Sponsors Link

13 Tips untuk Mahasiswa Psikologi

Sponsors Link

Dear sobat semua.. jumpa lagi dengan penulis ya sobat, seperti biasa penuis akan membagikan wawasan dan informasi terbaru mengenai dunia psikologi. Tentunya dunia psikologi sangat luas dan erat kaitannya dengan kehidupan sehari hari dimana tiap hal yang terjadi tentunya dapat diamati dan dipelajari dari sisi psikologinya. Setuju ya sobat?

ads

Nah sobat, kali ini penulis akan membahas mengenai pendidikan psikologi, yakni mengenai 13 Tips untuk Mahasiswa Psikologi. Mungkin saat ini sobat sedang menuntut ilmu khusus bidang psikologi? atau mungkin sudah mendapat gelar yang tinggi? disini kita semua bisa saling berbagai ya sobat. apa saja tips nya untuk mencapai kesuksesan dan mempelajari psikologi dengan hati.

Banyak orang yang belum mengetahui ya sobat apa saja yang dipelajari mahasiswa psikologi, beberapa bahkan menganggap bahwa psikologi sama dengan seorang peramal yang bisa meramalkan karakter, sifat, hingga kebiasaan seseorang sesuai dengan dasar ilmunya, namun sobat, apa yang dipelajari dalam psikologi tidak hanya itu saja, tapi ada beragam hal yang berhubungan dengan bidang lainnya, jadi, untuk sobat yang ingin atau sedang menjadi mahasiswa psikologi, yuk simak bersama.

1. Pahami Apa yang Dipelajari

Secara khusus, mahasiswa psikologi memang belajar mengenai erilaku perilaku manusia ya sobat, itu artinya yang dilihat dapat diketahui atau apa yang terjadi pada jiwa seseorang dapat diperkirakan. Namun jelas ilmu psikologi berbeda dengan ilmu ramalan, psikologi lebih pada kemampuan untuk memahami berdasarkan perilaku yang muncul atau ekspresi dimana tiap ekspresi selalu memiliki arti. (Baca juga mengenai peran psikologi dalam mengatasi kesulitan belajar).

2. Ketahui Peluang Masa Depan

Sebagai mahasiswa, tentu sudah harus berfikir ya sobat, nanti ke depannya mau jadi apa dengan gelar yang dipunya, nah sobat, mahasiswa jurusan psikologi juga punya peluang besar untuk sukses loh, kebanyakan menjadi staf atau pimpinan HRD atau human resource department pada suatu perusahaan dimana tiap perusahaan pasti membutuhkannya dan tak bisa diganti dengan  lulusan jurusan lain, jadi gajinya juga rata rata besar! (Baca juga mengenai contoh indepedensi dalam sikap mental).

3. Harus Paham Konseling

Jurusan psikologi juga mempelajari tentang konseling, aitu tentang bagaimana merubah system self seseorang sebagai tujuan dari konseling, jadi lulusan psikologi harus mampu memberikan jalan keluar sehubungan dengan permasalahan seseorang ya sobat. (Baca juga mengenai contoh pengaruh agama dalam kesehatan mental).

4. Pintar Komunikasi

Jika selama ini sobat yang kuliah di jurusan psikologi merasa sebagai orang yang pendiam, seiring berjalannya waktu dengan mata kuliah yang makin banyak dipelajari terlebih ketika sudah terjun di dunia kerja, nanti sobat juga akan belajar dan pintar tentang komunikasi kok dimana psikologi memang berhubungan dengan orang lain, jadi sobat bisa memperpandai diri mulai sekarang ya. (Baca juga mengenai gangguan mental pada pegawai baru).

5. Memperkirakan Kepribadian

Hal ini juga penting ya sobat, yakni salah satu skill yang harus sobat punya setelah lulus psikologi nanti, sebab sobat harus mampu mengerti apa kepribadian orang lain yang dilihat dari perilaku atau ekspresi sekilasnya, hal ini terutama penting ketika memilih seseorang untuk menempati jabatan tertentu di perusahaan. (Baca juga mengenai cara mengatasi depresi hutang).

6. Psikologi Berhubungan dengan Orang Gila?

Mungkin ini juga yang ada di pikiran orang secara umum ya sobat, memang ada lulusan psikologi yang bekerja dalam bidang hal tersebut yakni berhubungan dengan psikologi jiwa dan psikologi klinis, namun tentunya hal itu bukan fokus utama ya sobat, masih banyak kok peluang lainnya.


7. Psikologi Berhubungan dengan Obat Depresi?

Nah sobat, hal ini juga yang sering dipertanyakan, apakah lulusan psikologi mampu memberi obat tertentu untuk orang depresi atau sakit jiwa sebagai penenang? jawabannya tidak semua ya sobat, dalam bidang tersebut yang bisa melakukan hanya psikiatri, yakni lulusan S1 psikologi yang melanjutkan jurusan S2 ke yang lebih khusus.

8. Paham Mengenai Matematika

Jangan anggap psikologi itu hanya berhubungan dengan perilaku orang dan bebas dari matematika ya sobat, psikologi berhubungan dengan riset yang nantinya dalam bidang pekerjaan menjadi tes psikologi, psikotes, dsb, jadi, menjadi mahasiswa psikologi sobat juga harus mencintai statistika dan matematika yang digunakan sebagai pondasi untuk menciptakan skala atau hasilnya.

9. Mengatasi Bosan Selama Kuliah

Mungkin pertama kali memasuki dunia kuliah rasanya semangat ya sobat, setelah melewati beban mata kuliah yang semakin berat perasaan bosan sering muncul dan rasanya ingin segera lulus. Namun sobat, sesuatu yang kuat tentu didasari dari rencana masa depan yang hebat, untuk mengatasinya, sobat bisa membayangkan kemudahan ketika sudah bekerja nanti, yakni pekerjaan yang tidak bisa dimiliki oleh sembarang jurusan perkualiahan.

10. Terbiasa Bertemu Wanita

Entah apa penjelasan ilmiahnya ya sobat, rata rata mahasiswa psikologi memang seorang wanita, jadi jangan heran jika sobat menemukan wanita dengan rasio 3:1, kemungkinan besar hal ini terjadi akrena psikologi berhubungan dengan masalah perasaan ya sobat, sehingga dianggap sebagai ilmu feminim yang lebih banyak diminati wanita

11. Adaptasi dengan Beragam Karakter Dosen

Nah sobat, untuk masalah ini mungkin tidak hanya berhubungan dengan mahasiswa psikologi saja ya, dosen jelas ada di beragam jurusan mata kuliah dengan karakternya masing masing, namun dengan sobat belajar ilmu pikologi, tentu secara langsung juga belajar mengenai karakter dosen tersebut bukan? sobat juga bisa mengambil jalan kelar sendiri untuk mengatasinya sesuai dengan ilmu yang sobat miliki.

12. Ilmu Abstrak yang Harus Dipahami

Sebagai mahasiswa psikologi, untuk bisa sukses, sobat harus paham mengenai ilmu abstrak ya, dimana ilmu tersebut mengkaji sisi psikis manusia yang tidak terlihat secara wujud psikis, hal hal yang sobat harus pahami yakni mengenai kecemasan, kebahagiaan, leadershp, loyalitas, norma, tekanan sosial, dsb.

13. Sukses dalam Skripsi

Bukaannya menakuti ya sobat, skripsi psikologi memang termasuk salah satu yang sulit diantara jurusan lainnya, sobat sebelum memulai skripsi harus paham benar mengenai metdenya dalam mengambil data dimana sobat harus bisa menentukan skala psikologis baru untuk penelitian yang sobat buat, namun, psikologi adalah ilmu yang unik ya sobat, dimana ilmu psikologi mengajarkan semua orang untuk tetap selalu bahagia, jadi sobat yang menjadi mahasiswa dan mempelajarinya juga harus lebih bahagia ya^^!

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga menjadi wawasan bermanfaat untuk sobat pembaca semua dan menjadi motivasi untuk terus belajar mengenai dunia psikologi yang luas ini ya sobat. Terima kasih. Salam.

Sponsors Link
, , , , ,