Sponsors Link

10 Sifat Keibuan Dalam Psikologi Yang Harus Diketahui Wanita

Sponsors Link

Setiap wanita tentunya diharapkan memiliki sifat keibuan, sifat keibuan tak hanya akan disenangi pria saja namun juga orang lain di sekitarnya. Sifat keibuan seorang wanita dapat tercerminkan dari perilaku kasih sayang serta penuh perhatian, baik itu kepada anak dan keluarganya. Meskipun memiliki gender yang sama, namun tidak semua wanita memiliki sifat keibuan.

ads

Bahkan terdapat penelitian yang menjelaskan jika sifat keibuan seseorang dapat menurun dikarenakan adanya “gen ibu”. Penelitian yang berasal dari Rockfeller University, New York ini menjelaskan jika gen ibu ini lah yang bertanggung jawab dalam memotivasi wanita untuk melindungi, memberi makan, hingga membersarkan anak-anak nya. Dalam bahasa ilmiah, gen ini diberi nama ER Alpha (Estrogen Receptor Alpha)

Mengapa penting sekali seorang wanita memiliki sifat keiuban? Hal ini dikarenakan peran ibu dalam keluarga yang cukup besar, dengan mengurusi segala kebutuhan rumah tangga. Wanita yang memiliki jiwa keibuan tentu saja akan mampu menangani hal tersebut. tak heran jika banyak pria yang mencari tipikal wanita keibuan untuk dijadikan seorang istri. Kali ini akan dijelaskan mengenai sifat keibuna dalam psikologi.

1. Pengertian

Salah satu sifat keibuan yang cukup utama adalah adanya rasa pengertian di dalam dirinya. Tidak semua wanita memiliki sifat pengertian, hanya wanita dengan sifat keibuan saja yang memiliki jiwa pengertian. Selalu menghargai serta menerima pria apa adanya, dan tidak banyak menuntut. Selalu melihat kondisi dan situasi sehingga tidak sampi memicu sebuah permasalahan.

2. Mengerti Hal Mana Yang Harus Diprioritaskan Terlebih Dahulu

Sifat keibuan lainnya dalam diri seorang wanita adalah dapat mengerti hal mana yang harus diprioritaskan terelbih dahulu. Mana yang menjadi kepentingan berasama ataupun kepentingan pribadi, sehingga mereka akan berusaha mendahulukan kepentingan bersama dan menunda terlebih dahulu kebutuhna pribadinya. Sifat keibuan ini lah yang membuat wanita tersebut dapat selalu diandalkan dan menjadi partner  yang baik di dalam sebuah hubungan. 

3. Supel 

Supel menjadi karakter lainnya dalam sifat keibuan menurt psikologi. Wanita dengan sifat keibuan tentu saja memiliki pribadi yang ramah, supel, dan pintar beradaptasi dalam kondisi apapun. Setiap orang memang memiliki karakteristik yang berbeda saty sama lainnya, namun wanita yang memiliki sifat keibuan akan memahami bagaimana cara menghadapi sebuah kondisi. Bagaimana cara berperilaku yang benar, baik itu kepada orang yang lebih tua, seumuran, bahkan yang lebih muda sekalipun.

4. Setia Dan Menjadi Pendengar Yang Baik

Siapa yang tidak menginginkan wanita yang setia dan selalu menjadi pendengar yang baik? Tentu saja ini menjadi sikap wanita yang disukai pria. Meskipun topik yang dibahas kadang tidak dimengerti, namun mereka tetap mendengarkan dan memberikan opini.

5. Menyayangi Anak Kecil

Sifat lainnya yang masuk ke dalam sifat keibuan adalah menyayangi anak-anak kecil. Tidak semua wanita menyukai anak kecil, bahkan beberapa ada yang membenci anak kecil. Bukan karena belum menikah atau tidak memiliki anak, hanya saja ini memang dikarenakan adanya sifat keibuan yang mempengaruhi. Meskipun belum memiliki anak sekalipun, wanita yang memiliki sifat keibuan akan menyukai bahkan menyayangi anak-anak kecil. Sehingga nanti saat memiliki anak sendiri, mereka paham bagaimana cara merawat dan cara mendidik anak agar cerdas.


6. Mempunyai Kesabaran Yang Tinggi

Tidak semua orang dapat sabar, terutama ketika emosi sednag memuncak maka kesabaran hanyalah sebuah kata-kata saja. Namun jika memiliki sifat keibuan, maka wanita tersebut dapat selalu sabar dalam menghadapi berbagai hal. Meskipun dalam kondisi emosi yang sedang memuncak, namun dirinya dapat menangani dengan baik dan mencoba bersikap tenang.

7. Tegar Menghadapi Masalah

Dalam menjalani hidup, terkadang tak pernah mulus. Ada saja masalah yang akan kita hadapi bahkan hingga memicu munculnya tanda-tanda stress. Namun jika anda memiliki sifat keibuan, maka segala masalah yang ada akan dihadapi dengan penuh ketegaran. Wanita yang memiliki sifat keibuan akan berusaha menangani masalah tersebut dan tidak manja kepada pasangannya. Mereka memahami jika semua masalah ada solusi dan jalan keluarnya, dan mereka paham bagaimana cara mendewasakan diri dalam menghadapi masalah.

8. Selalu Memperhatikan Penampilan

Yang dimaksudkan dengan memperhatikan penampilan disini tidak harus selalu ber make up setiap harinya. Namun dapat mengurus penampilan diri sendirinya dengan baik. Sehingga nanti secara otomatis mereka juga dapat mengurus keluarganya dnegan baik. Tak hanya itu wanita dengan berpenampilan menarik tentu saja akan disukai oleh banyak pria.

9. Menghormati Segala Perbedaan Pendapat

Perbedaan pendapat di dalam setiap hubungan tentu saja ada, tinggal bagaimana seeorang menyikapinya. Wanita yang memiliki sifat keibuan, dalam kehidupan tentu saja akan selalu terjadi perbedaan pendapat dan hal tersebut adalah wajar-wajar saja terjadi. Mereka akan mencoba menghormati perbedaan pendapatn yang ada dan menganggap perbedaan tersebut dapat dipersatukan.


10. Terbuka

Sifat keibuan menuntut seorang wanita memiliii keterbukaa, termasuk pada pasangan, keluarga, dan teman-temannya. Mereka akan dengan senang hati memberikan pendapat tanpa dipaksa sedikitpun.

Sifat keibuan memang merupakan pengaruh dari “gen keibuan” yang diwariskan. Namun bukan berarti jika sifat keibuan tersebut tidak dapat dipelajari wanita-wanita lainnya. Anda tetap dapat belajar bagaimana menjadi seseorang yang bersifat keibuan, bagi anak-anak anda, pasangan anda, maupun keluarga anda. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Keluarga