Sponsors Link

Manfaat dan Tujuan Belajar Psikologi Klinis

Sponsors Link

Pernahkah anda mendengar istilah psikologis klinis, nah, psikologis klinis itu sebenarnya apa sih? Apabila diartikan, psikologi klinis merupakan sebuah ilmu yang di dalamnya berkaitan dengan bidang terapan psikologi, atau psikologi terapan selain adanya psikologi pendidikan dan juga industri serta juga organisasi. Dalam psikologi klinis juga kita menggunakan sebuah konsep dan juga sebuah terapi psikologi abnormal, psikologi perkembangan dan juga psikologi kepribadian. Selain itu di dalamnya juga terdapat sebuah prinsip dalam assesment dan juga intervensi.

ads

Adanya sebuah konsep dan juga prinsip yang memang diberlakukan inilah yang bisa membuat kita jauh lebih paham mengenai hal- hal yang berkaitan dengan sebuah bantuan yang di dalamnya terdapat masalah psikologis. Hal ini jugalah yang di dalamnya memberikan kita sebuah penyesuaian diri dan juga adanya tingkah laku yang abnormal. Untuk pengukuran psikologis juga tidak jarang menggunakan objek psikologis tertentu dan juga memperhatikan fungsi teori dalam pengukuran psikologis.

Diantara Beberapa Istilah Psikologis dan Pengertiannya:

• Secara sempit etika dalam praktik psikologi klinis merupakan sebuah tugas yang mempelajari orang abnormal dan juga subnormal. Di dalamnya menggunakan sebuah tes pada bagian sisi integral dan juga sebuah pemerikasaan yang dilakukan didalam sebuah rumah sakit.

• Apabila diartikan secara luas, psikologi klinis merupakan sebuah bidang psikologis yang di dalamnya membahas dan juga mempelajari sebuah kesulitan dan juga rintangan adanya emosional pada diri manusia. Dalam hal ini juga tidak memandang apakah subnormal dan juga abnormal.

Menurut Phares (1992)

Psikologi klinis ini menunjukan sebuah bidang yang didalamnya membahas sebuah kajian diagnosis dan juga sebuah penyembuhan (treatment) adanya masalah psikologis ini juga bisa berhubungan dengan sebuah gangguan dan juga tingkah laku yang abnormal. Sehingga kita juga sudah bisa melihat adanya sebagai terapi yang dilakukan untuk bisa mengatasi hal yang berkaitan dengan masalah psikologis, perilaku abnormal dan juga gangguan dalam melakukan penyesuaian diri. Jika kita membahas mengenai hal- hal yang berkaitan dengan psikologi klinis, sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan, diantaranya:

1. Dapat Mengetahui Karakteristik Seseorang

Bagian seseorang yang memang mempelajari ilmu psikologi memang sangatlah penting untuk bisa lebih paham dan juga mengetahui mengenai karakteristik seseorang, dimana dalam karakteristik ini memang biasanya menggunakan tes psikologi dan juga merupakan sebuah kelebihan yang bisa kita lakukan dan juga diterapkan pada diri seseorang. Untuk penerapannya sendiri sudah pernah kita bahas mengenai adanya sebuah gambaran dalam sebuah perusahaan yang biasanya memang menggunakan cara tes psikologis klinis untuk bisa mengetahui karakter orang atau calon karyawannya. Sehingga hal ini juga seringkali bisa kita lihat pada sebuah teori psikologi kepribadian.

2. Mendapatkan Sebuah Ilmu yang Baru
Manfaat lainnya adalah kita bisa mendapatkan sebuah pengetahuan atau ilmu yang baru, salah satunya hal yang berkaitan dengan amnesia dan juga karakter yang dimilikinya. Sehingga tes psikologi yang satu ini memang bisa lebih dikaji secara dalam lagi.

3. Mengetahui Lebih Dalam Mengenai Kebiasaan Seseorang

Manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan adalah dengan lebih paham dan juga mengetahui kebiasaan seseorang. Sebenarnya dalam perlakukan psikologi klinis ini biasanya dilakukan sebuah gambaran yang bisa melihat kebiasaan seseorang, hal ini juga berkaitan erat dengan pengertian dari psikologi itu sendiri, dimana di dalamnya kita akan mempelajari banyak hal mengenai tingkah laku, dan juga kebiasaan yang bisa dengan mudah diidentifikasikan dengan menggunakan bermacam macam tes yang dilakukan. Dalam hal ini juga akan jauh lebih mudah untuk melihat reaksi seseorang ketika menghadapi reaksi dari sebuah permasalahan. Dalam pendekatan yang dilakukan juga bisa bersifat anamnesis.


4. Memiliki Manfaat Dalam Persiapan Konseling

Saat seseorang tengah melakukan konseling biasanya akan diberikan tes terlebih dahulu untuk bisa mengetahui karakteristiknya. Karena para ahli psikologis ini juga akan meminta seseorang tersebut melakukan serangkaian tes dan juga pada akhirnya akan bisa mencocokkan hal apa saja yang kita temui dan juga data yang sudah dihasilkan akan mengerahkan kita sebuah proses konseling.

5. Akan Membantu Dalam Proses Mediasi

Manfaat umum lainnya adalah bisa membantu dalam proses mediasi yang dilakukan. Perlu kita ketahui juga adanya proses mediasi ini dilakukan untuk bisa menengahi sebuah masalah, dan juga melakukan identifikasi yang tepat. Dengan psikologis klinis nantinya bisa dilakukan introspeksi pada dirinya sendiri dan juga masalah yang berkaitan serta dengan dirinya. Sehingga hal ini jugalah yang akan membuat seseorang jauh lebih nyaman dan tidak akan merasa terintimidasi.

6. Menemukan Sebuah Masalah

Adanya tes psikologi klinis juga layaknya cabang-cabang psikologi lainnya yang bisa membantu seseorang menemukan akar permasalahan, dimana tes yang tengah dilakukan ini bisa kita identifikasi dan juga melakukan pemecahan masalah yang dilakukan.

7. Dapat Mengukur Kemampuan

Dalam berbagai tes masuk sekolah atau ujian masuk sebuah sekolah dan perguruan tinggi, biasanya dilakukan juga tes psikologi klinis yang satu ini, dimana untuk manfaatnya sendiri kita bisa melihat seberapa besar kemampuan seseorang tersebut dan pada bagian jurusan apa saja orang tersebut lebih bisa paham dan juga menguasai hal tersebut sehingga dilakukan serangkaian tes psikologi.


8. Nilai Motivasi yang Tinggi

Manfaat lainnya yang cukup besar dan sangat berguna adalah dengan psikologi klinis kita bisa melihat dan juga menilai motivasi pada diri seseorang. Sebuah motivasi umumnya dilakukan dengan banyak hal, salah satunya melalui bidang psikologi klinis. Tingkat kemauan seseorang ini nyatanya bisa dilakukan dengan kumpulan tes psikologi. Salah satunya bidang tes psikologi klinis yang satu ini, agar nantinya bisa dilakukan sebuah perkembangan ilmu psikologis lainnya yang lebih positif.

Dalam psikologi klinis juga dilakukan pendekatan holistik yang bisa mengungkapkan bahwa diri seseorang ini memiliki sakit fisik dan juga sakit mental, karena bisa disebabkan hubungan respirokal diantara aspek fisik dan juga mental seseorang. Apalagi hal- hal yang berkaitan dengan sebuah ketegangan emosi, tentunya bisa diselesaikan dan dicari akar permasalahannya juga melalui psikologis klinis yang satu ini. Apalagi yang namanya masalah psikologis juga bisa dalam banyak bentuk, diantaranya keluhan fisik juga. Ketahui pula macam-macam riset dalam psikologi pendidikan yang sangat bermanfaat dalam membantu pengembangan pendidikan. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Klinis