Sponsors Link

6 Hubungan Persepsi Dengan Strategi Pemasaran

Sponsors Link

Persepsi merupakan sebuah proses yang dihasilkan dari kesan sensoris yang berfungsi mengatus pada suatu tindakan. Hubungan persepsi dengan strategi pemasaran suatu pada sebuah produk, karakteristik juga mempengaruhi proses pengambilan keputusan pada pembelian. Contoh hubungan antara persepsi dengan Latar belakang budaya.

ads

Hubungan strategi pemasaran yang diputuskan dari persepsi pribadi dalam menentukan bagaimana sebuah produk layak untuk dipasarkan. Strategi pemasaran juga bisa dihasilkan dari persepsi pembeli, kritik dan saran salah satunya. Berikut akan dijelaskan mengenai beberapa contoh pengaruh persepsi bagi strategi pemasaran :

1. Penampilan Produk

Salah satu pengaruh persepsi dalam strategi pemasaran bisa dihasilkan dari penampilan produk. Terkadang penampilan fisik sering membuat konsumen keliru dalam menginterpretasikan suatu obyek pemasaran. Sehingga membuat kesan produk dapat menarik atau tidak minat pembeli. Hal ini yang dapat menimbulkan sebuah ide untuk membuat sebuah strategi pemasaran yang lebih baik mengenai penampilan produk agar lebih meyakinkan pembeli. Berikut ini hubungan antara persepsi Kognisi dan Emosi dalam negosiasi bisnis.

2. Prasangka Pembeli

Hubungan persepsi dengan strategi pemasaran lain bisa timbul dari sebuah prasangka pembeli. Mengacu pada kecendrungan dalam menilai seseorang dalam kategori tunggal atau pada satu kelas yang berhubungan dengan pemasaran produk. Prasangka pembeli dapat timbul apabila suatu produk yang dipasarkan tidak sesuai dengan harapan, janji manis sales yang tidak sesuai bisa memicu persepsi dari pembeli. Hal ini yang bisa digunakan pihak pemasaran untuk menentukan langkah lain yang lebih baik dalam memasarkan produk. Ketahuilah hubungan antara persepsi komunikasi dan perilaku pribadi seseorang.

3. Kesan Pertama Pembeli

Pada saat bertemu pertama kali dan pembeli mendapatkan sapaan serta pelayanan yang mengesankan. Karena persepsi konsumen akan menilai bahwa perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang berkualitas. Meskipun sebenarnya belum tentu demikian, karena itu pentingnya strategi pemasaran yang tidak hanya menjual produk, juga memperhatikan servise yang diberikan. Dengan demikian akan memberikan sebuah kesan dari persepsi yang baik setiap pembeli. Proses perkembangan persepsi motorik pada manusia.

4. Citra Merek

Citra merek dapat merepresentasikan keseluruhan persepsi terhadap merek dan juga dapat dibentuk dari informasi juga pengalaman masa lalu terhadap merek tersebut. Hubungan persepsi dengan strategi pemasaran melalui pencitraan memang diperlukan, hal ini untuk mengangkat dan memperkenalkan apabila produk atau jasa yang ditawarkan memang terbaik dan juga berkualitas. Sehingga citra merek akan semakin terkenal dan banyak diminati pembelinya. Berikut proses perkembangan persepsi ujaran.

5. Citra Perusahaan

Pada saat konsumen mempunyai pengalaman dan perasaan yang baik terhadap penggunaan berbagai merek produk yang dihasilkan oleh sebuah perusahaan, maka konsumen akan memiliki sebuah citra yang positif atas perusahaan tersebut. Pada saat itu lah terbentuk apa yang disebut citra perusahaan, hal inilah yang mampu mengangkat nama perusahaan menjadi positif, selain produknya yang disenangi perusahaan pembuatnya juga menjadi dikenal banyak orang. Sehingga bisa memberikan keuntungan yang baik juga di masa depan. Beberapa kesalahan persepsi dalam psikologi yang harus diketahui.

6. Citra Toko

Para pembeli sering mengembangkan citra toko berdasarkan pada iklan, kelengkapan fasilitas di dalam toko, pendapat teman dan kerabat, dan juga pengalaman belanjanya. Pencitraan toko yang ada di benak konsumen akan mempengaruhi citra merek produk. Oleh sebab itu, pentingnya penempatan produk pada rantai toko pengecer atau retail merupakan sarana untuk membentuk citra. Melalui toko akan banyak persepsi yang timbul, yang bisa dijadikan sebagai strategi pemasaran pada masa yang akan datang. Sehingga menjadikan perusahaan semakin berkembang. Perhatikan masalah pada gangguan perkembangan persepsi yang wajib diketahui.

Demikian ulasan mengenai hubungan persepsi dengan strategi pemasaran. Semoga artikel di atas menjadi wawasan dalam mengembangkan produk yang akan ditawarkan kepada pembeli atau masyarakat banyak.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi