Sponsors Link

6 Contoh Modifikasi Perilaku Anak Tunalaras

Sponsors Link

Setiap anak memiliki karakter dan keunikannya tersendiri, anak yang memiliki perilaku wajar seperti usianya memang cukup sangatlah aktif dan lincah. Banyak para orang tua yang memiliki keunikan anak dengan kondisi yang bisa dikatakan super ekstra aktif bahkan memiliki kecenderungan abnormal dalam bersikap. Berikut ini contoh masalah psikologis pada anak tunalaras yang dapat Anda ketahui.

ads

Contohnya pada kasus anak dengan kebutuhan khusus yaitu tunalaras, tunalaras sendiri merupakan sikap atau perilaku anak yang memiliki ketidakbiasaan dalam berpola prilakunya terhadap lingkungan, bisa dikatakan diluar kondisi anak normal lainnya.

Dalam menghadapi sikap serta perilaku anak dengan kebutuhan khusus ini, maka diperlukan beberapa metode, berikut ini contoh modifikasi perilaku anak tunalaras yang perlu Anda ketahui :

1. Ketahui Apa Yang Anak Inginkan

Setiap anak tentu memiliki kebutuhan yang berbeda, baik karena usia dan juga jenis kelaminnya. hal ini juga terjadi untuk kebutuhan anak dengan keistimewaan tertentu, anak dengan indikasi tunalaras tidak bisa disamakan dengan anak normal lainnya. Karena itu sebagai orang tua dan juga guru pembimbing harus mengetahui dan mengenali kebutuhan apa yang menjadi dasar anak tersebut inginkan. Ketahui bagaimana cara proses perkembangan kognitif anak berkebutuhan khusus, Anda patur memahaminya.

2. Berikan Pola Belajar Take And Give

Anda juga bisa mencoba contoh modifikasi perilaku anak tunalaras dengan cara take and give. Pada saat anak bisa melakukan hal yang Anda ajarkan dengan baik, maka sepatutnya anak tersebut Anda berikan penghargaan berupa hadiah atau perhatian khusus atas prestasi yang sudah dicapai. Dengan cara demikian anak akan merasa diperhatikan, dipenuhi keinginannya dan semakin percaya kepada Anda, baik sebagai orang tua atau sebagai guru pembimbing. Contoh lain dari kasus dan masalah psikologi untuk anak tunagrahita dalam perkembangannya.

3. Tidak Memaksakan Kehendak Yang Memaksa

Hal yang sangat penting dilakukan dalam mendidik dan memberikan pelatihan kepada anak tunalaras adalah dengan tidak memaksakan kehendak yang tidak seharusnya. Contoh jangan memaksa anak untuk bertingkah sopan apabila kondisi sikapnya belum bisa memahami apa itu sikap sopan dan santun. Ajarkan dengan cara yang lembut dan berikan teladan sikap yang menunjukan kalau hal tersebut baik dan tidak baik. Metode dan bagaimana cara menangani anak berkebutuhan khusus dalam memberikan pendidikan dasar yang baik.

4. Berikan Ruang Pada Anak Untuk Berkembang

Contoh modifikasi perilaku anak tunalaras lainnya adalah dengan memberikan kepada anak tunalaras melakukan pola berkembang secara bebas dan bertanggungjawab. Jangan biarkan ia bebas tanpa pengawasan, berikan ruang yang seperlunya dengan memberikan juga pengertian bahwa hal yang dibatasi bukan untuk dilarang namun sebagai batasan secara berlebihan.

Ruang anak dibutuhkan oleh anak tunalaras untuk melakukan eksperimen untuk membangun pola pikir dan fisiknya. Berikut dampak serta gangguan emosi pada anak berkebutuhan khusus yang wajib Anda ketahui.

5. Berikan Batasan Mana Yang Boleh dan Mana Yang Tidak Boleh

Dalam memberikan pengajaran dan pelatihan Anda harus memperhatikan sikap Anda baik sebagai orang tua dan juga tenaga pengajar. Karena anak tunalaras sangat memperhatikan setiap sikap dari orang sekitarnya yang pastinya harus sesuai dengan unsur kebaikan dan keteladanan. Berikan pendidikan mengenai mana yang boleh dilakukan dan mana yang tidak boleh dilakukan beserta dengan alasan yang mereka mengerti. Kenali beberapa bentuk karakteristik anak berkebutuhan khusus yang harus ditangani dengan baik.

6. Terapkan Pola Kasih Sayang dan Perhatian Dalam Kegiatannya

Pentingnya contoh modifikasi perilaku anak tunalaras satu ini bagi perkembangan anak tunalaras adalah dekapan kasih sayang juga perhatian dari orang disekitarnya. Jangan biarkan mereka kehilangan rasa cinta, kasih sayang dengan kondisi mereka, dan hindari rasa menyalahkan diri sendiri atau menyalahkan anak tersebut. Berikan dorongan moril dan spiritual serta didik dengan nilai – nilai agama yang baik.

Jangan lupa juga untuk terus mendoakan anak Anda untuk menjadi anak yang terbaik dalam sikap dan pribadinya. Ini dia salah satu dampak serta pengaruh pendidikan karakter terhadap jiwa anak sangat penting untuk Anda.

Semoga dengan beberapa contoh modifikasi perilaku anak tunalaras bisa menumbuhkan perhatian Anda sebagai orang terdekat untuk memberikan pola didikan dan keteladanan yang baik.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Anak