Sponsors Link

10 Gangguan Psikologi dalam Komunikasi

Sponsors Link

Apa yang anda pikirkan mengenai psikologi ? faktanya dunia psikologi sangatlah luas, anda bisa membicarakan banyak hal dalam cabang ilmu ini. Termasuk salah satunya adalah komunikasi yang menjadi bahan yang cukup unik jika dikaji, termasuk jika ada permasalahan atau gangguan. Penggunaan Psikologi Komunikasi Dalam Konseling seringkali digunakan.

ads

Sedangkan untuk ilmu komunikasi dan Psikologi merupakan dua bidang ilmu yang berkaitan dan tidak bisa dilupakan begitu saja, terlebih keduanya sama-sama menggunakan manusia sebagai objeknya.

Baca juga :

Jika melihat definisinya, komunikasi adalah kegiatan bertukar informasi yang harus bahkan telah menjadi naluriah manusia untuk mengubah pendapat atau perilaku manusia baik terhadap diri sendiri atau terhadap orang lainnya.

Sementara, perilaku manusia merupakan objek ilmu psikologi yang nyatanya tidak akan pernah berubah, jelas kan mengapa psikologi tidak pernah membahas atau menggunakan objek lainnya. Sedangkan komunikasi yang mudah ditelaah jelas dimengerti.

  1. Motivasi

Ketika seseorang mencoba untuk berkomunikasi dengan orang lain, namun tidak ada motivasia tau hal yang mendasari orang tersebut untuk mencoba maka akan sulit. Hal ini menyangkut akan motivasi seserorang dalam komunikasi.

Jika motivasinya terganggu maka komunikasi baik pada diri sendiri maupun individu juga akan terganggu. Dilihat dari definisinya, motivasi merupakan sebuah stimulan atau dorongan yang dilakukan untuk mencoba mencapai sesuatu yang kuat dan juga diharapkan.

Biasanya mereka yang memiliki motivasi dan juga memiliki rasa didorong oleh kebutuhannya akan berusaha sekuat tenaga, sayangnya jika gangguan ini muncul jelas komunikasi yang ringan saja tidak akan bisa mereka lakukan.

  1. Takut

Takut memang termasuk emosi manusia, namun bagaimana hal tersebut bisa menjadi gangguan psikologi ? takut merupakan emosi yang harus dihadapi manusia. Semua orang pasti pernah merasakan takut dan merasakan hal yang tidak ingin dirasakan dan ingin cepat dilewati. Namun tak jarang dari rasa takut tersebut ada banyak hal yang dipelajari mereka, mulai dari mendewasakan diri, mulai mawas diri, hati-hati dan sebagainya. Dengan takut juga maka emosi manusia akan lebih berkembang.

Namun banyak orang yang menjadikan salah satu emosi manusia ini sebagai sebuah gangguan psikologi yang akhirnya menyusahkan banyak orang untuk bisa berkomunikasi. Tak jarang kan anak muda yang beralasan takut untuk berkomunikasi maka mereka lebih memilih diam dan mengurung diri. Atau justru remaja yang berani di media sosial namun takut untuk berkomunikasi secara langsung.

  1. Tidak Peduli

Komunikasi tidak bisa dilakukan satu arah saja, mereka membutuhkan reaksi dan juga respon dari yang diajak berkomunikasi. Jelas apabila pesan yang disampaikan bersinggungan dengan kepentingan komunikan maka mereka bisa menanggapi dan merespon.

Berbicara mengenai komunikasi ini ada gangguan psikologi lain yang berpengaruh pada komunikasi yaitu tidak peduli. Adanya rasa tak acuh atau tidak peduli menyebabkan banyak orang memperburuk komunikasi mereka, yang tadinya baik justru menjadi bertambah buruk dan hal tersebut tak jarang terjadi.

  1. Prasangka

Dalam psikologi prasangka merupakan hal wajar yang timbul antara faktor antropologis dan juga sosiologis. Dimana prasangka merupakan hal yang negatif dan tidak rasional yang bisa ditujukan pada seseorang ataupun kelompok tertentu tanpa adanya fakta ataupun kebenaran. Perlu diketahui bahwa prasangka memang hal wajar, namun psikologi sendiri tak menyangkal bahwa prasangkan merupakan hal buruk atau negatif.

Menurut Onong Uchjana Effendy, adanya prasangka bermula dari perbedaan dan prasangka ini dapat terjadi pada ras, bangsa, suku bangsa, agama, partai politik, kelompok, dan apa saja yang memberikan kesan dan pendapat yang buruk atau tidak enak. Sehingga prasangka ini menghambat komunikasi bersifat psikis yang biasa terjadi di masyarakat. Hal inilah yang menyebabkan adanya gangguan pada komunikasi. Psikologi tak menyarankan anda untuk melakukan prasangka terhadap orang lain, namun anda bisa menaruh kecurigaan saja. Sayangnya hal ini bisa saja menjadi kebiasaan anda dan akan berakhir menjadi buruk.

Sponsors Link

  1. Stereotipe

Selanjutnya adalah gangguan psikologi stereotipe, kenapa bisa dianggap sebagai ganguan. Karena memang tidak sesuai atau bisa dikatakan hal buruk. Faktor penghambat komunikasi yang memang banyak terjadi secara psikis yakni selanjutnya stereotip. Dalam psikologi stereotip masih berkaitan dengan prasangka.

Pengertian dari stereotip adalah penilaian anda atau orang tersebut terhadap seseorang atau kelompok hanya berdasarkan dengan persepsi saja. Sehingga mereka hanya menyimpulkan dalam hati dan juga menyimpulkan dalam diri sendiri saja seperti apa pandangan orang tersebut. Stereotip seringkali terpelintir pendapat yang akhirnya nanti menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan muncul atau justru terjadi.

Hal ini menghambat komunikasi karena stereotip dan juga mengganggu kepercayaan banyak orang. Menurut A. Samovar dan E. Porter, stereotip merupakan sebuah persepsi atau kepercayaan yang dianut mengenai kelompok atau individu berdasarkan pendapat dan sikap yang terbentuk terlebih dahulu, sehingga bisa jadi kebiasaan padahal itu buruk dan tidak dibenarkan.

  1. Kesehatan Jiwa

Tidak menyangkal bahwa komunikasi tidak akan bisa terjalin jika kesehatan jiwa tidak baik. Dalam psikologi kesehatan jiwa sama pentingnya dengan kesehatan fisik yang bisa terlihat dengan jelas. Kesehatan jiwa akan terganggu sedikit demi sedikit dan tidak terasa, jikalau memang trauma dan sejenisnya maka sakit yang dialami akan secara tiba-tiba menyerang dan parah. Kesehatan jiwa mungkin sepele namun bukan hal yang tidak penting.

Penyebab dari sakit jiwa pada seseorang disebabkan oleh tekanan atau paksaan pada perasaan dan tidak mampu menghadapi keadaan yang sulit. Mengingat manusia berbeda maka batasan atas tekanan mereka juga berbeda. Hal ini menimbulkan sakit jiwa yang meliputi frustasi, depresi, cemas berlebihan, dan sejenisnya. Ketika komunikan dikatakan mengalami frustasi ataupun yang bisa disebut sebagai depresi maka mereka yang disebut komunikator yang gagal atau terganggu. Bukan hal yang mudah tentu untuk bisa berkomunikasi dengan jiwa yang tidak sehat.

  1. Sifat atau Karakter

Sifat merupakan karakter psikologis yang ada dalam diri seseroang dan tidak dapat dirubah karena sudah sejak lahir. Lalu apa hubungannya dengan komunikasi ? Fungsi Sifat Manusia Dalam Psikologi Berdasarkan Kepribadian sangatlah luas, termasuk kedalam komunikasi. Macam-Macam Sifat Manusia ada cukup banyak dan juga beragam. Jelas bahwa banyak orang yang memiliki sifat sangat berbeda dan juga tak nentu.

Sponsors Link

  1. Gangguan Fisik

Seringkali gangguan fisik menyebabkan efek pada gangguan psikis sehingga sulit untuk komunikasi. Jelas bukan hal yang mudah, mengingat komunikasi merupakan hal mendasar yang bisa dilakukan oleh manusia. Gangguan fisik jelas menyebabkan anda mengalami gangguan komunikasi, misalnya sulit berbicara atau sulit mengatakan hal-hal mendasar.

Selain itu, anda juga akan sulit mengucapkan kata-kata yang biasa disebut sebagai cadel. Namun faktanya gangguan fisik bisa dipermasalahkan mengingat berkaitan dengang gangguan mental. Mereka yang minder dan tertekan akan gangguan fisiknya menyebabkan mereka terkendala dalam kepercayaan diri dan menjadikan mereka tidak berbicara dalam momen tertentu. Sehingga hal ini menambah daftar panjang masalah dan bisa kearah psikologi.

  1. Kebiasaan

Apakah anda tahu bahwa kebiasaan merupakan hal yang biasanya terjadi jika ada gangguan komunikasi. Masalah ini seringkali tidak dirasa atau disadari padahal paling berimbas. Kebiasaan untuk membiarkan anak tidak berbicara merupakan hal yang paling sering terjadi.

Misalnya ada beberapa orang yang membiarkan anaknya tidak mengatakan dan hanya menunjuk apa yang ia inginkan. Sehingga menyebabkan anak selalu menangis jika tidak dituruti atau dipaksa berbicara. Kebiasaan ini menjadi masalah besar dan menjadikan gangguan psikologi atau komunikasi terjadi. Nah untuk anda yang terbiasa dengan hal buruk tersebut baiknya untuk tidak meneruskan kebiasaan ini, mengingat bukan hal bagus jika anda bisa melihat dampak kedepannya setelah kebiasaan ini dibiarkan.

  1. Emosi

Emosi merupakan hal selanjutnya yang harus anda perhatikan, dimana emosi bisa menjadi gangguan terbesar jika anda tidak bisa menjaganya dan tidak bisa mengelola rasa dengan baik. Emosi bisa menjadi gangguan psikologi selanjutnya dalam hal berkomunikasi.Semua manusia pasti memiliki emosi, jika ada yang bilang mati rasa atau tidak merasakan apapun maka mereka termasuk yang mengalami traumatik besar yang menyebabkan sensor rasa hilang. hal tersebut bisa berdampak pada komunikasi.

Sebenarnya emosi bukan masalah jika baik-baik saja namun akan jadi masalah jika emosi tersebut menyebabkan sikap yang tidak baik dan menyebabkan  karakter buruk muncul. Maka dari itu seringkali komunikasi berjalan tidak lancar jika sedang marah, atau menangis dan lainnya.  Jenis Emosi  ada banyak namun manusia cenderung tidak bisa berkomunikasi dalam jenis emosi yang membuat suasana hati buruk seperti marah dan menangis. Bahkan komunikasi antar dua pihak sebenarnya dihindari jika sedang terjadi masalah tersebut.

Demikianlah yang dapat disampaikan, semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Oleh :