Sponsors Link

13 Penerapan Psikologi dalam Praktek Kebidanan

Sponsors Link

Penerapan psikologi dalam praktek kebidanan memang sebenarnya menjadi hal yang sudah tidak asing lagi. Kebidanan sebagaimana kita ketahui merupakan cabang ilmu kesehatan yang berfokus pada kesehatan ibu hamil dan bayi baru lahir. Proses persalinan mungkin menjadi sangat identik ketika kita sudah membicarakan tentang masalah kebidanan. Rupanya, dalam proses menuju persalinan tersebut seorang bidan juga harus memperhatikan aspek psikologis dari seorang ibu hamil. Ada pengaruh psikologis pada ibu hamil yang bisa diperhatikan sehingga ini akan menunjang kesehatan seorang ibu.

ads

Berikut ini adalah beberapa macam penerapan psikologi yang ada pada praktek kebidanan. Kita bisa mengetahuinya sebagai gambaran umum mengenai bagaimana psikologi juga dapat menunjang kesehatan ibu dan digunakan demi kelancaran selama proses persalinan. Harapannya, ibu pasca bersalin bisa tetap memiliki kondisi psikis yang kuat sehingga terhindari dari beragam masalah psikologi. Apa saja penerapannya? Simak ulasannya berikut ini:

  1. Menggambarkan Teori Psikologi Kebidanan

Ada banyak teori psikologi yang muncul karena adanya penelitian atau pun pengamatan terhadap kondisi wanita dari sebelum hamil hingga setelah melahirkan. Teori-teori ini muncul dan bisa digunakan sebagai rujukan supaya bisa menguatkan psikologi seorang wanita. Psikologi kebidanan biasanya akan membahas dan mengaitkan ilmu psikologi dari teori-teori tersebut.

  1. Mengendalikan Peristiwa

Masalah yang terjadi pada seorang ibu hamil atau pun pasca melahirkan sering kali menjadi sesuatu yang kompleks. Psikologi akan mengendalikan hal-hal tersebut sehingga diharapkan kesehatan jiwa seorang ibu bisa tetap terpelihara. Pendekatan ini memang sangat cocok digunakan dan diterapkan oleh seorang bidan dalam menghadapi pasiennya. Terdapat cara mengatasi gangguan psikologi pada ibu hamil yang bisa digunakan dalam pengendalian ini.

  1. Memberikan Penjelasan atas Peristiwa

Suatu peristiwa yang membutuhkan rincian penjelasan tentang sebab akibatnya mungkin bisa diselesaikan melalui pendekatan psikologi. Ilmu psikologi akan menjabarkan bagaimana tingkah laku seseorang bisa terjadi dan mempengaruhi kehidupannya. Tidak heran bila kemudian dalam kebidanan psikologi juga diterapkan untuk memberikan gambaran atau penjelasan terhadap berbagai macam peristiwa tersebut.

  1. Melakukan Pengkajian Psikis Ibu Hamil

Seorang bidan tidak bisa melakukan pengkajian secara komprehensif bila tidak melibatkan unsur psikologi. Pendekatan kepada ibu hamil melalui teknik psikologi yang tepat bisa meningkatkan rasa percaya pada klien. Bila sudah demikian, maka bidan bisa dengan mudah mengkaji data-data yang diperlukan untuk kemudian dicatat ke dalam asuhan kebidanannya. (Baca juga: Gangguan psikologi pada masa kehamilan trisemester 1)

  1. Melakukan Pengkajian Psikis Ibu Menyusui

Hampir sama dengan pengkajian psikis pada ibu hamil, proses pengkajian psikis pada ibu menyusui juga tentu saja bisa dilakukan dengan melakukan pendekatan psikologi yang tepat. Pada dasarnya, membangun rasa percaya dengan klien adalah hal yang paling penting yang bisa dilakukan oleh seorang bidan sehingga klien juga akan terbuka dengan beragam permasalahan yang sedang dihadapi. Ini akan memudahkan bidan dalam melakukan intervensi nantinya.

  1. Menyiapkan Kondisi Psikis untuk Proses Persalinan

Proses persalinan bagi seorang ibu hamil bisa saja menjadi sesuatu yang menakutkan. Apalagi jika itu merupakan pengalaman yang pertama. Inilah penerapan psikologi dalam praktek kebidanan yang bisa digunakan dimana psikologi bisa menyiapkan kondisi psikis untuk proses persalinan dengan lebih baik. (Baca juga: Perubahan sifat saat hamil muda)

  1. Mencegah Terjadinya Masalah Psikis Pasca Persalinan

Masalah psikis pasca persalinan juga ada banyak. Oleh karenanya, ada peranan dari pendekatan psikologi ini untuk mencegah terjadinya masalah-masalah tersebut. Kita mungkin tidak akan asing lagi dengan istilah seperti sindrom baby blues, post natal depression dan puerperal psychosis. Penguatan dari psikis ibu akan sangat berdampak pada fase setelah ia melahirkan.

  1. Menjabarkan Perkembangan Bayi

Kebidanan juga akan menjabarkan mengenai perkembangan bayi. Di sini psikologi juga akan diterapkan terutama untuk memberikan edukasi pada ibu mengenai fase-fase perkembangan dari bayi tersebut. Harapannya adalah setiap tugas perkembangan bayi bisa tercapai dan memberikan pola asuh yang baik.

Sponsors Link

  1. Menjabarkan Perkembangan Anak

Sama halnya dengan penjabaran perkembangan bayi, perkembangan anak juga bisa dilihat dari bagaimana pola psikologi yang ada. Seorang ibu bisa menjadi lebih peka supaya tahu sudah sejauh apa perkembangan anak berdasarkan usianya.

  1. Pencegahan Terjadinya Stress

Psikologi juga bisa digunakan untuk mencegah terjadinya stress baik bagi wanita, ibu hamil atau ibu pasca melahirkan. Dampak stress bagi wanita hamil bisa saja terjadi bila timbul permasalahan selama kehamilan. Kecemasan dan hal lain yang bisa memicu terjadinya stress akan dikelola dengan baik bila kita melakukan fungsi psikologi dengan tepat.

  1. Pencegahan Terjadinya Depresi

Depresi bisa terjadi bila kurang siapnya mental seorang ibu dalam menghadapi permasalahan yang mungkin timbul selama proses hamil atau persalinan. Dengan penguatan dari aspek psikologi seseorang, maka depresi bisa dicegah.

  1. Memberikan Pengertian Adaptasi

Stress dan depresi merupakan masalah utama yang akan dihadapi oleh ibu hamil. Oleh karenanya, adaptasi menjadi solusi yang baik supaya kesehatan mental seorang ibu bisa terjaga dengan baik. Psikologi bisa memberikan pengertian adaptasi ini.

  1. Wadah Edukasi dan Konseling

Terakhir, psikologi juga bisa menjadi wadah edukasi dan konseling. Seorang bidan bisa memberikan masukan, mendengarkan masalah dan membantu pemecahan masalah kliennya dengan melakukan pendekatan psikologi ini.

Berbagai macam penerapan psikologi tersebut rupanya memang sangat penting. Praktek kebidanan perlu memperhatikan dan melibatkan unsur psikologi supaya proses asuhan kebidanan bisa berjalan dengan baik. Penerapan psikologi dalam praktek kebidanan ini tentu saja sudah umum dan familiar.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi