Sponsors Link

13 Dampak Psikologis Perselingkuhan Pria dan Wanita

Sponsors Link

Selingkuh merupakan hal yang dianggap amoral atau salah dalam sebuah hubungan. Tak jarang seseorang merasa sengaja melakukan perselingkuhan karena berbagai alasan. Seperti kecewa dengan pasangan, pasangan berubah, tidak berniat selingkuh dan sebagainya. Padahal ada dampak besar terutama dari sisi psikologis jika melakukan perselingkuhan, apa saja ?

ads

baca juga :

1. Malu

Malu merupakan hal pertama yang akan muncul ketika ada yang selingkuh, entah pasangan, orang tua, ataupun orang disekitar kalian. Ketika anda dikhianati maka anda merasa bahwa seolah-olah anda merelakan diri anda sendiri disakiti. Tak jarang korban perselingkuhan menjadi bahan bullyian karena dianggap bodoh, padahal orang lain tidak mengerti bobot masalahnya. Sayangnya hal ini berdampak bukan pada yang melakukan selingkuh saja namun menjadi korbannya.

Padahal seharusnya orang yang melakukan perselingkuhan merasakan hal yang membebani seperti malu dan mencoreng nama baik. Sayangnya, sebagian orang yang berselingkuh tidak mawas diri dan juga sering membiarkan hal tersebut sebagai hal lewat saja.

2. Kekosongan

Kekosongan merupakan dampak kedua jika terjadi perselingkuhan. Dimana biasanya anda merasa bahwa dia merupakan orang yang cukup baik dan sempurna sementara ternyata pasangan anda merasa tidak bahagia bersama anda. Cukup banyak orang yang diselingkuhi menyatakan bahwa mereka langsung tak memiliki emosi apapun. Sebagian mungkin terkaget-kaget ketika mengetahui bahwa mereka tak lagi bisa merasakan perasaan ataupun rasa yang justru menjadi kekosongan.

Baca:

3. Sikap posesif

Posesif adalah salah satu sikap yang akan muncul ketika psikologi seseorang tersakiti atau sesuatu yang memang milik mereka secara resmi direnggut. Trauma bisa menjadi landasan terbesar mengapa posesif terjadi. Tetapi, dalam sebagian kasus sebenarnya perasaan posesif bisa juga muncul secara tiba-tiba. Perasaan ini membuat Anda merasa ingin memiliki pasangan dan menjauhkannya dari pasangan lain ataupun wanita yang memungkinkan untuk merebut pasangan anda.

4. Rasa kesal

Rasa kesal akan menjadi rasa yang paling sering muncul ketika perselingkuhan terjadi. Dampaknya tentu saja anda akan uring-uringan dan kesal serta menganggap bahwa semua hal yang berjalan lancar ternyata berbalik dan tidak benar adanya.  Terkadang  juga hadir emosi yang cukup luas seperti rasa kesal. Sebagai pasangan mungkin Anda hanya ingin mengatakan “kenapa bisa” atau “kenapa anda tidak tahu”. Semua hal tersebut terkemas dalam satu rasa kesal yang memuncak.

5. Lega

Perasaan lega bisa saja muncul setelah anda diselingkuhi. Mungkin ini bukan dampak yang buruk, tetapi bagaimana ini bisa terjadi ? sudah tentu bukan karena anda melakukan hal yang sama juga. Namun, lega karena anda sudah bisa menemukan jati diri pasangan anda yang sesungguhnya. Sehingga anda bisa meninggalkan pasangan dengan baik, memang dampak psikologis yang aneh namun ini banyak terjadi pada sebagian orang yang diselingkuhi.



6. Harga diri

Jika berbicara perselingkuhan maka berbicara mengenai rasa dan juga harga diri. Anda pasti merasa bahwa anda telah merendahkan diri dan mengorbankan keyakinan mendasar demi mendapatkan kembali pasangan Anda. Namun dikhianati dengan perselingkuhan receh yang menyebabkan anda kesal atau lelah. Dampak psikologis ini bertambah terutama jika lingkungan anda tahu.

7. Kebal Perasaan

Dampak psikologis selanjutnya adalah perasaan yang menjadi kebal alias perasaan yang asing kembali dengan rasa cinta dan kasih sayang. Karena kepercayaan yang sudah rusak menyebabkan ia menjadi kebal dan asing dengan perasaan tersebut.

8. Terus Terbayang

Trauma pengkhianatan mengakibatkan wanita tak henti-henti membayangkan kejadian itu. Terlebih, ketika pria yang selingkuh masih mendekati mereka. Sehingga perasaan terus terbayang sebenarnya membuat banyak wanita atau pria yang diselingkuhi menjadi angkuh, sombong, tidak suka didekati dan lainnuya.

9. Menghindari

Setelah diselingkuhi, wanita ataupun pria kesulitan beradaptasi dengan hal-hal yang sebelumnya bisa mereka nikmati. Rasa sakit seolah menarik diri dari aktivitas sehari-hari. Seringkali mengganggu, uring-uringan bahkan hingga hidupnya berantakan. Tak jarang ada yang frustasi dan juga tidak bisa melanjutkan kehidupannya dengan baik karena diselingkuhi.

10. Berpikiran Buruk

Banyak wanita dan pria malu menghadapi orang banyak setelah pasangannya selingkuh. Mereka mulai percaya kalau tindakannya adalah refleksi diri mereka, sehingga mereka seringkali berpikiran buruka atau mungkin mereka merasa terlalu baik pada pasangan.


11. Melakukan Kegiatan

Tak jarang sebagian orang mencoba positif meskipun diselingkuhi bahkan berkali-kali. Untuk menyembuhkan sakit hati karena diselingkuhin, anda harus kembali membangun hidup yang sudah berantakan. Caranya mudah, anda bisa menyibukan diri dengan kegiatan positif dan juga melupakan pengkhianatan. Selain itu jangan mencoba kembali ke si-dia.

12. Sulit Terbuka

Karena hilang kepercayaan terbuka pada pria lain atau pasangan lain atau bahkan wanita lain akan sulit. Apalagi jika anda awalnya adalah orang yang misterius, maka sifat terbuka akan terendam sampai bertemu pasangan yang cocok kembali.

13. Kelainan

Terakhir yang paling seram adalah terjadinya kelainan, tak sedikit yang terjadi karena dampak psikologis perselingkuhan. Karena sakit hati akhirnya wanita menyukai wanita dan jenis lainnya. Jangan sampai hal tersebut terjadi pada anda.

Demikian penjelasan terkait dampak psikologis perselingkuhan baik bagi pria ataupun wanita yang sekarang ini mungkin sedang terlibat perselingkuhan. Semoga memberikan pencerahan dengan adanya informasi ini. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Cinta