Sponsors Link

6 Cara Agar Mampu Berpikir Kritis Menurut Psikologi

Sponsors Link

Apakah Anda memiliki pola pikir sebagai orang yang kritis atau biasa saja?, menurut penelitian seseorang yang memiliki pikiran kritis sangatlah peka terhadap kondisi yang terjadi di sekitarnya. Ada beberapa hal yang bisa dikritisi sebagai hal yang positif, dan ada juga hal yang dikritisi tapi mengenai hal yang tidak baik. Berikut ini fungsi berpikir kritis dalam psikologi lintas budaya dalam kehidupan bersosialisasi.

ads

Contohnya saja dalam sebuah lingkungan sekolah, remaja bisa saja kritis mengenai biaya sekolah yang mahal atau mata pelajaran yang tidak berbobot. Ada banyak cara untuk mengungkapkan pikiran – pikiran kritis namun harus sesuai dengan aturan dan juga alasan yang masuk akal. Berikut ini beberapa cara agar mampu berpikir kritis di saat yang tepat dan dengan alasan yang benar.

1. Alasan Untuk Berasumsi

Sebelum Anda mengutarakan pikiran kritis Anda, sebaiknya cek kembali mengenai asumsi yang ada. Agar Anda tidak terjebak kepada ragam asumsi yang belum tentu benar kenyataannya. Carilah pertanyaan mengapa asumsi tersebut harus Anda buat dan ungkapkan, dengan tujuan apa dan bagaimana apabila asumsi itu salah. Cari banyak hal mengenai asumsi dengan matang dan tepat, agar tidak salah dalam membuat keputusan kelak. Contoh kiat dan cara membangun sikap kritis yang harus Anda ketahui.

2. Cari Kebenaran Informasi

Cara agar mampu berpikir kritis lainnya adalah Anda haru mengumpulkan bukti dan alasan mengapa Anda mengkritik sesuatu hal atau kondisi tersebut. Penting karena setiap kritikan haruslah memiliki dasar kebenaran melalui bukti yang ada. Apabila Anda mengkritisi suatu hal tanpa adanya bukti dan informasi, maka hal tersebut bisa dikatakan bohong, fitnah atau asumsi yang salah dan ini pasti sangat beresiko. Berikut peranan dan juga hubungan psikologi dengan logika dalam proses berpikir.

3. Berpikir Dari Sisi Yang Lain

Coba Anda mampu menengot dari sisi dan masalah berdasrkan sudut pandang lain dan pikirkan bagaimana penyelesaian masalah yang bsia jadi tidak terpikirkan sebelumnya oleh Anda. Sesuatu yang Anda yakini belum tentu sepenuhnya itu adalah benar, maka itu penting untuk memikirkan pendapat atau opsi yang lain yang bisa menjadi referensi Anda sebagai alasan. Hal yang perlu Anda ketahui yaitu cara membaca pikiran orang menurut psikologi.

4. Ide Kreatif

Cobalah untuk mencari cara baru yang lebih kreatif, inovatif dan berbeda dalam menghadapi dan juga menyelesaikan sebuah masalah atau konflik. Karena bisa jadi cara tersebut lebih masuk akal dan bisa diterima secara akal sehat, hal ini bisa membuat cara agar mampu berpikir kritis lebih berbobot dan juga beralasan. Bukan berarti cara sebelumnya tidak benar hanya mencari ide lain untuk menyiasati supaya lebih bermakna. Kenali ragam dan macam macam gaya berpikir yang bisa dipelajari.

5. Reflesikan Pikiran Anda

Carilah cara bagaimana Anda dapat mereflesikan setiap pikiran kritis Anda lebih terarah dan fokus. Dengan waktu yang hanya sedikit saja mampu memberikan Anda kesempatan untuk bisa berpikir dan mereflesikan apapun. Sehingga hasilnya dapat membuat keputusan dan tindakan yang Anda buat merupakan hal yang sudah yakin dan benar. Berikut beberapa manfaat berpikir positif menurut psikologi guna menciptakan kehidupan yang tenang.

6. Jujur dan Open Minded

Selanjutnya cara agar mampu berpikir kritis lainnya yaitu mampu bersikap jujur dan terbuka. Dalam tindakan dan hasil keputusan yang ada harus diungkapkan secara jujur dan terbuka, jangan menutup apapun keputusannya tersebut. Karena keputusan tersebut tidak menurut orang buruk, dan Anda harus mencoba ungkapkan faktanya secara tepat dan benar. Agar orang lain yang menilai Anda yakin akan ungkapan dan alasa yang Anda buat. Contoh langkah dan cara menghilangkan beban pikiran yang dapat Anda lakukan dalam menyikapi kehidupan.

Demikianlah beberapa contoh cara agar mampu berpikir kritis, dan jadilah pengkritik yang benar dan bertanggung jawab. Semoga bermanfaat dan menjadi pengetahuan untuk Anda.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Psikologi Faal