untuk anak yaitu ajak anak untuk berkunjung ke sekolah sebelum dimulai. Hal ini untuk memperkenalkan lingkungan sekolahnya kelak, dan diharapkan anak akan merasa nyaman dan juga senang berada di sekolah yang baru. Dan anak akan mengenal lingkungan sekolahnya sehingga ia tidak bingung apalagi merasa asing di dunia yang baru.

Baca juga:

5. Sampaikan Bahwa Sekolah Adalah Hal Yang Menyenangkan

Perlu diperhatikan juga apabila anak sudah mulai sekolah, maka hal lain yang bisa dilakukan orang tua yaitu dengan menyampaikan bahwa sekolah itu merupakan hal yang menyenangkan. Sampaikan jika di sekolah akan ada banyak hal yang membuat anak menjadi lebih happy juga mendapat ilmu dan teman yang baru. Sehingga anak akan merasa antusias belajar selama di sekolah. Berikut alasan pentingnya pembatasan penggunaan gadget anak usia dini.

6. Antar Anak Ke Sekolah Di Hari Pertamanya

Dan hal utama bagi orang tua adalah di waktu pertama kali anak bersekolah wajib mengantar anak – anak. Hal ini untuk memberikan semangat serta mental anak akan jauh lebih siap jika orang tua ikut serta dalam mengantar di hari pertamanya bersekolah. Karena anak butuh semangat juga perhatian orang tua di saat memasuki usia sekolah dasar.

Nah, demikianlah tips persiapan hari pertama sekolah untuk anak. Semoga menjadi bahan pertimbangan dalam memberikan suport terbaik bagi anak Anda.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Anak