Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Marah Tanpa Sebab Menurut Psikologi

Sponsors Link

Wajar apabila seseorang suka marah atau memarahi orang lain karena faktor salah atau membuat kesal. Namun, tahukah Anda marah yang dapat berdampak buruk pada kejiwaan Anda ?, yaitu kondisi marah yang sangat besar disertai dengan bentuk tindakan menyakiti diri sendiri dan juga orang lain. Berikut contoh faktor penyebab marah menurut psikologi yang dialami banyak orang.

ads

Kondisi marah yang berlebihan dan juga setiap saat dilakukan menjadi pertanda kalau orang tersebut memiliki gangguan jiwa atau tidak normal. Nah, untuk menghindari hal tersebut berikut ini cara mengatasi marah tanpa sebab :

1. Cari Penyebab Anda Menjadi Marah

Salah satu kondisi yang dapat membuat Anda menjadi marah bisa sangat beragam, kenali penyebab kenapa Anda bisa mudah marah. Dengan hal tersebut maka Anda dapat menghindarinya dan juga mencari cara bagaimana meredam rasa marah yang berlebihan. Dengan mengetahui penyebabnya Anda juga mampu untuk melakukan tindakan lain agar rasa marah bisa mereda. Contoh tips dan cara mengatasi marah saat menstruasi penting bagi wanita.

2. Pada Saat Anda Marah, Keluarlah

Selanjutnya cara mengatasi marah tanpa sebab yang bisa dilakukan adalah dengan keluar dari zona tersebut. Pada saat rasa marah akan timbul segeralah Anda untuk menjauh dan keluar atau lari dari kondisi tersebut. Hal demikian cukup ampuh untuk melepas rasa tersebut agar tidak meledak bahkan menjadi bertambah besar. Dengan Anda keluar maka kondisi emosi Anda akan sedikit mereda dan Anda bisa mencari sesuatu yang bisa membuat kondisi emosi menurun. Beberapa resiko dan dampak anak sering dimarahi secara fisik dan juga psikis.

3. Saat Anda Marah Cobalah Untuk Menarik Nafas Dalam

Pada saat Anda mulai kesal, maka cara mengatasi marah tanpa sebab itu dengan mencoba tarik nafas dengan dalam dan keluarkan. Dengan Anda menarik nafas dalam dapat membuat perasaan jauh lebih terkendali. Buang napas lewat mulut, salah satu cara agar rasa marah dapat Anda luapkan walau hanya dengan hembusan nafas. Biasakan hal tersebut, maka lambat laun perasaan marah bisa Anda kontrol. Metode dan juga cara mengatasi anak pemarah menurut psikologi yang dapat Anda ketahui.

4. Pada Saat Marah, Cukup Diam

Pada saat kondisi Anda marah, cukup lakukan dengan diam tanpa bicara dan juga tindakan apapun. Walau sebenarnya akan terasa sulit, khususnya Anda yang memili tipekal ekspresif, coba lakukan hal tersebut perlahan – lahan. Butuh kesabaraan besar untuk hal itu, namun apabila Anda sudah terbiasa maka Anda bisa berdamai dengan kondisi tersebut. Ini dia teori mengenai perbedaan perasaan dan emosi dalam psikologi secara umum.

5. Marahlan Pada Benda Atau Media Lain

Cara mengatasi marah tanpa sebab lainnya adalah Anda bisa melampiakan perasaan marah dengan media lain. Anda bisa menemukan banyak cara untuk pelampiasan kekesalan, bisa dengan Anda memukul benda – benda keras, Anda bisa mencurahkan marah melalui tulisan, atau Anda bisa mengadu kepada teman, kerabat atau dengan beribadah. Anda lebih tahu bagaimana cara memilih media yang tepat untuk diri Anda. Hal yang bisa Anda pelajari dari peran orang tua dalam perkembangan sosial emosional anak usia dini.

6. Segeralah Mencuci Muka Anda

Dan hal yang bisa membuat rasa marah Anda sedikit mereda yaitu dengan cara Anda membasuh muka pada saat hendak marah. Sebelum rasa marah semakin membesar segera lari ke kamar mandi atau tempat mencuci muka, lalu basuhlah muka Anda. Dengan demikian tingkat rasa marah akan menurun, dan jadikan hal ini sebagai kebiasaan Anda supaya tidak berdampak kepada kondisi emosi yang semakin parah. Berikut beberapa cara mengajari anak mengelola emosi yang baik dan benar.

Melawan rasa marah memang tidaklah mudah, namun dengan cara di atas semoga bisa menjadi pilihan untuk dapat menghalau marah Anda jauh lebih terkontrol. Semoga penjelasan tentang cara mengatasi marah tanpa sebab menjadi manfaat. Cukup sekian dulu artikel ini dan sampai berjumpa pada artikel lainnya.

 

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Faal