Sponsors Link

13 Tips Mengerjakan Tes Psikologi

Sponsors Link

Dear sobat semua.. jumpa lagi dengan penulis ya sobat, seperti biasa penuis akan membagikan wawasan dan informasi terbaru mengenai dunia psikologi. Tentunya dunia psikologi sangat luas dan erat kaitannya dengan kehidupan sehari hari dimana tiap hal yang terjadi tentunya dapat diamati dan dipelajari dari sisi psikologinya. Setuju ya sobat?

ads

Nah sobat, kali ini penulis akan membahas mengenai tes psikologi, tentu sobat sebelumnya sudah pernah mendengarnya ya? bagi sobat pembaca yang saat ini bekerja di sebuah perusahaan tentu sudah melewatinya sebagai tahap awal sebelum masuk kerja. Tes psikologi ini merupakan salah satu penentu yang penting loh sobat. (Baca juga mengenai peran psikologi dalam mengatasi kesulitan belajar).

Yakni untuk mengetahui karakter dasar, tingkat kemampuan, analisis masalah, dan kemampuan ketika menghadapi tekanan, jadi dalam mengerjakannya juga tak boleh sembarangan ya sobat, untuk mencapai kesuksesan, sobat dapat mengerjakannya dengan tips yang kali ini penulis bagikan, yuk simak selengkpanya, 13 Tips Mengerjakan Tes Psikologi. (Baca juga mengenai contoh indepedensi dalam sikap mental).

1. Percaya Diri

Yang pertama, sobat harus percaya diri, yakni perasaan tersebut bisa memberikan sugesti positif yang jelas akan membantu alam bawah sadar sobat untuk mampu mengerjakannya. Begitu pula sebaliknya ya sobat, jika diawali dengan pesimis, tentu juga akan berpengaruh pada hasilnya. (Baca juga mengenai contoh pengaruh agama dalam kesehatan mental).

2. Banyak Latihan Contoh Soal

Sebelumnya sobat harus banyak belajar mengenai tes psikologi ya sobat, dimana tiap tes umumnya memiliki soal dan bentuk yang hampir sama, hanya saja sedikit berbeda dalam pengembangan dan bentuk penyelesainnya. Dengan banyak latihan, sobat akan menyiapkan diri lebih baik dandapat mengerjakan lebih cepat. (Baca juga mengenai gangguan mental pada pegawai baru).

3. Fokus

Fokus yang bisa memberikan dampak ketenangan diri tentunya akan memudahkan sobat untuk mengerjakan tes psikologi, fokus akan memberikan rasa tenang yang memberi peluang untuk mengerjakan dengan lebih baik dan lebih teliti. Tidak semua orang cerdas bisa mengerjakan dengan baik ya sobat, jika cerdas namun tidak fokus dan tidak teliti tentu juga tidak akan mendapatan hasil yang baik. (Baca juga mengenai cara mengatasi depresi hutang).

4. Pengalaman

Cara paling baik dalam belajar ialah melalui pengalaman ya sobat, lakukan perbaikan terhadap diri sobat sendiri secara berkesinambungan terhadap hasil tes yang sobat miliki, sobat dapat membaca kembali soal soal contoh secara berulan dan contoh penyelesaiannya sehingga kemampuan dapat disiapkan sebaik baiknya.

5. Memahami Tes Logika

Tes ini terdiri dri deretan angka ya sobat, hal ini berhubungan dengan kemampuan dalam menganalisa dan memahami pola tertentu dengan memprediksinya berdasarkan angka tersebut. Untuk bisa sukses, sobat jangan terpaku pada 3 sd 4 angka terdepan dalam deret, namun lihat deret secara keseluruhan untuk lebih lebih memahami urutan, pengelompokan, atau pengelompokan urutnya sehingga dengan mudah cara penyelesaiannya.

6. Ingat Keterbatasan Waktu

Jangan terpaku pada soal yang membuat anda penasaran untuk menyelesaikannya ya sobat, hal ini dapat membuat waktu mengerjakan tidak efektif, jauh lebih baik untuk mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu walaupun harus mengerjakan dengan melompati atau tidak berurutan.


7. Belajar Deret Hitung dan Deret Ukur

Jangan lupa untuk mempelajari kedua deret tersebut ya sobat, baik itu melalui website atau melalui buku yang berhubungan, tentu kedua soal ini akan banyak muncul dalam tes psikologi sehingga sobat harus paham setidaknya secara garis besar dan terus mengasah diri untuk bisa memahami detailnya.

8. Memahami Logika Penalaran

Tes ini terdiri dari deret gambar yang hampir mirip, hal yang diukur juga sama, yakni kemampuan memecahkan suatu masalah, dlaam mengerjakannya, sobat harus hati hati, konsentrasi, dan teliti untuk benar benar memecahkannya dimana gambar yang ada memang hampir serupa walaupun aslinya tidak sama.

9. Memahami Analog Verbal

Umumnya tes ini berisi kata seerti sinonim, antonim, atau analog ya sobat, yang diukur adalah kemampuan logika dalam tiap kondisi sejauh mana sobat mampu memahami suatu permasalahan, tipsnya tentu sobat wajib konsentrasi atau menghafalkan soal dan jawaban karena beberapa soal relatif sama misalnya wanita:kebaya, pria:… (sepatu,baju,topi,jas). Sobta tentu harus mampu memilih dengan benar ya.

10. Memahami Mengenai Pauli

Nah sobat, untuk tes ini terdiri dari gugusan angka yang disusun membujur dan sobat harus mampu menjumlahkan dua angka berdekatan dalam waktu tertentu dengan cepat. Tentunya yang diukur adalah konsistensi, ketahanan, sikap terhadap tekanan, penyesuaian diri, dsb. Tipsnya, sobat harus mengerjakan dengan konsentrasi dan pastikan jumlah angkanya stabil.

11. Belajar Mengenai Karakter Dasar

Jenis tes lainnya tentu masih ada banyak ya sobat, sobat bisa membacanya lebih lengkap lagi di beragam referensi website atau buku ya sobat, untuk bisa mengerjakan semuanya, sobat harus mempelajari mengenai karater dasar seseorang agar mampu memahami karakter diri sobat sendiri dan mampu mengerti apa yang menjadi kelemahan dan kelebihan sobat sehubungan dengan tes psikologi.

12. Pahami Beragam Jenis Tes Sesuai Tujuan Tes

Hal lain yang harus sobat perhatikan ialah, sobat harus paham mengenai jenis tes apa saja yang kemungkinan akan sobat hadapi sesuai dengan perusahaan atau bidang yang sobat lamar, misalnya bila melamar di perusahaan yang berhubungan dengan perbankan atau kesehatan, tentu te psikologi yang diberikan akan berbeda. Dengan demikian, sobat bisa belajar secara khusus mengenai kemungkinan tes psikologi apa saja yang akan sobat hadapi dan belajar lebih baik mengenai tes tersebut.

13. Bertanya pada yang Berpengalaman

Jangan lupa untuk bertanya kepada yang telah berpengalaman ya sobat, misalnya mengenai tes yang kemungkinan akan sobat hadapi ketika melamar suatu pekerjaan dalam bidang tertentu, sobat bisa bertanya pada orang yang lebih berpengalaman mengenai tes apa saja yang dulunya pernah dilewati sebelum bekerja di perusahaan tersebut.

Dengan demikian sobat bisa belajar dan melakukan yang terbaik sesuai apa yang diinformasikan, intinya dalam mengerjakan tes psikologi adalah ketenangan, konsentrasi, dan teliti ya sobat, jika sobat memiliki itu semua ditambah dengan persiapan belajar yang baik, tentu sobat akan berhasil melewatinya dengan mudah.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga menjadi wawasan bermanfaat untuk sobat pembaca semua dan menjadi motivasi untuk terus belajar mengenai dunia psikologi yang luas ini ya sobat. Terima kasih. Salam.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Klinis