Sponsors Link

7 Dampak Negatif Bagi Anak Putus Sekolah

Sponsors Link

Hati siapa yang tidak ingin melihat anaknya berhasil, apalagi sampai bisa menempuh pendidikan tinggi ke Universitas unggulan. Setiap orang tua memiliki tujuan yang sangat tinggi bagi anak – anaknya, agar mereka bisa mendapat pendidikan yang layak dan melebihi pendidikan orangtuanya. Pentingnya dukungan dan peran orang tua dalam motivasi belajar anak di sekolah.

ads

Namun tidak semua harapan orangtua bisa terwujud, bagi sebagian orang yang kehidupan ekonominya serba pas bahkan kurang untuk menyekolahkan anaknya tentu menjadi beban yang berat. Berikut ini beberapa dampak negatif bagi anak putus sekolah yang penting diketahui oleh para orangtua :

1. Anak Menjadi Tidak Memiliki Tujuan Hidup

Bagi anak yang putus sekolah di tengah jalan, dapat berdampak kepada tujuan hidup di masa yang akan datang. Ia akan menerima apa saja yang ia dapatkan pada saat itu, jika anak sudha tidak memiliki tujuan hidup hal ini sangat berpengaruh kelak kepada pola pikirnya. Ia mudah dipengaruhi hal yang bersifat negatif dan berbau kejahatan. Contoh berbagai peran sekolah dalam kesehatan mental anak didiknya.

2. Tidak Memiliki Cita – Cita

Dampak negatif bagi anak putus sekolah yang begitu penting yaitu anak tidak memiliki harapan terhadap cita – citanya. Harapan yang ia gapai pada saat bersekolah hilang begitu saja karena ia sudah tidak sekolah lagi. Salah satu penunjang ia mencapai cita – cita yaitu dengan bersekolah, maka banyak memicu timbuhnya anak jalanan akibat putus sekolah. Contoh bagaimana langkah dan cara menghadapi anak tidak mau sekolah sedari sekarang.

3. Anak Menjadi Malas

Kebiasaan anak putus sekolah adalah anak akan menjadi malas, karena terbiasa hidup bebas semaunya. Anak sulit untuk diatur, tambahan lagi ia tidak mengetahui bagaimana bersikap baik dan hormat kepada orang lain. Sehingga orangtua akan sulit memberikan nasihat karena kebiasaan malas yang terus dilakukan. Berikut ini kiat dan cara mengatasi stres pada anak Sekolah dengan tepat.

4. Anak Menjadi Kurang Pengetahuan

Berikutnya dampak negatif bagi anak putus sekolah yang paling penting adalah anak menjadi bodoh, akibat ilmu dan pengetahuan yang tidak diterima dengan sempurna. Hal apapun yang ia terima hanya secara lingkungan saja, sehingga anak menjadi mudah dipengaruhi oleh kebiasaan buruk orang lain dan menjadi buta akan ilmu yang jelak berguna masa kehidupannya. Contoh beberapa cara mengajar anak Hiperaktif di sekolah dan lingkungan rumah.

5. Anak Menjadi Bandel dan Nakal

Selain itu anak yang tidak sekolah maka kenakalan menjadi sangat tinggi, rutinitas bermain semaunya dan bergaul kepada siapa saja yang ia pikir asyik untuk diajak bermain. Hal ini jika tidak segera dikontrol, maka anak akan menjadi bengal bahkan berbahaya pada saat ia dewasa. Karena banyak kejahatan di luar yang berasal dari anak putus sekolah. Beberapa pentingnya peran sekolah dalam pendidikan karakter anak dan sikapnya.


6. Anak Kehilangan Arah Hidupnya

Salah satu contoh dampak negatif bagi anak putus sekolah yaitu anak akan merasa hidup tanpa arah dan tujuan. Tanpa adanya ilmu yang didapat, ia akan buta untuk mengetahui hal apa yang baik dan seharusnya ia lakukan. Arah tujuan hidup menjadi gelap, bahkan entah akan dibawa kemana masa depannya tanpa kejelasan ilmu. Berikut ini beberapa cara mudah adaptasi di sekolah baru untuk anak usia dini.

7. Anak Menjadi Frustasi

Anak putus sekolah yang sering terjadi dalam kehidupannya, anak menjadi stress dan mudah frustasi. Ia akan merasa bingung dengan masa depannya, pada saat anak seusianya sudah mengenyan pendidikan yang layak, ia hanya bisa terpana melihat dirinya tanpa seragam dan ilmu. Ketakutan – ketakutan itulah yang membuat anak putus sekolah menjadi sedih, marah, kecewa, takut dan frustasi. Penyebab dan faktor perilaku agresif pada remaja awal hingga akhir.

Semoga anak – anak Indonesia memiliki kesempatan untuk bersekolah melalui program gratis sekolah dari pemerintah. Sebab itu orangtua harus serius memperhatikan pendidikan bagi anaknya demi masa depan yang lebih baik.

Semoga penjelasan di atas mengenai dampak negatif bagi anak putus sekolah bermanfaat untuk Anda dan semua pihak yang mengerti pentingnya anak berpendidikan.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Anak