Sponsors Link

17 Perubahan Sifat Saat Hamil Muda

Sponsors Link

Kehamilan merupakan suatu momen yang ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri yang mendambakan hadirnya seorang buah hati. Momen yang begitu dinantikan oleh seorang wanita yang akan menjadi seorang ibu, namun secara tidak sadar, seorang wanita yang sedang hamil, khususnya hamil muda akan mengalami beberapa perubahan sifat, yang secara tidak sadar berpengaruh terhadap pengaruh psikologis ibu hamil.bukan hanya dari perubahan bentuk fisik, akan tetapi perubahan sifat dan karakter pun turut menghiasi setiap momen saat wanita sedang hamil muda, nah… berikut mari kita bahas 17 perubahan sifat wanita saat hamil muda.

ads
  1. Mudah merasa lelah

Pada awal kehamilan trimester pertama, begitu banyak perubahan yang terjadi pada wanita hamil, salah satunya ia kerap merasa mudah lelah, hal ini dikarenakan tubuhnya sedang berusaha menyesuaikan diri dengan hadirnya sebuah janin di dalam tubuhnya tersebut. Perasaan ingin bermalas-malasan pun muncul dikarenakan tekanan darah menjadi rendah dan menurunnya kadar gula pada ibu hamil muda.

  1. Mual (morning sickness)

Hal ini memang sudah tidak asing lagi bagi sebagian wanita yang sedang mengalami hamil muda, rasa mual dan kurangnya nafsu makan akan terjadi dikarenakan peningkatan hormon HCG. yang menyebabkan timbulnya rasa pedih di lapisan perut, sehingga menimbulkan rasa mual. Biasanya perasaan mual ini akan hilang dengan sendirinya ketika kehamilan memasuki trimester kedua.

  1. Cenderung menyukai rasa masakan atau makanan tertentu

Hal ini sudah biasa dialami oleh ibu yang sedang hamil muda, yaitu ngidam atau biasanya seorang wanita yang sedang hamil muda menginginkan makanan atau sesuatu  diluar kebiasannya, meski hal ini selalu disangkut pautkan dengan mitos, nyatanya hampir kebanyakan ibu hamil mengalaminya. Meskipun hal terseut sulit dibuktikan secara medis akan tetapi menurut turun menurun nyidam itu selalu muncul setiap kali wanita sedang hamil muda.

  1. Mood swings

Perasaan seorang wanita bisa naik turun ketika sedang hamil muda, hal tersebut memang sangatlah lumrah, karena berkaitan dengan perubahan hormon yang terjadi dan juga munculnya gangguan psikologis pada masa kehamilan trimester 1 .Perasaan yang tadinya bahagia bisa saja tiba-tiba menjadi sangat sedih, bahkan tanpa alasan tertentu bisa tiba-tiba berubah pada waktu yang bersamaan.

  1. Lebih sensitif

Biasanya perubahan sifat lain yang muncul adalah, sifat yang lebih sensitif dari sebelumnya, perasaan yang mudah sekali marah dan mengalami perubahan emosi bisa tiba-tiba muncul pada ibu hamil muda, perubahan psikis yang terjadi ini akan berubah dengan sendirinya setelah masa kehamilan trimester berikutnya.

  1. Selalu ingin diperhatikan

Perubahan lain yang terjadi adalah, wanita menjadi lebih ingin diperhatikan saat sedang hamil muda, rasa bahagia yang datang karena akan hadirnya sang buah hati, membuat sebagian wanita menginginkan perhatian lebih dari suaminya, biasanya yang merasa cuek-cuek saja kini selalu meminta perhatian walau dalam hal kecil sekalipun, adanya perhatian lebih dari sang suami akan menimbulkan rasa aman dan nyaman juga pada janin yang dikandungnya sehingga membuat wanita semakin bahagia dengan perhatian yang diberikan.

  1. Cemburuan

Sifat lain yang mengalami perubahan saat wanita hamil muda adalah menjadi mudah cemburu pada suaminya, hal ini dikarenakan perubaha fisik yang terjadi pada dirinya yang merasa tidak secantik dulu, seharusya sebagai seorang suami anda harus lebih bisa menenangkan hati istri dan meningkatkan rasa percaya diri nya dengan mengatakan bahwa kehamilannya tidak akan merubah perasaan dan sikapnya kepada anda apalagi alasan anda mencumburuinya sangat tidak masuk akal.


  1. Mudah mengantuk

Perubahan sifat lainnya yang terjadi pada wanita yang sedang hamil muda yaitu mudah sekali merasa lelah dan mengantuk, meskipun kondisi anda tidak sedang dalam keadaan kurang sehat atau kurang tidur, namun, sebagian besar wanita hamil muda akan sering merasa mengantuk, untuk itu sebaiknya anda lebih banyak istirahat dan mengurangi aktivitas yang terlalu berat.

  1. Ibu hamil mudah merasa lapar

Kemungkinan perubahan sifat yang satu ini juga hampir dirasakan oleh ibu hamil saat sedang hamil muda, ibu kerap mudah sekali merasa lapar dan selalu ingin memakan makanan tertentu, biasanya wanita hamil yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang hamil akan menganggap ini adalah perubahan metabolime yang terjadi setelah menikah, padahal mudah merasa lapar biasanya dialami oleh sebagian wanita hamil saat hamil muda.

  1. Mudah marah

Biasanya perasaan wanita yang sedang hamil memang akan menjadi lebih sensitif dari biasanya, salah satunya sifat mudah sekali marah selalu ditunjukan oleh wanita yang sedang hamil muda, bahkan tak jarang ibu hamil lebih sulit meluapkan emosinya secara mudah, karena gangguan mood yang sedang dialaminya membuat ibu menjadi mudah marah dan selalu merasa ada yang salah

  1. Merasa sangat malas

Untuk para suami sebaiknya lebih mengerti mengenai kondisi istrinya yang sedang hamil muda, perasaan malas yang terjadi pada wanita hamil bukan terjadi dengan sendirinya melainkan adanya perubahan hormonal yang terjadi pada diri si ibu, nah.. untuk itu tidak ada salahnya sebagai suami menggantikan sementara peran istri seperti membuatkan sarapan, menyeduh kopi atau hanya sekedar membereskan tempat tidur.

  1. Gangguan tidur atau insomnia

Memang tidak semua ibu hamil merasakan perubahan terjadinya gangguan tidur pada saat hamil muda, namun, adanya gangguan sulit tidur memang terjadi pada beberapa kasus, ibu yang sedang hamil muda biasanya lebih banyak memikirkan kondisi yang berkaitan dengan kehamilannya, sehingga hal tersebut mebuat ibu menjadi lebih sulit tidur. biasanya cara mengatasi insomnia ini sebaiknya ibu harus lebih bisa berfikir positif agar masa kehamilan bisa menjadi masa-masa dimana masa yang tidak terlupakan.

  1. Suka Memanjakan diri

Perubahan sifat lain yang biasanya terjadi adalah, ibu yang menjadi lebih suka memanjakan dirinya sendiri, seperti pergi ke salon atau tempat-tempat refleksi untuk memanjakan diri, bahkan tak jarang menjadi lebih perduli tentang penampilannya, meski hal ini berkaitan dengan mitos, kebanyakan orang mengatakan, apabila ibu hamil muda menjadi lebih suka bersolek hal itu menandakan dia sedang mengandung janin perempuan.

  1. Lebih rajin Bekerja

Kebanyakan bagi wanita karir atau ibu pekerja, menjadi lebih rajin dalam hal pekerjaan, bahkan semangat nya menjadi lebih besar saat ketika sedang hamil, meski sangat jarang akan tetapi ini merupakan perubahan sifat yang positif dari wanita yang sedang hamil.

  1. Selalu merasa gerah dan mudah berkeringat

Merasa gerah dan selalu berkeringat memang salah satu perubahan yang terjadi pada ibu hamil muda, namun ibu tidak perlu merasa khawatir apabila tidak mempengaruhi kondisi kehamilan ibu, karena hal ini merupakan hal yang sangat wajar dirasakan wanita yang sedang hamil

  1. Mudah cemas

Perasaan cemas biasanya ditunjukan oleh wanita hamil muda yang belum memiliki pengalaman atau sedang hamil anak pertama, perasaan cemas biasanya hadir dikarenakan ibu mengkhawatirkan janin yang dia kandung, ketakutan yang biasanya berasal dari ibu yang khawatir tidak bisa menjaga kandungan dengan baik, merasa cemas karena perubahan hormonal yang terjadi dan cemas mengenai perubahan fisik yang akan terjadi. Untuk itu ibu disarankan untuk lebih rutin mengontrol kandungannya ke dokter kandungan, sebagai salah satu cara menghilangkan kecemasan nya selama ini.

  1. Menjadi pelupa

Sebagian wanita ketika sedang hamil mudah melupakan suatu hal, hal ini memang dirasa aneh oleh ibu yang sedang hamil, msekipun sangat umum dan  bisa terjadi dimana-mana. Sekian beberapa penjelasan mengenai 17 perubahan sifat yang dialami oleh wanita hamil muda. Semoga bemanfaat!

Demikian penjelasan terkait beberapa perubahan sifat saat hamil muda yang bisa dikenali oleh orang orang terdekat. Informasi ini bertujuan untuk memudahkan anda memahami bagaimana perubahan wanita yang sedang hamil muda agar tidak mengganggu kondisi bayi yang ada di dalam kandungannya.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Keluarga