Sponsors Link

13 Pendekatan Psikoanalisis dalam Psikologi Sosial

Sponsors Link

Membicarakan mengenai psikologi maka banyak hal yang bisa dikaji. Bukan tanpa sebab, seperti yang anda ketahui bahwa manusia merupakan seseorang yang bisa dibilang makhluk hidup terkompleks. Dengan berbagai Jenis Emosi ita bisa menjadi karakter yang berbeda-beda. Karena itulah psikologi hadir.

ads

Salah satunya ada psikologi sosial yang mempelajari interaksi manusia dengan sesamanya. Namun disini akan digunakan pendekatan psikoanalisis.

Dimana psikoanalisis yaitu  salah satu cabang psikologi yang menggunakan pengetahuan psikologi dengan menekankan pada dinamika, faktor-faktor psikis yang menentukan perilaku manusia. Selain itu psikoanalisis dianggap part yang penting dalan masa kanak-kanak dalam membentuk kepribadian masa dewasa.

Psikoanalisis sendiri terbagi menjadi tiga penerapan :

  1. Psikoanalisis adalah suatu metode penelitian yang berasal dari pikiran.
  2. suatu ilmu pengetahuan sistematis mengenai perilaku manusia sehingga manusia berperilaku dengan pola dan alasan tertentu
  3. suatu metode perlakuan terhadap penyakit psikologis atau emosional sehingga manusia bisa menggunakan  berbagai cara dalam penyembuhan baik fisik atau mental.

Dalam cakupan yang luas dari psikoanalisis memang cukup kontroversial. Dimana 20 orientasi teoretis yang mendasari teori tentang pemahaman aktivitas mental manusia dan perkembangan manusia sudah lahir setelah Sigmund Freud berhasil Menyatakan berbagai teorinya.

Selain itu, Berbagai pendekatan dalam perlakuan yang disebut “psikoanalitis” memang timbul dalam hal hanb berbeda-beda sebagaimana berbagai teori yang juga beragam.

Psikoanalisis Freudian bisa dikatakan pasti dan tidak pasti. Baik teori maupun terapi berdasarkan ide-ide Freud telah digunakan sebagai pedoman dan basis bagi terapi-terapi modern dan menjadi salah satu aliran terbesar dalam psikologi

Ada beberapa pendekatan psikoanalisis yang bisa digunakan :

1. Adaptasi

Membicarakan mengenai lingkungan itu berarti anda harus bisa beradaptasi dengan baik. Adanya pendekatan psikoanalisis misalnya anda merupakan orang yang mudah bercengkrama dan bercanda dengan orang seusia dibanding lebih tua.

Jelas anda akan lebih mudah beradaptasi dan mengobrol. serta membuat interaksi yang baik, namun dalam psikoanalisis ada juga tindakan fisik yang bisa saja membuat anda impresif dan bisa beradaptasi di lingkung  tersebut. anda bisa membaca khususnya untuk anak yang sulit adaptasi di Cara Mudah Adaptasi di Sekolah Baru untuk Anak

2. Mendapat Teman

Ketika anda mendapatkan teman maka dalam psikologi sosial ia sedang membangun link, atau orang yang dirasa sama baik dalam hal yang positif maupun negatif. Makannya teman bisa mempengaruhi hal baik atau buruk.

Mendapatkan teman bisa menjadi salah satu pendekatan psikoanalisis dari masa kecil. Misalnya anda trauma dengan orang yang berbadan 2x lipat lebih besar, karena masa kecil anda mengalami pembullyan. Dampak Cyber Bullying Bagi Korbanbegitupun ketika anda mendapat teman.

3. Kompetisi

Ketika di lingkungan luas akan ada kompetisi. Dimana jika anda menggunakan psikoanalisis diharapkan anda bisa menjalankan kompetisi yang memang sportif namun membangun. hal disini dimaksudkan agar anda bisa mendapatkan ‘makna’ dari kompetisi tersebut. Bukan hanya sekedar bersaing dan adu gengsi.

Ada banyak orang yang melakukan hal tersebut tanpa melihat atau menerka apakah kompetisi tersebut bisa menantang dirk sendiri atau menjadi latihan tersendiri. Itulah pentingnya pendekatan psikoanalisis.

Sponsors Link

4. Tantangan 

Selalu dalam dunia umum atau lingkungan luas ada beberapa tantangan yang harus anda taklukan. Gunakan pendekatan psikoanalisis untuk bisa menghadapi tantangan. bisa jadi tantangan yamg dimaksud adalah sifatnya fisik atau juga mental dan pikiran.

5. Sosialisasi

Sosialisasi adalah pekeejaan terbesar jika anda sudah masuk ke lingkungan. Pendekatan psikoanalisis disini yang bisa digunakan. Ketika anda sosialisasi menggunaka  psikoanalisis anda bisa menakar dengan tepat bagaimana sikap dan perilaku anda pada orang lain. Sehingga sosialisasi ini sering menjadi kunci untuk kehidupan psikologi sosial seseorang.

6. Team work

Team work merupakan satu skill yang tidak dimiliki banyak orang. Dimana banyak orang yang mundur dan gagal melakukan atau mengemban tugas ini. Psikoanalisis bisa membantu anda menyelesaikan misi menjadi anggota atau bahkan lead dalam sebuah team work. terumata di lingkungan sosial yang besar seperti tempat kerja.

7. Karakter sosial 

Karakter sosial adalah masalah selanjutnya yamg bisa diselesaikan menggunakan pendekatan psikoanalisis. Biasanya masalah ini hanya perbedaan karakter saja yang membuat banyak orang salah paham hingga bertengkar.

Jika anda dewasa tentu anda akan menyelesaikan baik-baik dan mengkonfirmasi ulang pendapat serta masalah yang sebenarnya. Orang-orang psikoanalisis akan melakukan hal tersebut. Demi terciptanya perilaku yang sesuai dan menghindari pertikaian.

8. Penyelesaian Masalah

Menyelesaikan masalah bukanlah perkara mudah. Banyak orang yang memiliki karakter yang buruk sehingga ketika mereka terlibat masalah bukan selesai justru bertambah keruh. menyelesaikan masalah tergantung pada niat orang tersebut, analisa yang baik, perilaku yang baik. Pikiran yang objektif serta bisa melihat keadaan.

9. Analisa keadaan

Menganalisa keadaan disekitar dan menempatkan diri hanya untuk mereka yang melakukan pendekatan psikoanalisis. Menganalisa keadaan tidak akan bisa dilakukan jika mereka tidak mengerti bahwa psikoanalisis penting, bahwa faktor tersebut bisa menjelaskan banyak hal termasuk kehidupan psikologi sosialnya.

Selain itu anda juga bisa menjelaskan bahwa analisis keadaan yang tepat bisa membantu kehidupan sosial anda.

10. Tindakan jelas

Ketika anda menggunakan pendekatan psikoanalisis sebenarnya anda mengarahkan diri untuk melakukan h yang jelas dan konkrit. Terutama ketika anda di lingkungan sosial, maka banyak orang yang tidak percaya dengan omongan saja. Pembuktian akan lebih dihargai dibanding hal tersebut.

Sponsors Link

11. Perilaku (kasar dan non kasar) 

psikoanalisis mempelajari mengenai faktor psikis seseorang yang akhirnya mempengaruhi perilaku. Dengan begitu anda tidak akan menjadi individu dengan karakter yang kasar atau mungkin jahat. Biasanya sikap kasar timbul karena Dampak Psikologis Anak Broken Home,Dan banyak lagi alasannya. Sehingga membuat karakter yang terbentuk ketika dewasa menjadi buruk atau jelek.

12. Komunikasi

Untuk bisa komunikasi dengan baik di lingkungan luas dan menghadapi karakter yang jauh berbeda bahkan dengan dirk anda sendiri, psikoanalisis menganjurkan untuk membuat komunikasi yang baik dan bagus. Tidak akan mudah memang namun perlu anda ketahui bahwa mereka yang memang memiliki komunikasi yang baik akan memiliki kehidupan sosial yang baik.

13. Respon 

Pendekatan psikoanalisis lebih menunjukan perilaku manusia hal ini akan lebih mudah dideteksi menggunakan sikap dan juga respon. Untuk anda yang ingin memiliki kehidupan sosial yang baik maka anda juga harus memiliki respon yang baik pada orang lain. Sehingga orang lain akan melakukan hal yang sama.

Demikian penjelasan dari beberapa pendekatan psikoanalisis dalam psikologi sosial yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari saat melakukan sosialisasi di masyarakat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial