Sponsors Link

10 Manfaat Tes Psikologi dalam Bidang Klinis

Sponsors Link

Beberapa macam manfaat tes psikologi dalam bidang klinis memang terbukti cukup signifikan. Tes psikologi dimaksudkan untuk mengetahui kebiasaan perilaku seseorang terutama pada saat menghadapi situasi. Melalui tes psikologi, seseorang bisa diketahui gambaran karakteristiknya. Meskipun tidak secara utuh menggambarkan karakter seseorang, namun tes psikologi klinis akan sangat membantu untuk memberikan gambaran apa saja yang menonjol dari seseorang.

ads

Tentu saja, di bidang klinis ini akan menjadi penting terutama untuk melihat riwayat kesehatan psikisnya. Ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk mengetahui apakah seseorang sedang mengalami stress atau tidak, koping miliknya saat ia menghadapi stress dan lain sebagainya.

Dengan adanya tes psikologi ini, kita juga bisa mengelompokkan seseorang ke dalam beberapa jenis karakteristik (baca juga: tipe kepribadian MBTI). Kesimpulan mengenai gambaran karakter seseorang ini kemudian bisa menjadi acuan untuk menentukan bagaimana sikap dan tingkah laku seseorang yang dituangkan ke dalam kebiasaan. Contoh yang paling mudah adalah, bagaimana proses rekruitmen yang dilakukan oleh perusahaan yang biasanya mewajibkan untuk dilaksanakannya tes psikologi. Berikut ini adalah beberapa macam manfaat tes psikologi yang bisa kita perhatikan. Kita akan mengetahui banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari tes ini.

  1. Menegakkan Diagnosa Kejiwaan

Diagnosa kejiwaan bisa dibantu dengan adanya tes psikologi. Tes psikologi ini merupakan salah satu bentuk pemeriksaan penunjang yang mungkin bisa digunakan untuk menambah informasi dalam pengkajian awal seseorang yang mengalami masalah kejiwaan. Tes psikologi bisa dilakukan oleh seorang ahli untuk menemukan data-data yang menunjang untuk ditegakkannya diagnosa kejiwaan.

Beragam tes psikologi diagnostik tersebut tentu akan dipilah untuk dicari yang paling sesuai. Ini akan sangat berguna sekali terutama untuk menentukan diagnosa kejiwaan yang paling tepat. Proses tes tersebut biasanya dilakukan dengan menggunakan pendekatan khusus supaya data yang didapatkan benar-benar menjadi valid.

  1. Mengetahui Gambaran Umum Karakteristik Seseorang

Karakteristik seseorang bisa digambarkan dengan menggunakan tes psikologi. Ini juga merupakan salah satu kelebihan tersendiri dari tes psikologi yang bisa diterapkan kepada seseorang.

Penerapannya sudah dijelaskan pada gambaran awal, dimana perusahaan biasanya akan menggunakan tes psikologi ini untuk menentukan apakah karakteristik seseorang yang mereka tes tersebut memang benar-benar sesuai dengan kategori yang sedang dicari. Pemanfaatan ini termasuk pemanfaatan yang umum pula di bidang klinis. Gambaran umum seseorang bisa diketahui melalui tes psikologi sesuai dengan teori psikologi kepribadian.

  1. Mengetahui Gambaran Umum Kebiasaan Seseorang

Tes psikologi juga bisa digunakan untuk mengetahui gambaran umum kebiasaan seseorang. Sebagaimana pengertian dari psikologi itu sendiri sebagai ilmu yang mempelajari tingkah laku, maka tidak heran bila kemudian kebiasaan seseorang bisa diidentifikasi melalui beberapa macam tes psikologi. Kita juga bisa melihat bagaimana reaksi seseorang saat menghadapi suatu permasalahan. Sumber koping yang ia miliki tidak bisa diidentifikasi langsung melalui tes. Pendekatannya mungkin akan dibutuhkan lebih lanjut melalui anamnesis.

  1. Berguna dalam Persiapan Konseling

Sebelum melakukan konseling, kita mungkin memerlukan untuk mengetahui karakteristik seseorang. Tes psikologi bisa digunakan untuk melihat ini. Biasanya seorang ahli akan meminta seseorang untuk menjalani serangkaian tes psikologi terlebih dahulu.

Hasil dari tes psikologi akan ditelaah oleh ahli sebagai persiapan dari konseling. Seorang ahli akan mencatat dan mencocokkan apa saja yang ia temui pada saat melakukan konseling nanti pada klien. Data-data dari hasil tes psikologi umumnya akan mengarahkan proses konseling untuk berjalan dengan baik. Klien akan diarahkan untuk menemukan pemecahan terhadap masalahnya sendiri. (Baca juga: metode penelitian psikologi)

Sponsors Link

  1. Berguna dalam Persiapan Konsultasi

Konsultasi memang sedikit mirip dengan konseling. Pada dasarnya, konsultasi dilakukan untuk membantu menemukan pemecahan masalah dari pemberi konsultasi. Pemecahan masalah akan disediakan oleh konsultan, sehingga klien cukup mendengarkan saran-saran yang diberikan. Di sini tes psikologi sangat membantu sekali untuk memberikan jenis konsultasi yang tepat yang akan diberikan kepada klien. Ini merupakan satu hal yang memang berguna di dalam psikologi klinis.

  1. Membantu dalam Proses Mediasi

Manfaat tes psikologi dalam bidang klinis selanjutya yaitu untuk membantu proses mediasi. Proses mediasi atau menengahi permasalahan bisa dilakukan dengan mengidentifikasi apa saja yang sebenarnya sudah terjadi. Manakala pemaparan data telah diberikan, seseorang akan mulai introspeksi terhadap dirinya sendiri untuk mendapatkan pemecahan masalah yang ia alami. Mediasi di sini akan terjadi dengan begitu halus, sehingga seseorang mungkin secara sadar tidak akan merasa terintimidasi. (Baca juga: cabang-cabang psikologi)

  1. Membantu Seseorang Menemukan Masalah

Tes psikologi juga bisa digunakan untuk membantu menemukan masalah seseorang. Melalui tes yang ada, seseorang bisa dicari apa saja masalah psikologi yang sedang dihadapinya. Identifikasi masalah ini berguna untuk mengidentifikasi pemecahan masalah apa saja yang mungkin untuk dilakukan.

Sponsors Link

  1. Membantu Menyusun Pendekatan Konseling yang Dibutuhkan

Dengan ditemukannya masalah-masalah yang ada melalui tes psikologi, maka kita bisa merancang strategi konseling yang bisa dilakukan. Tes psikologi harus diberikan sesuai dengan kasus atau permasalahan yang sedang dihadapi, sehingga strategi konseling pun akan tepat diberikan.

  1. Mengukur Kemampuan Seseorang

Kemampuan seseorang bisa diukur pula melalui tes psikologi. Ini bisa mengetahui di bagian apa saja seseorang lebih unggul dan menguasai. Pengukuran minat dan bakat juga bisa dilakukan melalui proses tes psikologi.

  1. Menilai Motivasi Seseorang

Motivasi seseorang juga bisa diukur melalui tes psikologi. Tingkat kemauan seseorang yang fluktuatif atau stabil juga bisa disimpulkan melalui beberapa macam tes psikologi yang ada. Ini adalah manfaat tes psikologi dalam bidang klinis yang juga cukup berguna.

Demikian penjelasan terkait apa saja manfaat tes psikologi dalam bidang klinis yang menghasilkan perkembangan psikologis yang positif.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Klinis