Sponsors Link

8 Contoh Indepedensi Dalam Sikap Mental

Sponsors Link

Tidak semua orang memiliki rasa percaya diri dalam melakukan tindakan, apalagi tindakan tersebut membutuhkan tingkat percaya diri yang tinggi. Hal tersebut yang seharusny tetap dimiliki oleh seseorang yang ingin maju dan berkembang sebagai individu yang indepedensi.

ads

Baca juga :

Salah satu sikap mental yang harus dilatih yaitu percaya diri, dan masih ada beberapa sikap lain yang dikembangkan. Dalam ilmu pengembangan pribadi, seseorang haruslah bisa bersikap secara positif dan teruji. Untuk mengetahui apa saja contoh indepedensi dalam sikap mental, berikut ini beberapa penjelasannya :

1. Cerdas Secara Emosional

Kecerdasan emosional adalah dasar kekuatan mental seorang pribadi. Kecerdasan emosi merupakan suatu kemampuan untuk memotivasi dan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan menata hubungannya dengan orang lain menjadi baik pula. Seseorang yang cerdas secara emosi akan bersikap tegas dan dapat mengendalikan perilaku sehingga menghindari dari perilaku-perilaku negatif.

2. Percaya Diri

Contoh indepedensi dalam sikap mental berikutnya yaitu memiliki sikap percaya diri. Dengan sikap yang bermental kuat , dirinya akan memiliki tingkat percaya kepada kemampuannya dan memiliki pengendalian yang kuat atas keraguan serta kegelisahan. Seseorang tanpa ragu untuk menggapai sesuatu dengan mental kepercayaan diri.

Baca juga :

3. Mampu Bersikap Tegas

Sikap yang tegas bukan berarti galak atau terlalu berani, sikap tegas mencerminkan pribadi yang memiliki prinsip dan tidak suka akan hal yang bertele – tele atau ambigu. Memiliki sikap tegas tentu berdampak pada hal yang baik, Anda akan dihargai orang lain dan dianggap memiliki komitmen kuat akan sesuatu hal.

4. Memiliki Rasa Optimisme

Berikut ini contoh indepedensi dalam sikap mental lainnya yaitu rasa optimis yang tinggi. Apapun hal yang terjadi, tanpa ragu ia akan mampu menghadapi itu semua dengan rasa optimis. Dengan sikap demikian maka banyak hal positif yang akan menghampirinya tanpa ada rasa takut akan kegagalan atau keterpurukan. Apalagi dengan pengalaman maka tingkat rasa optimis harusnya semakin tinggi.

Baca juga :

5. Memiliki Disiplin

Sikap disiplin memang tidak dimiliki oleh semua orang, karena sikap ini butuh keteladanan, komitmen dan juga keihklasan. Untuk menjadi disiplin perlu waktu dan pembelajaran, namun dengan seringnya melakuka hal kecil dengan rasa dan sikap penuh komitmen maka lambat laun disiplin akan tercipta. Setiap individu yang berharapa akan hal yang bebas jika tidak ada hal yang mendisplinkannya maka semua akan sia – sia.


6. Senantiasa Bersikap Positif

Salah satu contoh indepedensi dalam sikap mental yaitu memiliki sikap positif thingking. Memang dalam kehidupan tidaklah mulus sesuai harapan, namun dengan memiliki sikap ini pengalaman pahit akan dijadikan sebagai bahan pembelajaran dan juga sebagai modal bahwa setiap kegagalan dan ketidakberuntungan suatu hal dari kesuksesan yang tertunda.

Baca juga :

7. Memiliki Rasa Tanggung Jawab Tinggi

Dalam segala aspek apapun yang Anda lakukan mengharuskan untuk memiliki rasa tanggung jawab tinggi. Hal ini dikarenakan rasa tanggung jawab menjadi modal utama untuk mencapai usaha yang berhasil, apapun pekerjaan atau usaha Anda tanpa tanggung jawab hasilnya pasti tidak sesuai dengan harapan. Mental berjiwa bertanggungjawab memiliki pribadi dan etika yang baik dan mumpuni.


8. Mampu Bersikap Sabar dan Ikhlas

Menghadapi kehidupan yang serba instan, cepat dan juga mobilitas yang tinggi memerlukan suatu sikap sabar dan juga ikhlas. Sikap ini menandakan seseorang mampu bertahan dan juga meneriman segala kondisi tanpa tidak berusaha. Bukan berarti menyerah, dengan ikhtiar dan juga rasa optimis dan berpikir baik maka ia akan mampu menghadapi apapun kesulitan itu.

Baca juga :

Sikap tersebut diatas mewakili beberapa sikap mental lain yang harus dimiliki seorang yang ingin menjalani kehidupan ini dengan penuh semangat, sukses dan juga damai.

Semoga penjelasan diatas bermanfaat dan demikian contoh indepedensi dalam sikap mental, dan semoga pula menjadi referensi Anda dalam menyikapi hal baik dalam sifat dan sikap sehari – hari.

Sponsors Link
, , , ,