Sponsors Link

10 Peran Bahasa Indonesia Dalam Pendidikan Karakter Generasi Muda Paling Lengkap

Sponsors Link

Peran bahasa Indoneisa dalam pendidikan karakter generasi muda. Jika mendengar kalimat ini kira –  kira apa yang akan terlintas dalam benak anda sobat? Tentunya yang ada dalam pikiran kita adalah bahwasanya bahasa Indonesia tersebut sangatlah memberikan pengaruh besar dalam kehidupan kita selaku berbangsa dan bertanah air Indonesia yang sangat kita cintai ini. Setuju ya sobat.

ads

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwasanya bahasa memiliki peran sentral dalam perkembangan intelektual , sosial, dan emosional peserta didik dan merupakan sarana penunjang keberhasilan dalam mempelajari semua bidang studi.

Pembelajaran bahasa diharapkan mampu membantu peserta didik atau genari muda untuk mengenal dirinya, budayanya, dan juga budaya orang lain, mengemukakan gagasan, perasaan, berpartisipasi dalam masayarakat yang mengguakan suatu bahasa tersebut, dan menemukan serta mengguakan kemampuan analisis dan imaginatif yang ada dalam dirinya . Begitupun dengan bahasa Indonesai yang merupakan identitas bahasa negara kita ya sobat, yaitu bahasa Indonesia ya sobat.

Ditengah perkembangan zaman dan teknologi seperti yang kita rasakan sekarang ini, ketahanan bahasa nasional kita yaitu bahasa Indonesia diuji pada era globalisasi ini, karena seperti yang kita lihat bersama, menurunnya kecintaan dan kebanggan bangsa Indonesia menggunakan bahasa persatuan di negeri kita ini.

Sudah sangat banyak aliran yang lebih kearah “ kebarat – baratan “ yang seolah dianggap lebih keren dari pada bahasa kita sendiri yaitu bahasa persatuan bahasa Indonesia. Oleh karena itu, bahasa Indonesia ini memang harus ditanamkan, dikembangkan, dan diaktualisasikan pemakaiannya di dalam era globalisai sekarang ini.

Pemakaian bahasa asing memang populer dan cenderung dianggap “ beken “ , namun satu hal yang tidak boleh kita lupakan ya sobat generasi muda semua, bahwasanya kita tinggal, lahir dan memiliki identitas asli Indonesia, jadi sudah seharsunya kecitaan akan bahasa Indonesia tidak boleh luntur sebagai indentitas nasioanal kita.

Nah sobat semua, beriktut ini 10 peran bahasa Indonesia dalam pendidikan karakter generasi muda. Mari kita simak dengan seksama.

1. Bahasa Indonesia Adalah Kebudayaan

Karena bahasa Indonesia merupakan jantung kebudayaan kita, maka generasi muda harus tetap melestarikan bahasa Indonesia tersebut sebagai warisan nasioanl kita. Dengan bangga menggunakan bahasa Indonesia, maka bangsa lain juga kaan menghargai bahasa nasional kita. Kalau kita saja tidak menghargai dan menggunakannya , bagaimana dengan yang lain?

Sponsors Link

2. Mengembangkan Potensi Bangsa Sendiri

Peserta didik atau generasi muda dapat mengembangkan potensinya sesuai dengan kemampuannya, kebutuhan, minat, serta dapat menumbuhkan penghargaan terhadap hasil karya dan hasil intelektual bangsa sendiri. Baca juga mengenai peran kognisi dalam diri manusia.

3. Bisa Berkomunikasi dengan Baik

Peserta didik atau generasi muda dengan mempelajari bahasa Indonesia, maka diharapkan dapat berkomunikasi secara efektif dan efisien sesuai dengan etika yang berlaku baik secara lisan maupun secara tulisan. Baca juga mengenai peran sosiologi dalam psikologi.

ads

4. Lebih Menghargai Bangsa Sendiri

Dengan belajar bahasa Indonesia, generasi muda dapat menghargai dan bangga menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara kita, yaitu negara tercinta republik Indonesia. Baca juga mengenai peran psikologi komunitas dalam psikologi terapan.

5. Lebih Memahami Bahasa Indonesia Untuk Kehidupan Sehari hari

Dengan belajar bahasa Indonesia, generasi muda dapat atau mampu memahami bahasa Indonesia dan menggunakannya dengan tepat dan kreatif untuk menjalankan semua aktivitasnya sehari – hari serta dalam menjalankan tujuannya sehari – hari.

6. Meningkatkan Kemampuan Intelektual

Dengan belajar bahasa Indonesia, generasi muda dapat menggunakan bahasa Indonesia untuk meningkatkan kemampuan intelektual , serta dapat digunakan dalam hal kematangan emosional dan sosialnya dalam kehidupannya sehari –  hari serta dalam  hubunagnnnya dama lingkungan masyarakat sekitarnya. Baca juga mengenai peranan psikologi komunikasi dalam hubungan antar manusia.

7. Memperluas Wawasan

Dengan belajar bahasa Indonesia, generasi muda dapat menikmati dan memanfaatkan karya sastra untuk memperluas wawasan, memperhalus budi pekerti, serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuannya dalam berbahasa.

8. Melestarikan Budaya Bangsa Sendiri

Dengan belajar bahasa Indonesia, generasi muda dapat menghargai dan mengembangkan sastra Indonesia sebagai khazanah budaya dan intelektual manusia sebagi bangsa Indonesia. Baca juga mengenai peran psikologi dalam manajemen sumber daya manusia.

9. Menumbuhkan Rasa Bangga dan Kecintaan Pada Bangsa Sendiri

Dengan belajar bahasa Indonesia, generasi muda dapat menumbuhkan sikap bahasa yang positif terhadap bahasa Indonesia seperti kesetiaan, kebanggaan, dan kesadaran akan adanya norma dalam berbahasa. Kesetiaan dalam hal ini artinya adalah dimana sikap mental si penutur mempengaruhi sikapnya dalam pengguanaan bahasa Indonesia.

Kebanggaan maksudnya adalah bahasa Indonesia menjadi identitas dari bhasa Indonesia yang merupakan bahasa negara dan bahasa nasional. Kesadaran, erat kaitannya dengan norma dalam berbahsa yang merupakan aspek dari keterampilan menyimak, menulis dan berbicara.

10. Lebih Mendalami Tata Bahasa Bangsa Sendiri

Dengan belajar bahasa Indonesia, generasi muda dapat mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar secara lisan maupun tulisan terutama sebagai sarana pengungkapan dalam gagasan ilmiah. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, dalam penulisan karya ilmiah bahasa yang kita gunakan haruslah bahasa yang baku aau formal ya sobat, nah dengan mempelajari bahasa Indonesia ini, anda akan diajarkan bagaimana cara penggunaan atau pemakaian bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan konteks yang dibutuhkan.

Sebagai tambahan informasi aja nih sobat, bahasa Indonesia memilki 5 aspek, yaitu penulisan huruf, pemakaina huruf, pemakiaan kata, penggunaan kata serapan dan penggunaan tanda baca yang selama ini kita ketahui dalam EYD dan KBBI.

Namun sayangnya, semakin majunya teknologi banyak sekali kalangan remaja menggunakan bahasa asing dalam keseharian bahkan yang lebih tragis lagi sobat, banyaknya orang  tua yang bangga apabila anak –  anaknya mengguakan bahasa asing daam kesehariannya.

Sponsors Link

Selain itu, tidak jarang dari kita yang menyepelekan tata bahasa yang baik dan benar dalam kehidupan sehari – hari seperti tata bahasa yang baik tetapi dianggap terlalu fomal dan cenderung terlalu kaku, padahal pengguanaan bahasa Indonesia yang baik dan benar sangatlah memberikan manfaat yang positif bagi kita agar bisa dicontoh atau ditiru oleh generasi penerus kita kelak.

Jika kita saja menggunakan bahasa keseharian dengan ala – ala keinggris – inggrisan bisa saja generasi penerus kita satu atau dua tahun mendatang akan mengguankan bahasa yang ke eropa – eropaan ya sobat karena tidak ditanamkannya cinta akan bahasa negara sendiri.

Sekian informasi mengenai peran bahasa Indonesia dalam pendidikan karakter generasi muda. Semoga dengan adanya artikel ini, kecintaan anda yang membacanya bisa bertambah akan bahasa nasional kita ya sobat, yaitu bahasa Indonesia. Sampai jumpa, salam bahasa Indonesia selalu.

Sponsors Link
, , , ,