Sponsors Link

5 Contoh Modifikasi Perilaku Self Management

Sponsors Link

Manusia memiliki akal, pikiran, nafsu dan juga perasaan yang tidak dimiliki mahluk lainnya. Sebagai ciptaan yang sempurna tentu manusia tidaklah dapat hidup sendiri tanpa adanya bantuan dari orang lain. Pribadi yang lekat dengan perilaku serta sikap yang baik dan normal tentu menjadi satu elemen yang penting dalah kehidupannya. Berikut ini perbedaan sikap dan perilaku dalam Ilmu Psikologi yang bisa Anda pahami.

ads

Berbeda apabila ada kondisi sikap yang secara harpiah tidak bisa dikatakan normal, seperti pencandu nartkotika, perampok, dan penyakit jiwa lainnya. Hal ini tentu dapat mempengaruhi kehidupannya secara pribadi dan juga orang disekitarnya. Berikut ini ketahui contoh modifikasi perilaku self management seperti di bawah ini :

1. Memberikan Arahan Mengenai Tujuan dari Self Management

Sebelum mengetahui bagaimana cara modifikasi pribadi seseorang, berikan sebelumnya arahan mengenai tujuan Anda melakukan modifikasi self management kepada pasien. Hal ini bertujuan agar posisi pasien tahu akan hal yang harus ia lakukan dan mana yang ia harus hindari. Dengan adanya tujuan maka pasien akan lebih tahu arahan dan jadwal latihan atau terapi apa saja yang mampu ia lakukan. Dan hal ini juga mempengaruhi goal yang akan dicapai dalam perubahan sikap dan perilaku ke arah yang lebih baik. Kenali beberapa contoh perubahan perilaku dalam tradisi sebagai akibat globalisasi yang berkembang pesat.

2. Berikan Rasa Kepercayaa Agar Mampu Melakukan Semua Bentuk Latihan

Contoh modifikasi perilaku self management selanjutnya adalah dengan memberikan rasa percaya penuh kepada pasien. Apapun terapi dan latihan yang diberikan biarlah klien merasakan dan dengan sepenuhnya melakukan tanpa adanya paksaan atapun desakan dari orang lain. Karena hal ini dapat mempengaruhi hasil yang dicapai, dan juga secara psikologi berdampak pada mental pasien apabila ia merasa tertekan atau terancam. Contoh berikut perilaku individu dalam konteks sosial dan pergaulan sehari – hari.

3. Berikan Stimulus Untuk Mengubah Pola Pikir, Sikap dan Perilakunya

Apapun jenis terapi dan latihan yang diberikan tentu bertujuan untuk bisa menjadikan seseorang menjadi pribadi yang lebih baik dan bisa berubah ke arah yang baik pula. Dengan adanya stimulus atau rangsangan dari tindakan terapi tersebut, maka akan terlihat hasil pada diri pasien. Hasil yang tidak mungkin langsung terjadi, namun secara perlahan akan mengarahkan kepada perubahan yang terjadi pada mental dan sikapnya. Contoh dengan latihan bermain musik tentu akan menjadikan seseorang yang dirinya rileks dan senang sehingga lambat lain ia akan merasakan adanya perubahan hati dan juga jiwa. Beberapa contoh aspek psikologi dalam perilaku seseorang dalam kesehariannya.

4. Beri Penghargaan Untuk Usaha Yang Dilakukan

Setiap hasil yang dicapai baik dengan terapi maupun latihan, maka sepatutnya dihargai. Dengan contoh modifikasi perilaku self management, maka seorang pribadi yang harus dirubah secara perilakunya, maka berikan penghargaan untuk usaha yang ia mampu capai. Setiap perkembangan seseorang tentulah berbeda, ada yang cepat dan juga ada yang lambat. Apapun prosesnya tetaplah hasil yang menentukan, dan mendapat reward tentu memiliki nilai yang tinggi dimata pasien. Berikut ini cara dan teknik flooding dalam modifikasi perilaku yang dapat diterapkan pada pasien.

5. Berikan Terapi Yang Sesuai Dengan Tingkatan Usia

Satu lagi hal yang tidak bisa dilanggar dan harus dipastikan untuk diberikan sesuai dengan kebutuhan dan usia pasien. Tidaklah sana jenis terapi yang diberikan kepada anak – anak dengan usia orang dewasa atau remaja. Hal ini tentu berdampak pada hasil akhir dan efek mental pada pasien. Jadi dengan terapi yang tepat maka tujuan serta hasil yang dicapai dapat maksimal dan juga fokus pada tujuan utama. Dan metode serta teknik fading dalam modifikasi perilaku yang bisa dilakukan perubahan pada seseorang atau pasien.

Semoga penjelasan mengenai contoh modifikasi perilaku self management bermanfaat untuk Anda dalam menangani perubahan perilaku diri sendiri dan juga orang lain.

Sponsors Link
, , ,