Sponsors Link

Gangguan konsep diri

Sponsors Link

Gangguan konsep diri adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami kondisi pembahasan perasaan, pikiran atau pandangan dirinya sendiri yang buruk atau buruk.

ads

Proses Terjadinya Gangguan konsep diri

Gangguan konsep diri ditandai dengan masalah sosial dan ketidakmampuan untuk melakukan dengan penyesuaian diri (maladjustment). Gangguan konsep diri adalah penilaian pribadi terhadap hasil yang dicapai dengan menganalisa seberapa jauh perilaku memenuhi ideal diri (Stuart and Sundeen, 1991). Frekuensi pencapaian tujuan akan menghasilkan gangguan konsep diri

yang rendah atau gangguan konsep diri yang tinggi. Jika seseorang sering gagal , maka cenderung gangguan konsep diri rendah. Gangguan konsep diri diperoleh dari diri sendiri dan orang lain. Gangguan konsep diri bergantung pada kasih sayang dan penerimaan. Biasanya gangguan konsep diri sangat rentan terganggu pada saat remaja dan usia lanjut. Dari hasil riset ditemukan bahwa masalah kesehatan fisik mengakibatkan gangguan konsep diri rendah.

Cara Mengatasi Gangguan konsep diri

  • Tentukan jenis gangguan konsep diri buruk yang Sobat miliki

Pertimbangkan ulang jenis gangguan konsep diri buruk yang paling umum untuk membantu Sobat menentukan apa kategori gangguan konsep diri tersebut. Kenali jenis jenis gangguan konsep diri yang Sobat miliki dan tuliskan label tersebut di dalam catatan gangguan konsep diri. (Baca juga mengenai karakteristik mental yang sehat)

  • Ubah gangguan konsep diri buruk saat muncul

Untuk mulai menggunakan self talk baik, hindari biarkan gangguan konsep diri buruk terjadi tanpa mengubahnya menjadi sesuatu yang baik. Proses itu mungkin terasa canggung pada awalnya, tetapi seiring waktu akan menjadi lebih mudah, dan Sobat akan mulai mengembangkan gangguan konsep diri yang lebih baik. Kali berikutnya gangguan konsep diri buruk muncul, ubahlah menjadi baik. (Baca juga mengenai cara meningkatkan sifat adil)

  • Akui bahwa gangguan konsep diri buruk itu tidak nyata

Sobat dapat mengatasi gangguan konsep diri buruk dengan mengakui bahwa gangguan konsep diri tersebut tidak mencerminkan  pribadi Sobat dan bahwa gangguan konsep diri tersebut hanyalah gangguan konsep diri. Saat gangguan konsep diri buruk muncul, ulangi kepada  pribadi sendiri dengan lantang. Saat menyuarakan gangguan konsep diri tersebut, pastikan Sobat melabelinya sebagai sebuah gangguan konsep diri. (Baca juga mengenai cara meningkatkan semangat kerja)

  • Alihkan perhatian  pribadi dengan kegiatan baik

Tetap sibuk memberi Sobat lebih sedikit waktu untuk merenungkan gangguan konsep diri dan juga dapat mengingatkan  pribadi pada hal hal yang Sobat nikmati. Carilah kegiatan yang Sobat nikmati atau cobalah sesuatu yang baru. (Baca juga mengenai cara meningkatkan harga diri)

  • Gunakan peneguhan baik harian yang menyemangati  pribadi

Peneguhan harian yang baik dapat membantu mengatasi emosi buruk yang sering kali menyertai gangguan konsep diri buruk. Ambillah waktu beberapa saat setiap hari untuk menatap  pribadi di cermin dan mengatakan sesuatu yang menyemangati  pribadi. Sobat dapat mengatakan sesuatu yang Sobat percayai tentang  pribadi sendiri atau sesuatu yang ingin Sobat percayai tentang  pribadi sendiri. (Baca juga mengenai cara meningkatkan wibawa dan kharisma)

  • Maafkan pribadi sendiri saat Sobat melakukan kesalahan

Memaafkan  pribadi sendiri, seperti halnya memaafkan teman, merupakan bagian penting dalam pelajaran mengenai cara mengatasi gangguan konsep diri buruk. Jika memiliki gangguan konsep diri buruk yang berasal dari kesalahan yang Sobat buat, pelajari cara memaafkan  pribadi sendiri. Salah satu cara yang dapat Sobat mulai untuk membungkam kritik pribadi adalah dengan mempelajari cara memaafkan  pribadi sendiri saat melakukan kesalahan, sama seperti Sobat memaafkan seorang teman dekat.


