Sponsors Link

13 Cara Memupuk Cinta Dalam Rumah Tangga

Sponsors Link

Menjaga keharmonisan rumah tangga tentu saja harus dilakukan oleh semua pasangan. karena keharmonisan di dalam keluarga adalah kunci sukses dalam membuat keluarga tetap tuh dan harmonis. yang namanya kehidupan berkeluarga pasti akan mengalami pasang surut selama menjalin pernikahan. kehidupan yang kita anggap indah terkadang bisa menjadi berbalik menjadi tidak bahagia, hanya karena keegoisan semata.

ads

Cinta di dalam kehidupan rumah tangga tentu saja merupakan hal utama yang harus dipupuk sejak awal pernikahan. karena hanya dnegan hadirnya cinta lah kehidupan rumah tangga akan harmonis dan memiliki tujuan yang membuat kehidupan berumah tangga anda menjadi semakin bahagia.

lalu bagaimana bila terjadi masalah di dalam rumah tangga? tentu saja kita harus mencari solusi dan jalan keluar menegani setiap permasalahan yang ada. namun jangan sesekali memikirkan mengenai masalah perpisahan. karena perpisahan bukanah jalan keluar yang baik. yang ada malah anak anda menjadi korban atas keegoisan prang tua nya. untuk itu dalam artikel kali ini kita akan mmebahas mengenai cara memupuk cinta di dalam rumah tangga.

  1. Saling menghargai

Umumnya menyatukan dua kepala yang berbeda memang merupakan bukan hal mudah. Apalagi yang namanya suami istri memiliki sifat dan juga karakter yang berbeda.

Untuk itu memang perlu rasa saling menghargai diantara keduanya. Kekompakan juga sangatlah penting diantara kehidupan rumah tangga, agar cinta di dalam rumah tangga tetap terjaga. Selalu menghargai suami dan bersikap sopan, menghormatinya dalam keadaan apapun merupakan salah satu cara yang akan membuat cinta diantara rumah tangga semakin terjaga.

Menjaga komunikasi diantara psangan suami istri merupakan salah satu cara menjaga agar cinta tetap utuh. Komunikasi juga adalah elemen yang sangat penting di dalam sebuah hubungan. Sehingga jika ada kesalahpahaman diantara kedua pasangan akan bisa diselesaikan dengan cara komunikasi yang baik. Karena cinta tanpa komunikasi yang baik tidak akan menjadi berhasil

  1. Menjaga hubungan intin diantara pasangan.

Terkadang permasalahan di rumah tangga akan terjadi salah satunya dikarenakan permasalahan hubungan intim diantara kedua pasangan. Menurut teori cinta dalam psikologi sosial juga menjelaskan bahwa yang namanya cinta di dalam rumah tangga butuh juga hubungan intim yang rutin dan baik diantara kedua pasangan. Sehingga perasaan cinta diantara keuda pasangan pun akan tetap terjaga.

  1. Saling menjaga kepercayaan.

Rumah tangga tanpa kepercayaan tentu tidak akan berjalan dengan harmonis. Diantara kedua pasangan seharusnya tetap menjaga kepercayaan masing-masing. Karena seperti tujuan awal dari pernikahan anda, pasti anda semuannya pun ingin mengawali pernikahan hingga maut yang memisahkan bersama pasangan anda.

Sehingga saling menjaga kepercayaan diantara kedua pasangan pun merupakan hal yang penting. Jangan mudah etrgoda dengan hal-hal yang dapat merusak rumah tangga. Apalagi hingga menjurus ke perselingkunan karena dampak  psikologis perselingkuhan pria dan wanita tentu akan membuat hancur cinta di antara keduanya.


  1. Saling memaafkan satu sama lain.

Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, oleh karena itu diantara kedua hubungan perlu rasa saling memaafkan, meski terkadang memaafkan seseorang bukanlah perkara mudah amun anda pun harus bisa memiliki cara memaafkan diri sendiri dari kesalahan masa lalu yang seringkali membuat hubungan diantara rumah tangga merenggang.

  1. Membuat quality time bersama.

Merencanakan liburan berdua bagi pasangan suami istri, ternyata sangat ampuh juga untuk dapat membuat rasa cinta diantara kedua pasangan tumbuh kembali  layaknya saat masih berpacaran. Sehingga tidak ada salahnya ya merencakan liburan berdua, atau hanya sekedar nonton bioskop dan pergi makan malam berdua. Sehingga akan membuat rasa cinta di rumah tangga menjadi semakin bertambah.

  1. Menjaga perasaan pasangan

Selalu menjaga perasaan diantara kedua pasangan juga merupakan kunci agar rasa cinta diantara kedua pasangan dapat etrjalin. Kita juga harus memahamidari sisi sensitive diantara kedua pasangan sehingga nantinya akan mmebuat hubungan anda semakin  baik. Jangan pernah mngucapkan aib suami ataupun istri di depan keluarga, teman atau pun sahabat. Karena hal ini juga yang malah nantinya membuat hubungan anda semakin sulit.

  1. Mengenang memori pacaran

Tidak ada salahnya saat anda sedang berdia bersama suami, mengingat kembali moment-moment saat pacaran yang pernah anda habis kan berdua bersama pasangan, karena hal ini pun dapat membuat rasa cinta diantara kedua pasangan semakin erat

  1. Selalu berusaha menyenangkan pasangan

Makna cinta di dalam psikologi adalah saling memberi diantara kedua pasangan. Karena dengan emnyenagkan pasangan akan membuat hubungan cinta akan tetap terjaga dengan utuh. Untuk itu tidak ada salahnya untuk mebahagiakan pasangan agar kehidupan rumah tangga lebih harmonis.

  1. Bersyukur

Untuk dapat memupuk rasa cinta diantara kedua psangan pun tentu dibutuhkan rasa syukur diantara keduanya. Sehingga dengan bersyukur kita tidak akan pernah merasa kekurangan hal apapun dari pasangan kita tersebut.


  1. Selipkan hal humor saat berbincang

Terkadang emnghadapi kehidupan rumah tanga yang perlik tidak ahrus dilakukan secara serius, ada saatnya juga kita butuh hiburan diantara kedua pasangan, sebaiknya banyak melakukan hal-hal konyol dan bercanda akan dapat menumbuhkan perasaan cinta diantara pasangan. Memang hal tersebut sangatlah simple namun akan sanagt berpengaruh terhadap kehidupan cinta anda

  1. Liburan bersama keluarga

Selain emlauangkan waktu untuk kehidupan cinta anda bersama pasangan, tidak ada salahnya juga anda merencakan liburan bersama keluarga. Karena terkadang hadirnya kebersamaan dengan anak-anak akan membuat kehidupan cinta di rumah tangga akan terjalin dnegan harmonis. Peran keluarga  dalam pendidikan anak pun akan sangat membantu dalam hal ini

  1. Melakukan ibadah bersama

Menurut psikologi agama pun, jika kita melakukan ibadah bersama pasangan akan memperetrat tali cinta kasih diantara kedua pasangan. Sehingga ketennagan iman akan terjaga diantara keduanya, sehingga satu sama lain akan saling mengingatkan mengenai hal yang menuju kebaikan.

Nah, berikut ulasan mengenai cara memupuk rasa cinta di dalam ruamh tangga, dalam hal ini tentu peran diantara kedua pasangan sangatlah penting. masing-masing harus saling mengusahakan dna jangan hanya dari satu pihak saja sehingga nantinya keharmonisan di dalam keluarga agar tetap terjaga, dan dapat menumbumbuhkan kehidupan yang bahagia diantara rumah tangga.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Keluarga