Sponsors Link

Pengertian dan Beberapa Ciri-ciri Orang yang Menderita Hypomania

Sponsors Link

Gangguan jiwa dan gangguan mental pada umumnya memiliki perbedaan yang cukup mudah dilihat. Ada beberapa jenis gangguan jiwa dan juga gangguan mental yang sangat mudah kita temui di lingkungan sehari- hari. Salah satunya adalah gangguan hypomania. Sebenarnya apa sih gangguan hypomania itu? Gangguan hypomania merupakan salah satu gangguan dengan tanda-tanda stress yang akan berkaitan dengan suasana hati seseorang, dimana seseorang pengidapnya akan jauh lebih aktif dan memiliki semangat yang berlebihan. Suasana hati penderita hypomania memang tidak bisa dengan mudah kita tebak. Karena ada saat juga dimana orang tersebut akan mendadak murung dan diam seolah nampak seperti orang yang tengah terkena gangguan depresi. Namun gangguan mental yang satu ini juga bukan termasuk gangguan mental yang tidak dapat disembuhkan.

ads

Penyakit gangguan hypomania biasanya berkaitan erat dengan seseorang yang memiliki gangguan seperti sulit merasa semangat dan tidak memiliki tenaga, kurangnya waktu tidur dan juga bisa seolah seperti sangat aktif dan bersemangat melebihi orang lain. meskipun bukan termasuk gangguan mental yang paling berbahaya namun perlu kita perhatikan juga dengan rutin, Hal ini juga dikarenakan jenis gangguan ini disebabkan oleh gangguan bipolar. Umumnya kebanyakan orang sering mengalami yang namanya emosi atau memiliki perubahan suasana hati yang cukup cepat, namun bagi seseorang yang terkena bipolar umumnya akan memiliki suasana hati yang lebih cepat berubah.

Sebenarnya hypomania itu sendiri merupakan perubahan bentuk dari gejala bipolar yang jauh lebih ringan dan juga tidak begitu ekstrem, meskipun begitu ada juga hal- hal yang mengalami adanya perubahan tersebut dikarenakan sesuatu hal yang memang berbeda dari yang biasanya. Adanya kondisi seperti ini juga akan membuat pasien kesulitan melakukan perubahan atas hal- hal yang terjadi pada dirinya.

Adapun ciri- ciri seseorang yang terkena hypomania diantaranya:

• Memiliki Energi yang Berlebih
Ketika seseorang terkena gangguan hypomania tubuhnya akan terasa sangat berenergi dan juga bersemangat yang lebih banyak lagi, hal ini juga bisa terjadi meskipun orang tersebut tidak memiliki tidur yang banyak sekalipun.

• Bicara Jauh Lebih Banyak
Ciri- ciri lainnya yang akan kita bisa lihat diantaranya orang tersebut akan lebih cerewet dan juga lebih banyak bicara daripada waktu lainnya. bahkan untuk penderitanya sendiri biasanya biasanya akan jauh lebih mudah bercerita dari satu topik ke topik yang lainnya, dan selalu melakukan lelucon yang terus menerus dan juga tanpa henti.

• Selalu Melakukan Aktivitas Diluar Kebiasaanya
Salah satu ciri lainnya yang akan jauh lebih mudah terlihat adalah orang tersebut selalu melakukan aktivitas maupun kegiatan yang memang di luar dari kebiasaannya. Bahkan hal- hal yang dilakukannya tersebut tidak jarang memiliki resiko yang cukup berbahaya. Salah satunya menjadi lebih rajin dari yang biasanya.

• Memiliki Rasa Percaya Diri yang Berlebihan
Memang ada beberapa gangguan mental yang membuat seorang penderitanya menjadi tidak percaya diri, namun berbeda dengan seseorang yang terkena hypomania, dimana seseorang tersebut memiliki kepercayaan diri yang terlalu berlebihan, bahkan bisa dikatakan sangat tinggi. Orang tersebut pun tidak jarang selalu menyombongkan mengenai apa yang menjadi kehebatannya.

Memiliki Hasrat Seksual yang Tinggi
Seorang penderita hypomania juga bis dilihat dari yang memiliki hasrat seksual yang sangat tinggi. Bahkan lebih parahnya lagi orang tersebut juga tidak jarang selalu melakukan sebuah hubungan seks yang sangat memiliki resiko.

• Memiliki Keinginan Berbelanja Dengan Sangat Gegabah.
Seseorang yang terkena penyakit hypomania juga bisa ditunjukkan dengan selalu menghabiskan uangnya untuk sesuatu yang tidak penting. Misalnya menghabiskan uang untuk berpergian atau membeli kendaraan yang sebenarnya tidak terlalu dia butuhkan.

• Orang Tersebut Selalu Aktif
Ciri lainnya yang bisa kita lihat dari penderita hypomania adalah orang tersebut memiliki kebiasaan yang tidak biasa atau terlalu aktif dan juga tidak bisa diam.


Nafsu Makan Menjadi Meningkat
Ciri lainnya yang bisa terlihat adalah orang tersebut memiliki nafsu makan yang berlebihan dan tidak bisa dikontrolnya.

• Moody
Sebenarnya ciri yang satu ini akan bisa kita ketahui secara langsung ketika melihat seseorang terkena hypomania, dimana dirinya memiliki mood yang selalu berubah- berubah, atau gangguan mood dalam psikologi. Seseorang penderitanya bisa tiba- tiba merasakan kesenangan atau bahagia dalam jangka waktu lama, namun tidak jarang tiba- tiba juga merasa sedih seperti layaknya orang yang tengah dalam keadaan depresi.

• Sangat Mudah Tersinggung
Ciri lainnya yang jauh lebih mudah kita lihat adalah sifatnya yang terlalu mudah tersinggung. Bahkan jika kita membicarakan topik yang menurut kita biasa saja, namun bisa saja menurut seseorang yang terkena hypomania ini sangat mengganggunya, sehingga tidak jarang juga orang tersebut akan mudah tersinggung dengan apa yang kita katakan.

• Melupakan Jadwal atau Rutinitasnya.
Ciri lainnya yang bisa kita lihat adalah seseorang yang terkena hypomania ini memang seringkali melupakan jadwal rutinitasnya yang biasa dilakukannya sehari- hari. Misalnya saja melupakan sekolah bahkan melupakan pekerjaannya. Karena kebanyakan penderitanya juga selalu melakukan hal- hal yang menurutnya jauh lebih penting, hal ini jugalah yang membuat penderita hypomania menjadi akan sulit untuk fokus terhadap apa yang harusnya dia lakukan.

• Merasa Malas Bangun Dari Tempat Tidur
Ciri lain yang bisa kita lihat diantaranya orang tersebut juga akan merasa jauh lebih malas, dan juga bahkan malas untuk bergerak dari kamar tidurnya. Hal ini juga bisa menyebabkan si penderitanya menganggap hal- hal yang dilakukannya termasuk pekerjaan utamanya menjadi tidak penting. Sehingga akan sangat berbahaya juga apabila didiamkan terus menerus dan juga berlarut- larut.



• Tidak Nyambung Jika Diajak Bicara
Penderitanya juga tidak jarang selain memiliki semangat yang tinggi dan juga banyak bicara, ada kalanya juga ketika kita ajak bicara malah tidak nyambung. Padahal topik yang sedang dibicarakannya saat ini adalah yang tengah dibicarakannya. Tapi malahan ketika diajak berdiskusi menjadi tidak nyambung.

• Kesulitan Berkonsetrasi
Ciri lain yang bisa kita lihat adalah seseorang yang terkena gangguan hypomania ini selalu kesulitan untuk berkonsentrasi. Hal ini jugalah yang biasanya akan sangat mengganggu pekerjaannya sehari- hari.

Nah, berikut ulasan mengenai ciri- ciri hypomania yang bisa kita lihat sehari- hari, meskipun ada banyak ciri lainnya, kita juga harus bisa mengetahui cara mengatasi gangguan yang satu ini, sehingga akan jauh lebih mudah bagi si penderitanya mendapatkan kesembuhan total. Ketahui pula cara mengobati gangguan jiwa yang dialami oleh seseorang.

Sponsors Link
, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Gangguan Psikologi