  • Ucapkan selamat kepada  pribadi sendiri atas kemenangan kemenangan kecil

Cara lain untuk melawan gangguan konsep diri buruk adalah dengan mengucapkan selamat kepada  pribadi sendiri saat berhasil melakukan sesuatu yang baik, dan ingatkan  pribadi akan hal hal yang telah berhasil Sobat lakukan dengan baik di masa lalu. Sesekali mengakui keberhasilan  pribadi akan membantu Sobat tetap fokus pada aspek aspek baik dari  pribadi Sobat, serta menghentikan gangguan konsep diri dan perasaan buruk.

  • Cari seorang psikolog

Jika sobat merasa diselimuti berbagai pengalaman buruk, mungkin sobat akan memperoleh banyak manfaat dengan berbicara kepada seorang psikolog, selain melatih berpikir baik. Carilah seorang konselor yang terlatih dalam hal Terapi gangguan konsep diri. konselor tersebut bisa membantu melatih sobat untuk berpikir baik.

Cara Mencegah Gangguan Konsep Diri

  • Ubah yang buruk menjadi baik

Hanya ada sedikit situasi yang benar benar bagus atau benar benar buruk. Mencari hal baik dalam situasi yang membingungkan akan membantu membuat pengalaman buruk terkesan tidak terlalu parah. Jika akan mendapati diri sendiri mulai memikirkan pikiran buruk, segera hentikan dan pertimbangkan suatu aspek baik.

  • Mulailah hari  sobat dengan memikirkan 5 hal baik

Tidak perlu hal hal yang melambung tinggi atau ambisius. Bisa jadi itu berupa hal sederhana seperti aroma secangkir kopi atau alunan lagu favorit sobat. Memikirkan berbagai hal tersebut dan mengucapkannya keras keras berarti  sobat memulai setiap hari dengan fokus pada hal baik. Ini akan menjadi hal yang menyemangati sisa hari  sobat sehingga hal buruk akan sukar berkembang

  • Nikmati hari  sobat

Kendati mungkin  sobat sibuk, hal hal kecil bisa membuat  sobat tetap bersemangat tinggi dan memberi sedikit alasan bagi pikiran  sobat untuk terseret pada kebiasaan kebiasaan buruk. Hindari memikirkan segala sesuatu terlalu serius. Bersikaplah rileks, tertawa, dan tersenyum. Manfaatkan kesempatan untuk bersosialisasi dan kelilingi diri  sobat dengan orang orang yang memberi dukungan baik.

  • Kendalikan lingkungan  sobat

sobat bukannya tidak berdaya terhadap pikiran pikiran  sobat. Jika  sobat tidak bahagia dengan sesuatu, ubahlah. Bermain musik, memakai baju berlapis sedemikian rupa sehingga  sobat tidak terlalu hangat atau terlalu dingin, dan menyesuaikan lampu adalah beberapa cara  sobat bisa memberdayakan diri untuk mengatasi rasa tak berdaya yang diasosiasikan dengan stres.

  • Longgarkan kepenatan dan bersantailah di petang hari

Cari tempat yang tenang dan nyaman, lalu sisihkan waktu untuk bersantai. Secara mental tinjau hari  sobat dan identifikasi lima hal yang  sobat alami. Ucapkan satu hal baik keras keras atau tulis dalam sebuah catatan.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, jangan lupa untuk selalu berfikir positif tentang diri sendiri ya sobat, sebab kebaikan dan keburukan dalam hidup berawal dari pikiran diri kita sendiri, sampai jumpa di artikel berikutnya, terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi