Sponsors Link

Teori Perkembangan dalam Psikologi Pendidikan

Sponsors Link

Teori perkembangan merupakan pendidikan, penyesuaian dan perubahan yang teratur dan berlangsung sepanjang perjalanan hidup. Aspek-aspek dalam teori perkembangan psikologi pendidikan perkembangan ini dapat berupa teori perkembangan fisik, kognitif dan emosional. Dalam ilmu teori perkembangan psikologi pendidikan perkembangan manusia ini terdapat teori perkembangan yang mendasari teori pada diri manusia, berikut selengkapnya, Teori Perkembangan dalam Psikologi Pendidikan.

ads

1. Teori Perkembangan Psikologi Pendidikan Piaget tentang Kognisi

Piaget merumuskan pandangan tentang teori perkembangan psikologi pendidikan kognitif dalam teori perkembangan psikologi pendidikannya. Dalam teori perkembangan psikologi pendidikan Piaget ini, teori perkembangan psikologi pendidikan perkembangan terjadi mendahului pendidikan. (Baca juga mengenai perkembangan emosional dalam psikologi pendidikan).

Ada dua proses yang bertanggung jawab dalam teori perkembangan psikologi pendidikan perkembangan kognisi, yaitu asimilasi dan akomodasi. Asimilasi berarti proses memahami peristiwa yang baru berdasarkan skema yang ada. Sedangkan akomodasi berarti proses mengubah skema yang ada agar sesuai dengan situasi baru. (Baca juga mengenai hubungan psiklogi konseling dengan sosiologi dan antropologi)

2. Teori Perkembangan Psikologi Pendidikan Neo-Piaget tentang Kognisi

Teori perkembangan psikologi pendidikan neo-Piaget merupakan modifikasi dari teori perkembangan psikologi pendidikan Piaget yang mengatasi keterbatasan yang ada dalam teori perkembangan psikologi pendidikan Piaget. Pandangan teori perkembangan psikologi pendidikan ini adalah mengenai tahapan teori perkembangan psikologi (Baca juga mengenai hubungan psikologi klinis dengan ilmu lain).

pendidikan perkembangan kognitif melalui pendekatan pengolahan informasi dan kemampuan berfikir seseorang dapat diajarkan dengan langsung. Implikasi teori perkembangan psikologi pendidikan neo-Piaget terhadap pendidikan adalah perangsangan metode-metode baru akan meningkatkan kemampuan pemikiran anak-anak. (Baca juga mengenai contoh kasus memori jangka pendek).

3. Teori Perkembangan Psikologi Pendidikan Vygotsky tentang Kognisi

Teori perkembangan psikologi pendidikan Vygotsky memberikan pandangan bahwa teori perkembangan psikologi pendidikan perkembangan kognitif ini merupakan teori perkembangan psikologi pendidikan perkembangan sosial melalui interaksi dengan seseorang lain dan lingkungan. (Baca juga mengenai komponen kesehatan jiwa).

Vygotsky berpendapat bahwa pendidikan mendahului teori perkembangan psikologi pendidikan perkembangan. Menurut teori perkembangan psikologi pendidikan Vygotsky, teori perkembangan psikologi pendidikan perkembangan kognitif dapat terjadi dengan percakapan pribadi, zona teori perkembangan psikologi pendidikan perkembangan proksimal, perancahan, dan pendidikan kerjasama.

Implikasi dari teori perkembangan psikologi pendidikan ini terhadap pendidikan adalah keinginan menyusun rencana pendidikan kerjasama kelompok seseorang dan pengajaran yang menekankan perancahan dengan penuh tanggung jawab.

4. Teori Perkembangan Psikologi Pendidikan Erikson tentang Psikososial

Teori perkembangan psikologi pendidikan perkembangan psikososial merupakan teori perkembangan psikologi pendidikan perkembangan yang berhubungan dengan pemahaman seorang seseorang atas situasi sosial di lingkungannya.


Faktor-faktor yang berpengaruh terhadap teori perkembangan psikologi pendidikan perkembangan psikososial adalah keluarga, sekolah, dan lingkungan. Tahap-tahap teori perkembangan psikologi pendidikan perkembangan psikososial menurut Erikson ini meliputi

  • Tahap I: kepercayaan vs ketidakpercayaan (0-18 bulan),
  • Tahap II: otonomi vs keraguan (18 bulan-3 tahun),
  • Tahap III: inisiatif  vs rasa bersalah (3-6 tahun),
  • Tahap IV: kerajinan vs inferioritas (6-12 tahun),
  • Tahap V: identitas vs kebingungan (12-18 tahun),
  • Tahap VI: keintiman vs keterasingan (Dewasa Awal),
  • Tahap VII: regenerasi vs penyerapann diri (Dewasa pertengahan), dan
  • Tahap VIII integritas vs keputusasaan (Dewasa Akhir).

5. Teori Perkembangan Psikologi Pendidikan Perkembangan Moral

Berdasarkan teori perkembangan psikologi pendidikan Piaget teori perkembangan psikologi pendidikan perkembangan moral berlangsung dalam tahapan yang dapat diprediksi, dalam hal ini dari tipe moral yang sangat egosentrisme ke tipe penalaran yang berdasarkan keadilan, kerjasama dan timbal balik.

Menurut Kohlberg terdapat tahapan teori perkembangan psikologi pendidikan perkembangan moral yang menjadi ukuran tinggi rendahnya moral seseorang. Tahapan tersebut di bagi kedalam enam tahap dan tiga tingkat.

  • Tahap I dan II (tingkat prakonvensional) dimana anak-anak menaati peraturan dan memaksimalkan kepentingan pribadi.
  • Tahap III dan IV (tingkat konvensional), seseorang menganut peraturan dan mencari persetujuan seseorang lain.
  • Tahap V dan VI (tingkat pasca konvensional), dimana seseorang mendefinisikan nilai mereka sendiri berdasarkan prinsip yang mereka pilih.

6. Teori Perkembangan dalam Psikologi Pendidikan Menurut Marx

Marx (dalam Monks, F.J., Knoers, A.M.P., dan Haditono, S.R, 1999) membedakan adanya tiga macam teori perkembangan psikologi pendidikan. Ketiga teori perkembangan psikologi pendidikan tersebut berhubungan dengan data empiris. Teori perkembangan psikologi pendidikan dapat dibedakan antara lain:

  • Teori perkembangan psikologi pendidikan yang deduktif, yaitu memberikan keterangn yang dimulai dari suatu perkiraan atau piiran spekulatif tertentu ke arah data yang akan diterangkan.
  • Teori perkembangan psikologi pendidikan yang induktif, yaitu cara menerangkan adalah dari data ke arah teori perkembangan psikologi pendidikan. Dalam bentuk ekstrim titik pandang yang positivistis ini dijumpai pada kaum behavioristik
  • Teori perkembangan psikologi pendidikan yang fungsional, di sini Nampak suatu interaksi pengaruh antara data dan perkiraan teoretis, yaitu data mempengaruhi pembentukan teori perkembangan psikologi pendidikan dan pembentukan teori perkembangan psikologi pendidikan kembali mempengaruhi data.

7. Peran Psikologi Manusia dalam Pendidikan

Havigurst membagi rentang kehidupan menjadi 6 tahap beserta tugas-tugas teori perkembangan psikologi pendidikan perkembangannya, yaitu:

  • Tahapan infancy dan early childhood
  • Pembentukan pengertian sederhana
  • Sikap sehat terhadap diri sendiri sebagai organisme yang tumbuh
  • Menerima peran jenis
  • Perkembangan skala nilai secara sadar
  • Mulai bekerja.
  • Later maturity

Kesimpulan Teori Perkembangan dalam Psikologi Pendidikan

Teori perkembangan psikologi pendidikan menunjuk pada sekelompok hukum yang tersusun secara logis. Hukum-hukum ini biasanya mempunyai sifat hubungan yang deduktif. Suatu hukum menunjukkan suatu hubungan antara variable-variabel empiris yang bersifat tetap dan dapat diramal sebelumnya.

Suatu teori perkembangan psikologi pendidikan juga dapat merupakan suatu rangkuman tertulis mengenai suatu kelompok hukum yang diperoleh secara empiris dalam suatu bidang tertentu. Di sini orang mulai dari data yang diperoleh dan dari data yang diperoleh itu pada suatu konsep yang teori perkembangan psikologi pendidikan.


Suatu teori perkembangan psikologi pendidikan juga dapat menunjuk pada suatu cara menerangkan yang menggeneralisasi. Di sini biasanya terdapat hubungan yang fungsional antara data dan pendapat teori perkembangan psikologi pendidikan.

Secara umum dapat disimpulkan bahwa suatu teori perkembangan psikologi pendidikan adalah suatu konseptualisasi yang umum. Konseptualisasi atau sistem pengertian ini diperoleh melalui jalan yang sistematis. Suatu teori perkembangan psikologi pendidikan harus dapat diuji kebenarannya, bila tidak dia bukan suatu teori perkembangan psikologi pendidikan.

Demikian yang dapat penulis sampaikan, semoga menjadi wawasan berkualitas untuk sobat semua. Oke sobat, sampai jumpa di artikel berikutnya. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,