Sponsors Link

10 Pendekatan Psikologi Dalam Manajemen Diri yang Wajib Dipahami

Sponsors Link

Berbicara mengenai psikologi memang tidak semua orang memahaminya. Karena pendekatan dalam bidang psikologi memang harus dipelajari terlebih dahulu dan terdapat trik – trik khusus untuk menguasainya dengan baik ya sobat.

ads

Dalam kehidupan sehari – hari bidang psikologi memang mempunyai peranan penting dalam menilai kepribadian seseorang untuk menentukan bagaimana sifat dan perilaku dari seseorang. Namun banyak orang yang menganggap bahwa bidang psikologi merupakan media untuk memberikan solusi bagi orang yang memiliki gangguan mental dan sejenisnya. Baca juga mengenai manfaat tes psikologi dalam bidang klinis.

Pengertian Manajemen Diri

Pengertian manajemen diri sendiri ialah suatu cara yang digunakan untuk mengatur diri anda sendiri berdasarkan perilaku, perasaan dan pikiran yang dibuat secara sistematis untuk mendapatkan tujuan yang diinginkan. Manajemen diri juga mampu merubah diri anda yang semula kacau atau pun tidak terkontrol menjadi lebih tertata sehingga akan membantu memperpaiki diri anda.

Pada artikel kali ini saya bermaksud ingin membagikan sedikit informasi yang saya ketahui mengenai 10 pendekatan psikologi dalam manajemen diri wanita berambut pendek. Jika anda ingin mengetahuinya lebih lanjut dan lebih dalam lagi, yuk kita simak bersama – sama penjelasan di bawah ini sebagai berikut :

1. Pendekatan Secara Fungsional

Pendekatan ini digunakan untuk membantu memahami dalam proses memanajemen diri anda melalui wadah dan ruang lingkup agama (kepercayaan) guna mengetahui seberapa besar agama mempengaruhi perilaku – perilaku yang anda lakukan setiap harinya.

Agama memang salah satu wadah yang tepat untuk digunakan sebagai pengontrol agar diri anda bisa menjadi lebih baik, termasuk dalam upaya menstabilkan psikologi anda sobat. Banyak kasus menunjukkan bahwa seseorang yang kondisi psikologinya sedang tidak baik, dengan memanfaatkan agama sebagai media pemulihan, ternyata memang sangat efektif digunakan.

Dengan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta, tentu saja akan membuat jiwa menjadi tenang, kemudian psikologipun ikut stabil. Pendekatan psikologi dalam manajemen diri melalui cara fungsional ini pertama kali digunakan di salah satu universitas ternama yakni Harvard University di Amerika Serikat. Pada tahun 1910  William James merupakan orang pertama yang menggunakan cara ini sobat. Baca juga mengenai peran-psikologi forensik dalam menganalisa perilaku agresif.

2. Pendekatan Secara Struktural

Pendekatan ini dilakukan dengan memfokuskan pengamatan untuk memahami mengenai pengalaman yang pernah dialami diri sendiri berdasarkan pada kategori jenis dan juga tingkatan suatu peristiwa sehingga bisa dengan mudah memilah – milahnya. Baca juga mengenai fungsi filsafat dalam psikologi.

Nah cara ini dulu pertama kali digunakan memang berhasil sobat. Yang mencoba menggunakannya ialah Wihelm Wundth. Ternyata dari sudut pandang pengalaman diri bisa digunakan sebagai media untuk mengetahui kondisi psikologi diri atau pun orang lain.


3. Pendekatan Psikologi Melalui Lingkungan Sekitarnya

Lingkungan memang sangat menentukan bagaimana perkembangan pola piker dan perilaku diri kita sendiri atau pun orang lain. Lingkungan mempunyai peran aktif dalam memberi warna pribadi masing – masing individu.

Namun perilaku yang dilakukan tetap saja berdasarkan dari masing – masing individu. Jika individu mampu memilah – milah mana yang baik dan mana yang buruk. Mungkin tidak akan terbawa ke pengaruh yang tidak baik. Intinya lingkungan yang baik bisa membawa pengaruh baik dan sebaliknya.

Dengan memanfaatkan ruang lingkup lingkungan sekitar, maka anda bisa dengan mudah memanajemen diri sendiri dan menyelaminya melalui psikologi yang ada. Baca juga mengenai cara mengatasi kecemasan menurut psikologi.

4. Pendekatan Psikologi Melalui Teman Sepermainan

Teman juga bisa anda gunakan sebagai wadah unruk memperbaiki diri khususnya pada psikologi anda. Teman yang cenderung suka berperilaku buruk, akan sangat mempengaruhi pikiran dan jiwa anda. Apalagi jika sampai terjadi bullying.

Untuk itu pandai – pandailah dalam mencari teman. Hindari teman yang bisa membawa anda ke hal yang buruk. Dengan begitu anda akan mampu mengontrol psikologi dalam rangka memanajemen diri agar bisa menjadi lebih baik. hubungan perilaku dengan kebiasaan juga sangat berperan disini.

5. Pendekatan Psikologi Melalui Orang Tua

Seharusnya orang tua mempunyai hubungan kedekatan yang baik dengan anak – anaknya sehingga bisa memantau perkembangan serta masalah yang tengah dihadapi sang buah hati. Namun seiring perkembangan jaman, banyak orang tua yang sibuk dengan pekerjaannya sendiri dan kurang memperhatikan anaknya.

Nah hal ini sangat berpengaruh pada psikologi sang anak. Untuk itu ada baiknya sebagai orang tua tetap memberikan perhatian walau sesibuk apapun. Hal ini demi kebaikan psikologi sang anak dalam memanajemen diri.

6. Pendekatan Psikologi Melalui Guru Pengajar

Nah guru juga bisa dijadikan sebagai wadah untuk mengontrol psikologi diri. Pengarahan seorang guru yang diberikan setiap hari di kelas bisa merangsang psikologi anak menjadi semakin berkembang dan baik. Kondisi ini sangat tepat digunakan untuk pendekatan psikologi dalam memanajemen diri.

7. Pendekatan Psikologi Melalui Kondisi Spiritual

Kekuataan spiritual dan hubungan antara hamba dengan Tuhannya bisa digunakan untuk memanjemen diri. Karena dengan dekat kepada Allah Swt pribadi menjadi lebih tenang dan tentram. Berarti psikologi juga akan terkontrol dengan baik.

8. Pendekatan Psikologi Menggunakan Metode Psiko Analisis

Pendekatan psikologi dalam manajemen diri dengan menggunakan metode psiko anilisis ialah suatu metode yang digunakan dengan cara memanfaatkan media atau wadah seperti agama yang mempunyai peran penting dalam mempengaruhi kepribadian diri sendiri dan orang lain.

Kemudian diperluas lagi untuk mengetahui kondisi psikologi seseorang dari berbagai macam penyakit kejiwaan yang mungkin sedang dialami. Baca juga mengenai contoh pendekatan psikologis dalam studi islam.

9. Pendekatan Psikologi Melalui Perilaku dan Tindakan

Dengan mengamati, memperhatikan dan mengetahui perilaku serta tindakan sehari – hari diri kita, maka factor tersebut sudah bisa digunakan sebagai ukuran dalam hal menentukan kondisi psikologi diri. Untuk itu cara ini banyak dilakukan untuk memperbaiki pribadi seseorang (manajemen diri).


10. Pendekatan Psikologi Melalui Ahli Agama (Pemuka Agama)

Kesulitan melakukan penanganan terhadap pribadi seseorang, biasanya banyak orang yang meminta bantuan pemuka agama yang ada di lingkungan sekitar untuk memperbaikinya agar bisa berperilaku baik. Untuk itu jika anda merasa diri sendiri terindikasi gangguan jiwa karena masalah atau pun hal lainnya yang membuat perilaku anda menjadi buruk, maka anda bisa konsultasi kepada pemuka agama ya sobat. Hal ini cukup berhasil untuk membantu memanajemen diri.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel yang sudah saya bahas di atas mengenai 10 pendekatan psikologi dalam manajemen diri yang sudah diulas tersebut secara detail dan dikemas dengan baik, diharapkan bisa cukup membantu memudahkan anda dalam rangka mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi, sehingga layak dijadikan sebagai salah satu sumber referensi terbaik.

Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai 10 pendekatan psikologi dalam manajemen diri. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca artikel saya ini. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Sosial