Sponsors Link

13 Cara Menjaga Keharmonisan Persahabatan

Sponsors Link

Memiliki sahabat yang baik tentu saja keinginan semua orang, apalagi yang namanya sahabat biasanya dapat menjaga rahasia kita dengan baik. menjadi sahabat baik untuk sahabat kita tentu bukanlah hal yang mudah, sehingga kita harus bisa menjaga sikap kita dengan baik, agar kehidupan persahabatan kita bisa berjalan dengan harmonis dan berlangsung lama. karena dalam hal ini mencari sahabat itu memang tidaklah mudah.

ads

Apalagi jika sahabat tersebut adalah orang yang benar-benar bisa percayai dan juga bisa menjaga semua rahasia kita. tentu dlaam hal ini membutuhkan usaha dari kedua belah pihak agar mendapatkan sahabat yang baik nantinya.

Mencari sahabat yang bener-benar mengerti kita memang bukan perkara mudah. karena untuk mencari sahabat yang baik, kita pun harus menjadi pribadi yang baik telebih dahulu untuk sahabat kita.

Sehingga nantinya akan terjadi hubungan timbal balik diantara persahabatan anda. untuk menjaga persahabatan agar tetap harmonis pun sama hal nya seperti mencari sahabat baik, karena memang bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. untuk itu dalam artikel ini kita akan memberikan tips mengenai cara menjaga hubungan persahabatan agar tetep harmonis.

  1. Komunikasi

Menjaga komunikasi dengan baik juga akan sangat membantu dalam menjaga keharmonisan diantara hubungan persahabatan. Karena tanpa komunikasi yang baik, hubungan apapun tidak akan berjalan dengan baik. Kita juga perlu menjaga agar yang namanya komunikasi ini tetap terjaga diantara hubungan persahabatan.

  1. Segera minta maaf jika melakukan kesalahan

Mungkin ini terlihat agar sepele, namun dengan minta maaf ternyata dapat mengubah hubungan persahabatan. Dengan pengaruh gaya hidup remaja untuk saat ini, saling gengsi ternyata sudah menjadikan hubungan persahabatan menjadi tidak baik. Sulitnya untuk memafkan dan saling minta maaf diantara hubungan persahabatan malah akan membuat hubungan persahabatan semakin tidak baik. Dan nantinya malah berakhir dengan kerenggangangan hubungan dan malah semakin menjauh.

  1. Menjaga kepercayaan satu sama lain.

Sebagai sahabat yang baik, tentu saja kita harus bisa dipercaya oleh sahabat kita, begitupun dnegan sebaliknya. Sehingga dengan saling menjaga rahasia masing- masing dan menjaga kepercayaan diantara hubungan persahabatan nantinya akan membuat hubungan persahabatan semakin harmonis . hal tersebut juga bisa menjadikan kita belajar mengenai cara menjadi pribadi yang menyenangkan terutama untuk sahabat kita sendiri.

  1. Melakukan quality time bersama

Melakukan liburan bersama pasangan memang seringkali kita lakukan, namun dalam hubungan persahabanatan pun sangatlah penting menjaga kualitas persahabatan dnegan merencanakan liburan bersama sahabat. Karena dnegan quality time tersebut kamu bisa saling mengerti satu sama lain dan juga saling memeberikan kedekatan diantara hubungan persahabatan.


  1. Saling jujur

Hubungan apapun, entah itu hubungan antara pasangan maupun hubungan persahabatan sangat dibutuhkan menanamkan konsep kejujuran di tengah-tengah hubungan persahabatan kalian. Karena dengan cara seperti itu kalian akan mendapatkan hubungan persahabatan yang harmonis.

  1. Menghindari sikap yang jaim.

Sebagai seorang sahabat yang ingin melanggengkan hubungan persahabatannya, tentu kita harus terbuka satu sama lain. Sebaiknya hindari sikap jaim ini. Karena dengan sikap jaim hanya akan menjadikan jarak diantara kalian berdua, dan malah nantinya hubungan persahabatan tidak akan berjalan dengan baik.

  1. Saling pengertian

Sikap saling pengertian juga dibutuhkan diantara hubungan persahabatan. Karena tanpa adanya pengertian ditengah-tengah hubungan persahabatan malah akan menimbulkan perselisihan. Apalagi jika anda dan sahabat pastinya memiliki sifat dan juga sikap yang berbeda. Sikap saling pengertian ini tentu saja akan sangat dibutuhkan agar dapat membuat hubungan persahabatan menjadi lebih harmonis.

  1. Selalu ada di saat penting

Sebagai sahabat yang baik tentu kita tidak ingin melewatkan hal-hal penting yang dijadikan moment oleh sahabat kita. Untuk itu kita pun harus selalu ada buat sahabat kita. Apalagi jika sahabat kita sedang dalam masalah, tentu kita lah orang pertama yang harus menghiburnya.

Meski hanya support melalui chat dan telepon tentu akan sangat menjaga hubungan persahabatan kalian berdua. Apalagi jika hubungan persahabatan kalian termasuk berbeda kota. Sehingga harus mencari cara menjaga persahabatan jarak jauh.

  1. Menjadi pendengar baik

Terkadang seseorang hanya ingin didengar tanpa mendengarkan, hal inilah yang malah akan menghancurkan hubungan persahabatan. Sebagai sahabat yang baik kita harus senantiasa menjadi pendengar yang baik bagi sahabat kita, dan mendengarkan segala permasalahan dan juga memberikan solusi atas apa yang terjadi pada sahabat kita

  1. Bersikap sabar

Di dalam psikologi remaja. Persahabatan merupakan hal terpenting yang harus kita jaga. Karena dengan memiliki sahabat yang baik, kita juga bisa mendapatkan teman yang bisa kita jadikan seseorang saling berbagi cerita. Nah untuk menjaga hubungan persahabatan ini tentu kita harus memiliki sikap yang sabar.

Bukan hanya diri kita saja, namun pada sahabat kita juga tentunya. Karena sikap sabar akan membantu menjaga keharmonisan hubungan persahabatan kalian.


  1. Mengatasi segala permasalahan secepat mungkin

Jika ada kesalah pahaman ataupun masalah lainnya yang mneyangkut hubungan persahabatan kalian, tentu saja dalam hal ini anda harus dapat mengatasinya secepatnya, karena dengan mengatasi masalah dengan cepat akan membuat hubungan kalian tetap terjaga dan utuh. Sehingga nantinya akan menghindari gangguan psikologis remaja.

  1. Menghindari sikap egois

Sikap egois terkadang malah akan membuat sebuah hubungan hancur. Oleh karena itu agar dapat menjaga hubungan persahabatan dnegan baik, sebaiknya anda menghindari yang namanya sikap egois tersbeut. Agar nantinya hubungan persahabatan akan terjalin dengan harmonis dan juga bisa berlangsung lama. karena memiliki sikap egois ini hanya akan merugikan diri kita sendiir nantinya.

  1. Saling menjaga

Sikap saling menjaga satu sama lain tentu akan mempererat hubungan persahabatan. Karena dengan sikap ini juga akan tetap menjaga keharmonisan hubungan persahabatan kalian nantinya. Sehingga harus selalu diterapkan di dalam hubungan persahabatan.

Nah, berikut ulasan mengenai cara menjaga hubungan persahabatn agar tetap harmonis. Tentu yang namanya hubungan persahabatan haruslah dijaga agar hubungan nya dapat terjaga dan berlangsung lama. Mendapatkan sahabat yang baik bukanlah hal yang mudah, untuk itu agar kita mendapatkan sahabat baik, jadikan terlebih dahulu diri kita sebagai orang yang baik, sehingga nantinya akan mendapatkan sahabat yang benar-benar baik pula.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial