Sponsors Link

15 Hubungan Perilaku Dengan Kebiasaan

Sponsors Link

Pada dasarnya perilaku dan kebiasaan memiliki hubungan yang cukup erat. Salah satunya seperti kebiasaan belajar yang dilakukan para siswa, kebiasaan menulis dan kebiasaan memasak. Dari situ kita bisa melihat, kebiasaan belajar tentunya akan membuat perilaku  yang positif dimana kegiatan belajar merupakan dari kebiasaan yang dilakukan oleh para siswa. Kebiasaan menulis yang dilakukan oleh seorang penulis, menumbuhkan perilaku yang berhubungan dengan kebiasaan yang dilakukan oleh seseorang, sementara kebiasaan memasak yang dilakukan oleh seseorang membuat seseorang tersebut melakukan kegiatan memasak yang menimbulkan perilaku dari sebuah kebiasaan.

ads

Kebiasaan merupakan suatu perilaku yang dilakukan secara berulang-ulang daam cara yang sama secara terus menrus, tanpa sadar, karena sesuatu tersebut tetanam di dalam fikiran dan jiwa seseorang arena sifatnya yang terus-menerus selalu dilakukan, sehingga menimbulkan suatu kebiasaan yang merupakan tabiat seseorang.

Perilaku merupakan sebuah perasaan yang biasanya akan dilakukan sesuai dengan objek, seperti contohnya, perilaku berkumpul pada suatu kegiatan yang menimbulkan psikologi sosial, perilaku membersihkan rumah, tentu dari hal tersebut seseorang akan melakukan sesuatu sesuai dengan keinginan maupun dengan objek yang ada di hadapannya. perilaku juga bisa dibedakan menjadi dua jenis, yaitu perilaku terbuka dan perilaku tertutup.

Pada perilaku tertutup biasanya terjadi respon pada diri seseorang dalam bentuk terselubung, sementara perilaku terbuka adalah bentuk perilaku yang dilakukan oleh seseorang secara nyata dan sifatnya terbuka.

Berikut ini adalah beberapa jenis hubungan perilaku dengan kebiasaan yang tanpa sadar membentuk keseharian kita dalam menjalani aktivitas, antara lain:

  1. Makan

Makan merupakan suatu kebiasaan yang menimbukan perilaku tentunya setiap oang memiliki cara makan dan waktu makan yang berbeda-beda, dari sini kita bisa melihat adanya hubungan satu dengan lainnya yang saling berkaitan. Jika seorang individu terbiasa makan dengan menggunakan alat makan seperti sendok dan garpu, tentunya orang tersebut akan melakukan perilaku yang sama saat waktu makan berikutnya.

  1. Istirahat

Istirahat merupaan kegiatan dimana seorang individu tidak melakukan apapun atau sekedar sedang merenggangkan otot-otot dengan cara merelaxsasi tubuhnya dan akan mendapatkan manfaat relaksasi bagi jiwa, sehingga kebiasaan seorang individu untuk beristirahat tentu akan menimbulkan perilaku yang berbeda-beda. Misalkan seorang individu terbiasa istirahat dengan cara bersantai menonton televisi, hal tersebut akan menimbulakn perilaku yang sama ketika dia sedang menikmati istirahat kembali.

  1. Merawat anak

Merawat anak merupakan sebuah perilaku yang dapat menimbulkan kebiasaan. Ketika seorang ibu dihadapkan pada aktifitas harian dengan maerawat anaknya, hal terrsebut akan menimbulkan kebiasaan yang akan dilakukannya secara terus menerus keesokan harinya secara berulang.

  1. Menjaga kesehatan

Apabila seseorang yang terbiasa menjaga keesehatan dengan cara olahraga maka secara tidak langsung kebiasaan tersebut akan menimbulkan perilaku, yaitu olahraga setiap harinya untuk menjaga kesehatan, tentunya dari hal tersebut bisa terlihat dengan jelas keterkaitan antara hubungan perilaku dengan kebiasaan.

  1. Mengatur pola makan

Mengatur pola makan merupakan salah satu jenis kebiasaan yang akan menimbulkan perilaku. Dari kebiasaan seseorang untuk mengatur pola makan, orang tersebuat akan melakukan diet demi terjaganya pola makan yang teratur. nah.. dari situ kita bisa melihat hubungan antara perilaku seseoang dengan kebiasaan.

Sponsors Link

  1. Rajin melakukan pekerjaan

Rajin merupakan sebuah perilaku yang akan menimbulkan kebiasaan, seorang individu yang terbiasa bersikap rajin akan melakukan hal yang sama secara berulang dan terus menerus kebiasaannya tersebut, sehingga terdapat hubungan antara perilaku dan kebiasaan.

  1. Tepat waktu

Pernahkan anda melihat seseorang yang begitu menghargai yang namanya waktu, tentu orang tersebut akan terbiasa tepat waktu. misalkan tepat waktu dengan janji bersama kerabat, karena terbiasa melakukan hal tersebut akan timbul perilaku yang sama ketika seorang individu membuat janji meski dengan orang yang berbeda sekalipun, dari sini kita bisa melihat antara hubungan perilaku dengan kebiasaan yang menumbuhkan psikologi kepribadian.

  1. Tidur

Tidur juga merupakan sebuah kebiasaan yang akan menimbuklan perilaku, contohnya apabila sesorang individu terbiasa tidur pada waktu pagi, keesokan harinya pun orang tersebut akan melakukan hal yang sama sehingga timbul keterkaitan antara perilaku dengan kebiasaan.

  1. Boros

Kebiasaan boros merupakan hal yaang sangat negatif, sayangnya bagi sebagian orang yang memiliki kebiasaan tersebut akan sulit merubah dan menghilangkan cara menghilangkan kebiasaan buruk sehingga kebiasaannya sehingga dia akan berperilaku hal yang sama ketika dihadapkan dengan sesuatu yang sifatnya konsumtif. Dari sini kita bisa melihat hubungan antara perilaku dan kebiasasn.

  1. Emosi

Emosi dalam psikologi merupakan sebuah perilaku, dan ternyata dari perilaku tersebut akan menimbulkan kebiasaan secara berulang, contohnya apabila seorang mudah tersulut emosi apabila dikait-kaitkan dengan hal yang tidak disukainya, dengan begitu orang tersebut akan melakukan hal yang sama ketika mendengar seseorang mengkaitkan sesuatu mengenai hal yang tidak disukanya. Dari sinlah dapat terlihat adanya hubungan antara perilaku dengan kebiasaan.

  1. Membersihkan rumah

Membersihkan rumah juga merupakan suatu kebiasaan yang akan menimbulkan perilaku, contohnya, seorang ibu rumah tangga yang terbiasa melakukan kegiatan bersih-bersih rumah. Orang tersebut pun akan melakukan hal yang sama di hari berikutnya sehingga dari kebiasaannya akan meniimbulkan perilaku yang rajin, rumah pun menjadi bersih akibat dari efek kebiasaan yang dilakukannya. Dari sini juga kita bisa melihat hubungan antara perilaku dengan kebiasaan.

Sponsors Link

  1. Kebutuan akan makan dan minum

Kebutuhan akan makan dan minum merupakan suatu perilaku yang akan menimbulkan kebiasaan, karena perilaku tersebut akan diulang-ulag setiap harinya dan tentunya dengan cara yang sama juga.

  1. Belajar

Belajar tentunya sebuah perilaku yang positif dan masuk ke dalam ruang lingkup psikologi pendidikan dan  akan menimbulkan kebiasaan secara terus menerus yang dilakukan oleh para siswa. Dari sini juga kita dapat melihat antara hubungan perilaku dengan kebiasaan.

  1. Menyepelekan orang lain

Menyepelekan orang lain merupakan sebuah kebiasaan yang pada akhirnya akan menimbulkan perilaku yang tidak menyenangkan bagi orang lain. Contohnya ketika seorang individu di dalam sebuah pertemuan atau rapat ketika melakukan diskusi dia terbiasa menyepelekan pendapat dari orang lan, tentu hal tersebut akan menimbulkan prilaku yang tidak menyenangkan pada lawan diskusinya, dari sini kita bisa melihat keterkaitan antara hubungan perilaku dengan kebiasaan.

  1. Memanfaatkan kesempatan

Ketika seseorang terbiasa untuk memanfaatkan peluang atau kesempatan tentunya akan menimbulkan sebuah perilaku, bisa dari segi hal positif maupun hal negatif. Misalnya seorang individu yang terbiasa memanfaatan peluang bisnis baru tentu saja dia akan melakukan aksinya dengan cara berdagang, membuka usaha dan lain sebagainya, dari sini kita bisa melihat adanya hubungan antara perilaku dengan kebiasaan yang positif

Berikut ulasan mengenai hubungan antara perilaku dengan kebiasaan yang ada di sekitar lingkungan sehari-hari, semoga kita bisa mengambil hal positif dari situ, sehingga akan menimbulkan kebiasaan dan perilaku yang baik dan mengurangi beberapa kebiasan yang buruk dan tidak bermanfaat bagi kita.

Sponsors Link
, , , ,