Sponsors Link

15 Cara Belajar Efektif menurut Psikologi

Sponsors Link

Setiap manusia memiliki kewajiban untuk belajar. Sejak kita dilahirkan, kita telah dihadapkan dengan kewajiban untuk belajar, sejak belajar untuk makan, berjalan, hingga kita besar kita belajar di sekolah dan juga dari lingkungan sekitar. Belajar memang memiliki arti yang sangat luas, namun kata ‘belajar’ sering diidentikkan dengan kewajiban seorang anak sekolah atau mahasiswa sebagai pelajar di sekolah formal.

ads

Sayangnya, meskipun belajar sebenarnya telah kita lakukan sehari-hari, banyak orang yang masih berasumsi bahwa belajar merupakan hal yang tidak menyenangkan. Mereka kebanyakan menganggap belajar sebagai hal yang tidak menyenangkan. Padahal, anggapan ini justru akan membuat kegiatan belajar menjadi tidak menyenangkan dan kurang efektif. Oleh karena itu, di artikel kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara belajar efektif menurut psikologi.

  1. Rasakan kebutuhan untuk belajar

Rasa kebutuhan untuk belajar akan membuat kita menjadi lebih bersungguh-sungguh dalam belajar. Kesungguhan ini akan membuat kita tidak hanya belajar saat sedang mood saja, melainkan juga belajar di setiap waktu tanpa merasa berat. Dengan demikian, ilmu yang kita pelajari pun akan menjadi lebih mudah meresap ke ingatan kita. (Baca juga: Teori Psikologis Tentang Gangguan Mood Pada Manusia)

  1. Belajar dimanapun yang kita suka

Memilih tempat belajar yang disukai tentu akan membuat kita senang dan merasa nyaman untuk belajar. Dengan memilih tempat yang nyaman, kita turut membantu menata mood kita menjadi lebih baik sehingga belajar pun menjadi lebih menyenangkan dan efektif.

  1. Cicil pelajaran sedikit demi sedikit

Jangan belajar terlalu banyak pelajaran dalam satu waktu. Sebaiknya, Anda mencicil pelajaran sedikit demi sedikit. Maka dari itu, ada baiknya jika kita belajar setiap hari, misalnya dengan mengulang kembali pelajaran yang kita terima di hari tersebut. Cara ini tentu lebih efektif dibandingkan kita mempelajari semua pelajaran dalam waktu yang singkat, biasanya saat menjelang akan ujian sekolah. Belajar dengan ‘sistem kebut semalam’ hanya akan menimbulkan tekanan secara psikologis sehingga ilmu pun akan sulit kita serap dengan baik. (Baca juga: Cara Kerja Psikologi Pendidikan)

  1. Bagi waktu belajar

Ada baiknya Anda membuat jadwal belajar dan target untuk menentukan kapan Anda harus bisa menguasai pelajaran tersebut. Dengan membuat jadwal dan membagi waktu belajar, kegiatan belajar Anda akan menjadi lebih terstruktur dan rapi serta sesuai dengan ekspektasi Anda di awal.

  1. Berdiskusi

Setiap orang memang memiliki style belajar sendiri. Ada orang yang menyukai belajar sendiri di tempat sepi, namun ada juga orang yang lebih menyukai belajar berkelompok dan beramai-ramai. Jika Anda masih belum mengetahui style belajar Anda, tidak ada salahnya Anda mencoba untuk berdiskusi dengan teman untuk bertukar pikiran dan materi pelajaran. Jika Anda merasa nyaman dan lebih mudah memahami materi, maka berdiskusi dengan teman bisa menjadi cara belajar efektif untuk Anda.

Sponsors Link

  1. Cari cara yang membantu konsentrasi

Berkaitan dengan poin sebelumnya, gaya belajar setiap orang berbeda-beda. Jika Anda merupakan penikmat music dan merasa lebih mudah untuk fokus dengan diiringi musik, jangan ragu untuk belajar sambal mendengarkan musik. Hal ini biasanya efektif jika Anda sedang berlatih mengerjakan soal-soal pelajaran, bukan pada saat menghafalkan pelajaran. (Baca juga: Cara Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak)

  1. Pahami, jangan hanya menghafalkan

Sistem belajar mengajar saat ini lebih sering memfokuskan pada hafalan saja, bukan pada pemahaman siswa. Padahal, sekedar menghafalkan peelajaran hanya akan efektif untuk ujian atau waktu jangka pendek. Dalam jangka panjang, ilmu yang dihafalkan hanya akan mudah untuk dilupakan dan tidak meninggalkan manfaat apapun.

Baca juga:

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika kita memahami ilmu yang sedang kita pelajari alih-alih hanya menghafalkannya. Dengan memahami ilmu tersebut, ilmu tersebut akan membekas dalam ingatan kita dan kita bisa kembali memunculkan ilmu tersebut dalam ingatan saat dibutuhkan.

  1. Jangan malu bertanya

Jangan segan untuk bertanya jika kita tidak memahami sesuatu atau mengalami kebuntuan dalam suatu ilmu. Kita belajat karena kita memang belum tahu tentang ilmu tersebut, jadi tidak ada alasan untuk malu bertanya karena takut dicap sebagai orang bodoh.

  1. Coba terus meski gagal

ads
Kegagalan merupakan bagian dari pembelajaran. Tidak ada belajar yang benar jika tanpa melalui kegagalan. Bahkan, kegagalan dianggap sebagai cara belajar yang efektif karena kita mengalami sendiri penyebab dari kegagalan dan mengingatnya sebagai pembelajaran untuk tidak lagi mengulangi hal tersebut.

Jika Anda mengalami kegagalan, cobalah kembali menggunakan cara kerja yang lain hingga Anda bisa berhasil melakukan apa yang Anda inginkan. Inilah cara belajar yang benar-benar efektif bisa membuahkan hasil yang baik.

  1. Sukai mata pelajaran

Menyukai mata pelajaran atau hal yang sedang dipelajari akan sangat berpengaruh terhadap keefektifan dan keberhasilan belajar kita. Dengan kita menyukai pelajaran atau ilmu tersebut, kita akan lebih bersemangat untuk menerima dan menyerap ilmu yang didapat. Hal ini berbeda jika kita merasa tidak suka belajar mata pelajaran itu. Tidak menyukai suatu pelajaran hanya akan membuat kita merasa terpaksa untuk belajar dan tentu hasil dari belajar yang seperti ini akan tidak optimal. (Baca juga: Macam-macam Teori Belajar Dalam Psikologi)

  1. Manfaatkan fasilitas yang tersedia

Di zaman sekarang, fasilitas belajar yang tersedia tidak hanya berupa buku pelajaran atau buku kumpulan soal dari sekolah. Kini, kita bisa belajar dari internet, video, hingga televisi yang menyediakan tayangan edukatif. Manfaatkan semua fasilitas ini sebagai pendukung proses belajar Anda. Biasanya, materi pelajaran yang disediakan di internet, video atau tayangan edukasi telah dikemas semenarik dan sesederhana mungkin sehingga kita akan lebih tertarik dan mencerna materi yang diberikan.

  1. Membuat review atau peta materi

Cobalah untuk memetakan materi yang sedang dipelajari, misalnya dengan membuat peta konsep atau overview dari semua materi yang sedang dipelajari. Membuat review juga akan memudahkan kita untuk memahami intisari dari ilmu yang sedang dipelajari. Selain materi yang kita buat tersebut bisa menjadi bahan belajar yang lebih simple, sembari membuat review atau peta konsep kita juga membaca dan menulis materi yang kita pelajari. Kegiatan ini tentu akan sangat mendukung cara belajar kita menjadi lebih efektif. (Baca juga: Metode Belajar Dalam Psikologi Pendidikan)

  1. Buat kesimpulan

Cobalah untuk menarik kesimpulan dari materi yang sedang dipelajari. Hal ini akan menunjukkan apa saja output dari kegiatan belajar kita dan kita bisa membaca kesimpulan ini berulang kali untuk membuat ilmu semakin tertanam di otak kita.

  1. Coba latihan soal

Mengerjakan latihan soal atau uji coba memecahkan masalah sesuai materi yang sedang dipelajari akan membantu kita mengukur sejauh mana pemahaman kita atas materi tersebut. Dengan demikian, kita bisa menilai di bagian mana kita harus meningkatkan belajar dan bagian mana kita telah menguasainya.

  1. Berdoa

Belajar merupakan usaha kita untuk menjadi seseorang yang pintar dan berguna. Namun, tidak ada usaha yang sempurna tanpa diiringi doa. Oleh karena itu, jangan lupa untuk berdoa sebagai pelengkap usaha kita dan membuat ilmu yang kita dapat menjadi berkah dan bermanfaat. (Baca juga: Contoh Pendekatan Psikologis Dalam Studi Islam)

Selamat mencoba!

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :