Sponsors Link

10 Peran Kognisi Dalam Perkembangan Bahasa Paling Lengkap

Sponsors Link

Masih berhubungan dengan psikologi nih sobat, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai peran kognisi dalam perkembangan bahasa. Apakah sobat semua sudah pernah mendengar apa itu kognisi sobat? Jika memang belum pernah ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini, karen pada kesempatan kali ini penulis akan membahas secara gamblang mengenai kognisi tersebut, ada apa peranannya dalam perkembangan bahasa. Yuk mari kita simak dengan ulasan berkut ini.

ads

Adapun yang dimaksud dengan kognisi adalah keyakinan seseorang tentang sesuatu yang didapatkan dari sebuah proses berpikir tentang seseorang atau tentang sesuatu. Adapun proses yang dilakukan adalah untuk memperoleh pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisi, menemani, menilai, menalarkan , membayangkan, dan tentunya juda dalam berbahasa.

Adapun kapasitas atau kemampaun kognisi tersebut tergantung dengan kecerdasan atau tingkat inteligensi seseorang. Dalam kehidupan sehari – hari, tentunya setiap individu tidak akan lepas dari proses atau perkembangan kognisi ini, karena kognisi ini sangat erat kaitannya danhubungannya begitupun perannya dalam setia aktivitas yang anda lakukan dalam semua aspek kehidupan anda tentunya.

Nah sobat semua, kognisi ini juga tentunya berperan dalam perkembangan bahasa, seperti yang sudah penulis bahasa dalam ulasan diatas. Menurut kognisi, bahasa merupakan suatu sistem komunikasi yag didalamnya pikiran – pikiran dikirmkan dengan perantara suara ( sebagai contoh dalam sebuah perckapan ) atau simbol ( dalam penggunaan isyarat ).

Atau dengan kata lain bahasa juga bisa diartikan sebagai alat komunikasi antar anggota masyarakat atau individu yang dapat berupa simbol bunyi yang dhasilkan oleh alat ucap manusia, atau bisa juga berupa isyarat yang biasnaya mengguankan gerakan mulut tanpa suara atau gerakan tangan maupun gerakan anggita tubuh yang lainnya. Berikut ini peran kognisi dalam perkembangan bahasa. Check It Out !

1. Sebagai Tanggapan

Peran kognisi yang pertama dalam perkembangan bahasa adalah sebagai tanggapan. Peran kognisi ini dalam tanggapa maksudnya adalah melalui adanya bahasa kita bisa memberikan tanggapan sesuiai dengan apa yang dikatan oleh lawan bicara kita melalui bahasa yang disampaikannya. Baca juga mengenai peran bahasa indonesia dalam pendidikan karakter generasi muda.

2. Sebagai Ingatan

Peran kognisi yang kedua adalah sebagi ingatan. Ingatan atau memori merupakan kekuatan jiwa untuk menerima, menyimpan , dan memproduksikan kesan –  kesan. Inilah salah satu peran penting kognisi dalam perkembangan bahasa. Baca juga mengenai gangguan psikologi dalam komunikasi.

3. Sebagai Sarana Untuk Berpikir

Seperti yang sudah kita rasakan dan alami bersama, dengana adanya bahasa maka hal tersebut dapt kita jadikan sebagai sarana untuk berpikir. Berpikir tentang apa yang sudah diucapkan seserorang ataupun tentang sesuatu yang sudah kita ucapkan pada seseorang juga. Berpikir berarti mengadakan hubungan arti antara bagian –  bagian tentang apa yang kita dengan atau ucapkan. Baca juga mengenai kontribusi filsafat dalam psikologi.

Sponsors Link

4. Sebagai Sarana Mengemukakan Pendapat

Dengan adanya kognisi dalam perkembangan bahasa, maka kita bis menggunakaanya sebagai sarana untuk mengemukakan pendapat. Adapun pendapat itu sendiri merupakan hasil perbuatan akal untuk meletakkan hubungan arti antara dua buah pengertian atu lebih. Jadi peran kognisi ini bisa anda gunakan apabila anda ingin mengemukakan pendapat ya sobat. Baca juga mengenai aplikasi psikologi sosial dalam bidang organisasi.

5. Sebagai Sarana Dalam Pembuatan Keputusan

Keputusan ialah hasil perbuatn akal untuk mengambil pendapat baru berdasarakan pendapat yang tekah ada, yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan baik secara individu maunpun kelompok. Inilah salah satu peranan kognisi dalam perkembangan bahasa yang tidak kalah pentingya ya sobat. Baca juga mengenai macam pola asuh anak menurut psikologi.

[AdSene-A]

6. Sebagai Sarana Melakukan Pengurutan Suatu Objek

Jika berbicara mengenai kognisi, berarti berbicara mengenai pengamatan atau proses berpikir yang sesuai dengan keyakinnanya. Kognisi ini juga berperan sebagai sarana dalam melakukan pengurutan suatu objek, misalnya melkukan pengurutan objek, bentuk atau ciri yang lainnya, yang mana hal ini tentunya membutuhkan prises berpikir yang kemudian dituangkan dalam bahasa.

7. Sebagai Sarana Melakukan Klasifikasi

Peran kognisi yang satu ini merupakan kemampuan untuk memberi nama atau identitas serangkaian benda menurut tampilannya, ukurannya atau karakteristik yang lain termasuk memberikan gagasan bahwa serangkaian benda tersebut membutuhkan gagasan dalam berpikir sebelum menuangkannya dalam bahasa, disinilah peran kognisi sangat dibutuhkan.

8. Sebagai Sarana Melakukan Decentering

Peran kognisi yang berikutnya adalah untuk melakuakn decentering. Decentering merupakan pertimbangan beberapa aspek dari suatu permasalahan yang ada untuk bisa menemukan solusi yang tepat atas permasalahan tersebut.

Seperti yang penulis sudah jelaskan diatas, bahwasanya kognisi meruapakan sarana untuk berpikir terhadap sesuatu yang menjadi keyakinannya, maka dalam hal decentering inipun, tentunya kognisi tersebut sangatkah dibuthkan agar tidak salah dalam pengambilan keputusan, selain itu sebelum decentering tersebut dituangkan dalam bahasa, tentunya kongnisi inipun sangatlah dibutuhkan.

9. Sebagai Penghilang Sifat Egosentrisme

Peran yang tidak kalah pentig dari peran kognisi dalam perkembangan bahasa adalah sebagai penghilang sifat egosentrisme. Peran kognisi tersebut dalam hal menghilangkan ego adalah sebagai suatu kemapuan untuk melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain ( bukan hanya dari sudut pandang diri sendiri ) bahkan saat orang tersebut berpikir dengan yang salah sekalipun. Dengan menghilangkan sifat egosentrisme tersebut, maka dalam hal penyampaian dan perkembangan bahasa pun diharapkan akan semakin baik.

10. Sebagai Sarana Untuk Belajar Aktif

Peran yang terakhir dari peran kognisi dalam perkembangan bahasa adalah sebagai sarana untuk belajar aktif. Belajar lebih aktif dalam hal ini adalah manusia mempunyai kemauan untuk belajar lebih aktif hari demi hari pada setiap aspek kehidupannya, untuk menjadi pribadi yang lebih baik, karena dengan melihta keadan sekitar yang lebih baik darinya, maka akan secara otomatis fungsi kognis ini akan timbul dalam dirinya agar beradaptasi terhadapa lingkungan dan menjadi yang lebih baik lagi dari dirinya sebelumnya, dalam semua aspek kehidupannya.

Sponsors Link

Nah soba semua, setelah membaca ulasan di atas, apa tanggapan anda tentang kognitif ini? Yang pasti kognitif ini memberikan peran yang cukup penting dalam setiap aspek kehidupan kita ya sobat. Sekian informasi mengenai peran kognitif dalam perkembangan bahasa yang dapat penulis share pada kesempatan kali ini. Sampai jumpa diartikel selanjutnya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik. Salam kognisi selalu.

Sponsors Link
, , , ,