Sponsors Link

13 Peran Kognisi Dalam Diri Manusia Paling Lengkap

Sponsors Link

Kognisi. Apakah sobat semua sudah pernah mendengar kata kognisi atau mungkin sudah paham dengan kognisi. Nah jika ada diantara sobat semua yang belum pernah mendengar dan belum mengerti akan apa maksudnya kognisi tersebut, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan dibawah ini, karena pada kesempatan kali ini penulis akan menjelaskan secara gamblang apa yang disebut dengan kognisi  dan apa pengaruh atau perannya dalam diri manusia. Yuk sobat mari kita simak ulasan berikut ini.

ads

Adapun yang dimaksud dengan kognisi adalah keyakinan seseorang tentang sesuatu yang didapatkan dari proses berpikir tentang seseorang atau sesuatu. Adapun proses yang dilakukan adalah untuk memperoleh pengetahuan melalui aktivitas mengingat, menganalisis, menemani, menilai, menalarkan, membayangkan dan berbahasa.

Kapasitas atau kemampuan kognisi tersebut biasa dartikan sebagai kecerdasan atau inteligensi. Adapun bidang ilmu yang mempelajari kognisi tersebut beragam, mulai dari ilmu psikologi, filsafat, komunikasi, neurosains, serta kecerdasan yang dimiliki oleh seseorag.

Dalam kehidupan sehari –  hari manusia selalu tidak lepas dari apa yang dikatakan proses kognisi. Kognisi ini sediri sangat erat kaitannya dalam setiap aspek kehifupan kita setiap harinya. Dan yang tidak aklah penting nih sobat, koginisi ini memberikan peranan penting dalam  diri manusia. Berikut peranan kognisi dalam diri manusia. Yuk sobat mari kita simak dengan seksama.

1. Membuat Manusia Belajar Aktif

Peran kognisi yang pertama dalam diri manusia adalah membuat manusai belajar lebih aktif. Belajar lebih aktif dalam hal ini adalah manusia akan belajar hari demi hari pada setiap aspek kehidupannya dan untuk menjadikan pribadinya menjadi pribadi yang lebih baik karena sejatinya kognitif ini juga menyangkut semua aspek kehidupan dalam diri setiap individu. (Baca juga mengenai konsep manusia dalam psikologi kognitif)

2. Membuat Manusia Mengenal Setiap Situasi

Peran kognisi yang selanjutnya adalah membuat manusia mengenal situasi dalam kehidupan yang dia jalani. Menurut aliran kognitif ini tingkah laku seseorang senantiasa didasarkan pada kognisi, yaitu tindakan mengenal atau memikirkan situasi dimana sebuah tingkah laku terjadi. (Baca juga mengenai terapi gangguan emosi pada anak)

3. Proses Perubahan Mental

Proses perubahan mental dalam diri setiap individu juga termasuk dalam peranan kognitif ini. Proses perubahan mental itu sendiri merupakan hal yang sangat mendasar bagi diri manusia, karena mental ini sebagai salah satu sarana dakam menyikapi segala sesuatu dalam kehidupan manusia. (Baca juga mengenai contoh atensi dalam psikologi)


4. Sebagai Sarana Untuk Konseling

Seperti yang sudah kota ketahui bersama, konseling merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh seorang konseli yang sedang mengalami suatu masalah dan memerlukan solusi atas permasalahan tersebut. Nah sobat disinilah peranan kognitif ini sebagai salah satu sarana yang berperan penting dalam penyelesaian masalah klien ataupun si konseli tersebut. (Baca juga mengenai fungsi filsafat manusia dalam psikologi dan kehidupan manusia)

5. Sebagai Sarana Pengelolaan Informasi

Peranan yang selanjutnya yang diberikan oleh kognisi  ini dalam diri manusia adalah dalam hal sarana pengelolaan informasi. Adapun kognitif ini sebagai pengelolaan informasi merupakan  hal yang sangat penting untuk diterpakan karena sejaitnya informasi yang update tersebut sangatlah dibutuhkan dalam kehidpan manusia sehari – sehari. (Baca juga mengenai aplikasi psikodiagnostik dalam bidang hukum)

6. Sebagai Sarana Memperluas wawasan

Peranan kognisi yang selanjutnya adalah sebagai sarana memperluas wawasan. Seperti yang sudah penulis diatas bahwasanya kognitif ini menyangkut semua aspek dalam kehidupan manusia, nah apabila sobat semua sudah paham akan kognitif ini sudah dapat dipastikan wawasan anda juga kan bertambah dan luas tentang makna dan arti hidup ini yang sebenarnya.

7. Kognitif Berpengaruh Penting Dalam Aspek Psikologi Yang Lainnya.

Peranan kognisi  yang selanjutnya adalah memberikan pengaruh penting terhadap psikologi yang lainnya.  Dalam hal ini, peranan kognitif dalam diri manusia yang lainnya adalah bahwasanya kognisi  itu sendiri memperngaruhi smeua aspek dalam kehidupan manusia. Karena mempengaruhi semua aspek dalam kehidupan manusia yang tidak terlepas dari psikologi yang lainnya, tentunya peranan kognitif ini juga berfungsi terhdapa aspek psikologi yang dimaksud.

8. Sebagai Sarana Untuk Mengubah Cara Pandang

Kognisi  ini juga berperan penting terhadap perubahan cara pandang seseorang terhadap apa yang sedang terjadi dalam hidupnya. Dengan mengerti dan paham akan ilmi kognisi ini, maka diharapakan setiap individu bisa mengambil nilai positif dari setiap keadaan atau masalah yang sednag terjadi dalam semua aspek kehodupannya.

9. Sebagai Sarana Pendukung Perkembangan Otak

Peranan yang tidak kalah penting dari peranan kognisi  dalam diri manusia yang lainnya adalah merupakan sarana pendukung perkembangan otak. Dikatakan sebagai sarana pendukung otak karena kognisi  ini sejatinya berkembang sejalan dengan perkembangan sel –  sel otak atau saraf. Jadi apabila kemmapuan kognitifnya cenderung tinggi, maka hal tersebut akna diikuti oelh perkembangan sel saraf atau otaknya juga.

10. Sebagai Sarana Pembangun Interakis

Sejatinya kognisi merupakan ilmu yang langsung berhubungan dengan interaksi antara seornag individu denagn dunia sekitarnya. Hasil dari interaksi tersebutl, muncul atau terbentuklah struktur kognitif yang disebut dengan skemata, yang dimulai dari terbentuknya berpikir secara logis yang kemudian berkembang menjadi sebuah kesimpulan.

11. Sebagai Sarana Peningkatan Pola Pikir

Peranan yang lainnya yang tidak kalah penting dari kognisi ini dalam diri manusia adalah sebagai sarana peningkatan pola pikir. Adapun proses peningkatan pola pikir tersebut berkembang dari sebuah proses berpikir atau proses perkembangn inteligensi yang berlangsung dengan proses belajar. Dengan adanya kognisi ini maka pola pikir akan bisa meningkat juga sejalan dengan proses belajar yang sedang berjalan juga.

12. Sebagai Sarana Dalam Pembentukan Ide

Peranan yang satu ini tidak jauh berbeda dengan peningkatan pola pikir. Namun pembentukan ide ini lebih ke proses menghasilkan sebuah pola solusi yang berasal dari hasil sebuah pola pemikiran.


13. Sebagai Sarana Pembentukan Dan Perubahan Peilaku

Peranan kognisi  dalam diri manusia yang terakhir adalah sebagi sarana pembentukan dan perubahan perilaku. Dikatakan demikian, karena seperti yang sudah penulis jelaskan diatas bahwsanya peranan kognitif ini menyangkut semua aspek dalam hidup manusia, tidak terkecuali perilaku manusia itu sendiri.

Itulah peranan kognisi dalam diri manusia yang dapat penulis share pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua. sampai jumpa diartikel selanjutnya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,