Sponsors Link

13 Alasan Orang Sulit Memaafkan Sebuah Kesalahan Menurut Psikologi

Sponsors Link

Di dalam kehidupan bermasyarakat memang dibutuhkan namanya rasa saling menghargai, menghormati satu sama lain dan yang terpenting memiliki rasa mudah memaafkan. Mungkin kata yang terakhir ini memang lebih sulit untuk dilakukan. Karena seperti kita ketahui setiap orang memiliki alasannya tersendiri untuk bisa memaafkan atau tidaknya seseorang di dalam hidupnya. Dalam kehidupan sosial kita membutuhkan yang namanya kesesuaian di dalam setiap individu. Hal tersebut ditunjukan dengan mudahnya psikologis sosial di dalam kehidupan kita sehari- hari.

ads

Meminta maaf dan memaafkan memang merupakan hal yang bisa merubah segala sesuatunya menjadi jauh lebih baik, tapi sayangnya saat ini masih banyak juga orang- orang yang merasa kesulitan untuk bisa memaafkan orang yang ada di kehidupannya. Hal tersebut kemungkinan karena adanya masalah yang memang terasa berat untuk dilupakan, bahkan tidak jarang menimbulkan trauma juga bagi mereka yang akhirnya menjadi alasan orang sulit memaafkan.

Lalu Mengapa seseorang menjadi jauh lebih sulit untuk memaafkan? Biasanya hal tersebut juga di latar belakangi dengan sulitnya kita menerima perlakukan seseorang, atau bisa juga merupakan faktor psikologis tingkah laku manusia. sehingga membuat kita tidak pernah berpikir untuk bisa memaafkannya dengan begitu saja. Perlu dilakukan proses dan juga waktu. Rasa kecewa yang teramat dalam juga biasanya menjadi salah atau alasan Mengapa seseorang sulit untuk memaafkan orang lain, padahal jika kita telusuri meminta maaf dan memaafkan merupakan sebuah hal yang sangat mulia dan belum tentu bisa dilakukan semua orang. Nah berikut beberapa penjelasan mengenai hal apa saja yang menjadi alasan orang sulit memaafkan.

1. Kecewa terlalu dalam
Kecewa merupakan hal yang bisa membawa seseorang pada rasa marah yang suit untuk diungkapkan, bahkan rasa kecewa yang terlalu dalam juga bisa mengakibatkan seseorang sulit sekali untuk bisa memaafkan orang yang sudah mengecewakannya. Hal ini juga bisa menimbulkan trauma yang amat dalam pada diri seseorang, sehingga untuk bisa memaafkan orang yang mengecewakannya membutuhkan banyak waktu dan juga sebuah proses yang harus dijalani.

2. Selalu mengingat kesalahan orang lain

Hal yang satu ini tentu sudah sangat sering terjadi di kehidupan kita, saat kita selalu mengingat kesalahan orang lain pada diri kita, hal tersebut akan mengecilkan hati, dan membuat kita sulit untuk memaafkan orang lain. Misalnya saja seseorang yang memiliki kesalahan yang cukup fatal, meskipun hal tersebut sudah berlangsung cukup lama, namun saat kita mengingat secara terus menerus kesalahan orang tersebut akan membuat kita sulit untuk memaafkan orang tersebut.

Baca juga :

3. Tidak ada niat
Niat merupakan poin terpenting dalam memaafkan orang lain, percuma saja jika kita selalu ingin berusaha memaafkannya tapi jika niat sudah tidak ada akan membuat kita kesulitan untuk memaafkan orang lain tersebut. hal ini juga bisa berdampak pada diri kita yang akan terus dihantui rasa kecewa dan juga marah pada orang tersebut. karena seperti kita ketahui yang namanya niat biasanya memang bertentangan dengan hal yang kita lakukan. Untuk itu pahami dulu apa yang terjadi pada diri kita.


4. Keputusan
Ada sebagian orang yang lebih mudah untuk memaafkan namun ada juga beberapa orang yang sudah memiliki keputusan terhadap tindak tanduk dan juga hal yang akan dilakukannya. Pada kasus ini seseorang yang sulit memaafkan orang lain biasanya sudah memiliki keputusannya sendiri. Orang tersebut biasanya memiliki keputusan yang yang telah diyakininya dan dipercaya oleh dirinya untuk tidak akan pernah memaafkan orang tersebut. untuk itu sebaiknya kita lebih Mengurangi sifat yang tidak baik ini.

5. Mengubah pandangan masalah

Setiap orang memiliki pandangan atau cara berpikir yang berbeda-beda. Bahkan dalam hal ini cara pandang yang dilakukannya pun akan berbeda- beda. Sehingga pandangan seseorang yang membawanya pada sebuah kejadian yang memang dianggap oleh dirinya terlalu menyakitkan akan membawa kepada pribadi yang berbeda. Bahkan cara pandangnya ini akan berbeda dengan cara pandang orang lain. Dimana akan sangat membuat nya lebih sulit untuk memaafkan orang yang sudah membuat sebuah kesalahan pada dirinya.

Baca juga :

6. Rasa yang terlalu dalam
Perasaan yang terlalu dalam nyatanya bisa membuat kita lebih sulit untuk memaafkan orang lain. Seperti misalnya ketika kita berpikir mengenai hal- hal yang menjadikan rasa terlalu dalam pada seorang tersebut. sehingga hal ini akan lebih sulit membuatnya memaafkan orang tersebut.

7. Terlalu mengharapkan lebih
Seseorang yang terlalu mengharapkan lebih pada orang lain bisa jadi ketika dirinya terpuruk akan jauh lebih sulit untuk memaafkan. Hal ini juga bisa dijadikan alasan Mengapa seseorang terlihat sulit memaafkan orang lain. Apalagi untuk anda yang sudah berharap lebih pada pasangan dan ketika terjadi dikecewakan akan membuat diri kita jatuh terlalu dalam. Hal ini akan membuatnya kecewa terlalu besar, sehingga membuatnya sulit untuk memaafkan orang lain.

8. Keadaan emosi
Emosi yang terlalu lama juga bisa menyebabkan seseorang lebih sulit untuk memaafkan. Biasanya hal tersebut bisa menimbulkan perasaan sulit memahami, rasa kecewa dan juga amarah, yang pada akhirnya akan membuat kita menjadi lebih sulit untuk memaafkan orang lain. dalam hal ini juga bisa terlihat seperti ciri- ciri emosi di dalam psikologi yang cukup parah.


9. Harga diri
Di dalam teori harga diri di dalam psikologi manusia, Seseorang yang menganggap harga dirinya adalah segala- galanya bisa saja bersifat angkuh dan menjadi sulit memaafkan orang lain, sehingga apabila kita lihat seseorang yang memiliki harga diri yang dianggapnya tinggi akan semakin sulit juga orang tersebut untuk bisa memaafkan orang lain. Meskipun orang tersebut sudah berkali- kali meminta maaf.

10. Melanggar prinsip
Prinsip pada beberapa orang ada juga yang menganggapnya sebagai sesuatu yang harus dijalani dan dilakukan. Seseorang yang berprinsip jika ada kesalahan yang membuatnya marah atau kecewa. Dan dia memutuskan untuk tidak akan pernah memaafkan orang tersebut. padahal sikap tersebut sangat amat tidak baik.

11. Arogansi diri
Arogansi merupakan salah satu sifat buruk yang dimiliki manusia, sifat ini lah yang biasanya tidak ingin menyamakan orang lain dengan dirinya, sehingga sifat ini malah akan membawa seseorang sulit untuk bisa memaafkan orang lain.

12. Selalu curiga

Sikap selalu curiga juga bisa membuat seseorang sulit untuk memafkan orang lain, karena yang ada dipikirannya bahwa seseorang yang meminta maaf pasti ada ada hal buruk yang akan dilakukannya setelah diberikan maaf, ada juga yang mengatakan bahwa cara meminta maaf yang tidak tulus, sehingga akan membuat seseorang sulit untuk memaafkan.

13. Terlalu sering melakukan kesalahan

Hal yang satu ini juga bisa membuat seseorang sulit memaafkan, dimana orang tersebut sudah terlalu sering melakukan kesalahan, sehingga sudah tidak ada celah lagi untuk memaafkan orang tersebut.

Begitulah alasan orang sulit memaafkan kesalahan orang lain. Semua bergantung pada setiap individu dalam menyikapinya.

Sponsors Link
, ,




Oleh :
Kategori : Gangguan Psikologi