Sponsors Link

13 Peran Sosiologi Dalam Psikologi

Sponsors Link

Masih membahas mengenai psikologi nih ya sobat, karena seperti yang sudah penulis jelaskan pada artikel sebelumnya bahwasanya psikologi ini sangatlah luas dan kompleks cakupannya. Namun pada kesempatan kali ini, penulis akan membawakan materi mengenai peranan sosiologi dalam psikologi.

ads

Memang kedua jenis ilmu pengetahuan ini sejatinya berbeda, namun keduanya memiliki peranan yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Nah sobat semua, berikut ulasannya untuk anda.

Kata sosiologi berasal dari bahasa Latin, yaitu “ socius ‘ dan “ logos” . Socius itu berarti teman, kawan, dan masyarakat. Sedangkan logos berarti ilmu pengetahuan atau pikiran. Dengan demikian sosiologi itu sendiri diartikkan sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan soial yang mempelajari tentang hubungan –  hubungan sosial yang ada dalam masyarakat, memfokuskan kajiannya pada peran dan kedudukan individu dalam masyarakat serta hubungan diantara kedua keduanya.

Atau dengan kata lain sosiologi juga berarti ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku yang tampak ( yang bersifat lahiriah ) dengan menggunakan metode observasi yang objective terhadap rangsangan dan jawaban ( respon ) atau ilmu yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta prosesnya mulai dari awal hingga akhir.

Sementara itu sobat, pengertian psikologi adalah sebuah cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang tingakah laku, sikap, atau kondisi kejiwaan seseorang dalam interaksinya dengan lingkungan sekitarnya. Adapun sosiologi dan psikologi ini merupakan dua ilmu sosial yang sama –  sama mengkaji kejadian dan hubungan yang dialami oleh manusia.

Psikologi itu sendiri adalah ilmu yang mempelajari tentang jiwa, yang termasuk didalamnya mengamati, menanggapi, mengingat, berpikir dan sebagainya. Sedangkan sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan manusia serta mempelajari manusia dalam kehidupan bermasyrakat. Dari pengertian tersebut, maka data kita ambil kesimplan bahwasanya kedua jenis ilmu ini saling berkaitan ya sobat.

Selain berhubugan diantara keduanya, sosiologi ini juga memiliki peranan terhadap psikologi. Adapun peranan yang dimaksud adalah sebagai berikut :

1. Peranannya Dalam Kehidupan Masyarakat

Karena sama –  sama mempelajari tentang hubungan yang terjadi di dalam kehidupan manusia, maka fungsi psikologi ini dalam mengamati dan meneliti perilaku sekelompok manusia dalam kehidupan bermasyarakat tentunya tidak terlepas dari dukungan atau peranan ilmu sosiologi ini ya sobat, karena dengan adanya imu sosiologi maka akan sangat saling melengkapi diantara keduanya dalam hal penelitian atau pengamatan terhadap kehidupan masyarakat. (Baca juga mengenai peranan psikologi klinis dalam masyarakat)

2. Peranannya Dalam Kehidupan Setiap Individu

Selain perannya sosiologi dalam psikologi di dalam kehidupan bermasyarakat, tentunya ilmu sosiologi ini juga berperan dalam kehidupan setiap individu. Karena dengan menerapkan ilmu sosiologi ini seseorang akan lebih mudah di teliti segi psikologi nya karena keduanya memang saling berhubungan. (Baca juga mengenai implementasi konsep dasar psikologi sosial dalam kehidupan bermasyarakat)


3. Peranannya Dalam Perkembangan Setiap Individu

Psikologi perkembangan adalah psikologi yang mempelajari tentang faktor –   faktor yang membentuk perilaku seseorang mulai dari lahir hingga berakhir usianya di dalam dunia ini. psikologi perkembangan ini erat kaitannya dengan interaksi sosial yang dalam interaksi tersebut tentunya akan melibatkan peranan ilmu sosiologi tentunya. (Baca juga mengenai konsep belajar dalam psikologi pendidikan)

4. Peranannya Dalam Pembentukan Tingkah Laku

Setiap individu tentunya memiliki perilaku yang berbeda satu dengan yang lainnya. Karena ilmu psikologi tentunya mempelajari tentang tingkah laku dalam kehidupan sosial, maka peranan ilmu sosiologi ini juga tidak akan terpisahkan datinya karena sama –  sama menggunakan objek yang sama yaitu manusia. (Baca juga mengenai aplikasi psikologi kognitif dalam pembelajaran)

5. Peranannya Terhadap Perilaku Sosial

Psikologi dan sosiologi tentunya akan berhubungan dengan perilaku sosial. Adapun kedua ilmu ini sama –  sama memiliki tujuan yang sama dan tentunya saling melengakapi yaitu mengenai perilaku sosial dalam masyarakat. (Baca juga mengenai aplikasi psikologi humanistik dalam pendidikan)

6. Peranannya Terhadap Aspek Kepribadian

Ilmu sosiologi juga tentunya akan membahas atau meneliti tentang aspek kepribadian seseorang, sama halnya dengan psikologi ya sobat yang juga meneliti tentang kepribadian seseorang, dan tentunya sosiologi dan psiklogi dalma hal ini akan sangat berkaitan terhadap aspek kepribadian tersebut.

7. Peranannya Terhadap Interaksi Sosial

Karena memang manusia adalah makhluk sosial, maka sudah sepantasya manusia tersebut sudah saling membutuhkan. Begitupun dengan melakukan interaksi sosialnya sudah seharusnya mempunyai hubungan antara psikologi dan sosiologinya juga karena keduanya sama –  sama mempelajari tentang aspek sosial dalam kehidupan bermasyarakat.

8. Peranannya Terhadap Perasaan Seseorang

Sebagai makhluk ciptaan Tuhan, sudah sewajarnya apabila kita semua memiliki perasaan ya sobat. Adapun proses terbentuknya perasana tersebut tidak terlepas dari aspek sosiologi dan juga peranan psikologi yang ada di dalamnya. Karena keduanya saling berhubungan dalam pembentukan perasaan tersebut.

9. Peranannya Terhadap Kondisi Mental

Setiap manusia sudah pasti pernah mengalami keterputukan mental. Untuk dapat bangkit dari keterpurukan tersebut maka peran ilmu sosiologi ini sangatlah dibutuhkan. Selain itu faktor psikologi juga tidak akan terpisahkan darinya karena psikologi ini berperan penting dalam proses pemulihan mental tersebut tentang metode atau cara yang dipakai di dalam pemulihan tersebut.

10. Peranannya Terhadap Konsultan Pembuat Kebijakan

Karena ilmu sosiologi ini dipandang sebagi ilmu kemasyarakatan maka peranan sosiologi ini dianggap sebagai konsultan pembuat kebijakan dalam kehiduan bermasyarakat pula, dan tentunya hal tersebut didukung oleh adanya psikologi di didalamnya.

11. Peranannya Sebagai Ilmu Riset

Karena mempelajari semua seluk –  beluk kemasyarakatan , maka peranan sosiologi ini sangatlah penting dalam psikologi kemasyarakatan pula yang memang keduanya sama –  sama memberikan solusi kemasyarakatan.

12. Peranannya Terhadap Pendidikan

Sebagai insan ciptaan Tuhan yang paling mulia dari ciptaan yang lainnya, maka sudah sepatutnya semua kemampuan yang ada dalam diri kita dimaksimalkan termasuk dalam hal pendidikan. Sosiologi ini merupakan salah satu ilmu yang berperan dalam proses pembentuk pendidikan masyarakat yang tentunya tidak terlepas dari dukungan psikologi.


13. Perannanya Terhadap Teknisi Kehidupan

Teknisi kehidupan dalam ahl ini adalah bahwasanya ilmu sosiologi tersebut terjun langsung ke dalam kehidupan masyarakat untuk memecahkan fenomenal sosial yang terjadi dan dengan dukungan psikologi tentunya.

Itulah beberapa peranan sosiologi dalam psikologi yang dapat penulis share pada kesempatan kali ini ya sobat, semoga artikel ini bermanfaat buat anda. Sampai jumpa di lain kesempatan. Terima kasih sudah berkunjung. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi