Sponsors Link

6 Hubungan Persepsi Dengan Tingkah Laku

Sponsors Link

Perilaku manusia memiliki peranan penting dalam kehidupannya di muka bumi. Sikap dan perilaku yang buruk akan menimbulkan efek tidak baik bahkan merugikan, sebaliknya sikap yang menimbulkan kebaikan akan mendatangkan manfaat dan kesan positif. Setiap sikap yang dibuat oleh seseorang, entah itu baik dan buruk dapat memberikan sebuah persepsi sesuai dengan efeknya. Berikut hubungan antara persepsi dengan latar belakang budaya.

ads

Saat ini ada banyak hubungan persepsi dengan tingkah laku yang bisa mempengaruhi seseorang dalam pergaulan, bekerja, berkegiatan di lingkungan dan sebagainya. Untuk itu, ketahuilah beberapa efek dari persepsi terhadap sikap manusia berikut ini :

1. Membentuk Prasangka

Persepsi dapat membentuk suatu prasangka pada seseorang, melalui persepsi seseorang dapat memberikan satu penilaian atau pikiran mengenai satu hal. Prasangka yang dihasilkan dari persepsi bisa saja negatif dan juga positif, bagaimana sebuah tindakan yang dilakukan seseorang sehingga menghasilkan sebuah prasangka yang baik. Contoh hubungan antara persepsi komunikasi dan perilaku seseorang.

2. Menciptakan Perasaan

Hubungan persepsi dengan tingkah laku dapat menghasilkan sebuah perasaan, apakah perasaan itu senang, sedih ataukah menderita. Semua itu bisa dirasakan setelah persepsi menimbulkan reaksi perasaan tentang sebuah informasi atau reaksi seseorang. Perasaan yang baik umumnya bisa memberikan efek positif dan menghasilkan sebuah semangat dan sebuah antusias dalam diri seseorang. Berikut ini beberapa macam macam apersepsi secara umum.

3. Membentuk Pola Sikap

Persepsi juga dapat membentuk sebuah pola sikap pada diri seseorang, hasil dari persepsi dapat terlihat dari sikap sehari – hari. Apabila seseorang mempersepsikan suatu hal dengan buruk, maka sikap yang akan dihasilkan juga akan buruk. Jika persepsi bisa menghasilkan sebuah sikap yang baik, maka sudah pasti orang tersebut mampu melakukan suatu hal yang bermanfaat dan juga baik dalam hidupnya. Contoh efek dari kesalahan persepsi dalam psikologi yang harus diketahui.

4. Membuat Emosi

Selanjutnya hubungan persepsi dengan tingkah laku yaitu bisa membuat emosi orang menjadi berdampak. Sebuah persepsi bisa menimbulkan pada emosi, emosi sedih akibat dari persepsi yang sedih dan terharu. Persepsi yang senang, bisa mempengaruhi emosi yang bahagia dan tenang. Terkadang emosi seseorang bisa saja menjadi labil dikarenakan banyak faktor, salah satunya yaitu persepsi. Karena itu penting bisa mengontrol persepsi yang bisa mempengaruhi emosi agar lebih stabil. Berikut ini gangguan perkembangan persepsi yang wajib diketahui.

5. Menciptakan Komunikasi

Komunikasi bisa terjadi akibat dari sebuah persepsi yang ada, apabila seseorang ingin melakukan sesuatu yang ada dipikiran dan disalurkan melalui persepsi, maka ia dapat mengkomunikasikan semua itu kepada orang lain atau orang yang dikenal. Komunikasi menjadi media bagi siapa saja yang ingin mengungkapkan segala keluh kesah, rasa, emosi, persepsi, perasaan dan sebagainya. Sehingga menjadikan suatu feedback, apakah itu baik atau sebaliknya negatif. Kenali beberapa macam-macam persepsi dalam psikologi.

6. Menciptakan Rasa Ingin Tahu

Hal lain yang bisa mempengaruhi persepsi pada sikap seseorang yaitu menimbulkan rasa ingin tahu. Umumnya rasa penasaran atau keingintahuan orang begitu besar, terutama jika persepsinya memaksa ia untuk mencari tahu apakah yang sedang terjadi atau mengenai suatu berita dan informasi. Jika rasa ingin tahu ini termasuk kategori yang positif maka akan membuat pelakunya beruntung, namun jika sebaliknya maka ada menimbulkan pelakunya tidak disukai orang lain. Berikut contoh persepsi dalam psikologi komunikasi yang bisa Anda pahami.

Nah, demikianlah beberapa contoh dan penjelasan mengenai hubungan persepsi dengan tingkah laku pada diri seseorang. Semoga menjadi manfaat dan menambah wawasan Anda.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi