Sponsors Link

12 Cara Membangun Sikap Kritis yang Harus Diketahui

Sponsors Link

Kritis merupakan salah satu sikap yang harus dimiliki oleh kebanyakan orang. Dimana berpikir kritis merupakan sebuah cara yang sangat baik untuk bisa menganalisis sebuah ide berdasarkan penalaran logis dan data yang jelas. Bukan hanya sebuah asumsi atau sesuatu yang dianggap tebakan saja. Ketika anda berpikir kritis maka anda akan berusaha untuk mengasah tingkat keingintahuan namun berbarengan dengan intelektual yang tinggi. Berbeda dengan istilah “kepo” atau hanya sekedar ingin tahu dan tidak memberikan dampak atau efek positif apapun setelahnya. Membicarakan mengenai hal kritis, maka bukan hal yang mudah. Untuk itu ada beberapa cara yang dianggap ampuh untuk bisa membangun sikap kritis dalam diri anda. Apa saja ?

ads
  • Sering Bertanya

Kritis dimulai dari rasa penasaran dan keingintahuan yang tinggi. Anda ingin membangun sikap kritis maka salah satu cara yang paling mudah jelas bertanya. Dengan bertanya anda bisa mengajukan berbagai argumen atau sesuatu yang jelas membuat anda penasaran. Namun jangan coba-coba untuk membandingkan atau bahkan membalikan sesuatu yang tidak baik, terutama pada orang-orang yang ingin anda ketahui atau ingin anda jadikan inspirasi untuk membangun rasa kritis.

Sering bertanya juga bisa membantu anda melihat seperti apa atau sejauh mana rasa kritis anda terbangun. Bertanyalah pada sesuatu yang tepat dan coba untuk bertanya pada hal yang memang patut untuk ditanyakan.

  • Uji Asumsi

Menguji asumsi merupakan salah satu cara yang baik untuk bisa membangun sikap kritis anda. Semua orang pasti melakukan asumsi, terutama jika ada sebuah kejadian yang cukup mengganggu atau melibatkan anda maka asumsi akan muncul. Namun jika anda hanya bisa berasumsi dan menarik kesimpulan saja maka jelas anda bisa tidak bisa memilah dan menekan diri anda pada titik yang tepat. Anda hanya berubah menjadi orang yang senangnya mengambil keputusan sepihak dan bergosip, bukan jadi orang yang siap membangun sikap kritis.

Biasanya mereka yang tidak bijaksana hanya akan berasumsi dan mengatakan hal yang dipikiran saja. Namun mereka yang mau membangun sikap kritis bisa menguji asumsi dengan baik dan bisa menjadikan hal tersebut sebuah pelajaran. Layaknya sebuah hipotesa jika asumsi tersebut benar, maka hal tersebut akan menjadi sebuah kemenangan untuk pikiran anda.

  • Lihat Orang Sukses

Coba anda lihat orang-orang yang berhasil dan menjadi sukses. Hindari untuk melihat cangkangnya saja, mereka pasti memulai berbagai hal dengan usaha yang keras dan tentu saja tekat yang benar-benar bulat. Anda yang berpikir kritis dan bersikap kritis coba untuk lihat seperti apa orang-orang sukses melakukannya. Tips Sukses di Usia Muda yang Ampuh dan Efektif jelas banyak jalannya namun tak jarang banyak orang gagal walaupun hanya mengikuti.

Bagaimana mereka berpikir, hal apa yang harus anda ketahui dan bagaimana bertindak. Mengikuti cara orang sukses mendorong diri mereka dengan baik bisa memancing rasa kritis anda keluar dengan baik. Jangan hanya meniru, terkadang beberapa orang menghadapi masalah lebih besar saat ingin sukses. Namun jangan menyerah dan teruskan perjuangan, tidak sedikit orang sukses baru bisa menikmati hasil jerih payahnya setelah perjalanan panjang.

  • Jauhi Lingkungan Buruk

Apakah anda percaya bahwa lingkungan buruk mempengaruhi anda sangat banyak ? maka jawabannya adalah benar sekali. Bahkan pikiran dan sikap anda bisa saja berubah ke hal yang buruk jika anda berada di lingkungan tidak mencerminkan sikap baik sama sekali.

Pikiran anda menjadi tumpul dan merasa bahwa hal tersebut bukanlah masalah besar dan tidak memberikan dampak buruk. Mereka yang tinggal di lingkungan perampok pasti akan berpikir bahwa mencuri bukanlah hal besar dan itu cara mereka bertahan hidup. Dengan pemikiran seperti itu bagaimana bisa anda mendapatkan sikap yang kritis. Anda yang memang tinggal di lingkungan buruk tidak sepenuhnya buruk dan tidak bisa membangun sikap kritis, jika anda bisa melawannya balik tentu anda akan berubah dan bisa menjadi lebih hebat!

  • Tantang Diri Sendiri

Ketika anda ingin mengasah kekuatan analisa anda, maka akan lucu jika hanya bermain di zona nyaman. Bagaimana anda tahu seberapa hebat diri anda jika tidak pernah bermain dalam sebuah arena games. Begitupun cara yang tepat untuk membangun sikap kritis dalam diri anda. Terus menerus berada di zona nyaman tidak akan membantu anda untuk tumbuh dewasa dan juga berkembang.

Justru sebaliknya, yang ada anda hanya akan berlindung dan ketika masalah datang anda tidak akan bisa menghadapinya. Cobalah untuk mulai menantang diri sendiri dengan berbagai hal yang dianggap sulit, hal ini akan membantu anda untuk berpikir dan bersikap lebih kritis. Kenapa hal tersebut harus dilakukan, apa saja yang harus anda pikirkan, solusinya bagaimana dan jika berhasil melewatinya. Dijamin anda akan ketagihan dan tentu rasa percaya diri akan meningkat tajam.


  • Hadapi Masalah

Masalah memang guru yang paling baik, dimana anda bisa menguji seperti apa diri anda dan karakter yang anda miliki ketika memiliki masalah. Setelah selesai masalah mungkin menjadi kenangan terburuk namun jelas mereka meninggalkan pelajaran yang sangat penting untuk anda. Termasuk cara untuk membangun sikap kritis dengan benar, dengan menghadapi masalah pemikiran anda akan teruji untuk bisa berpikir dengan logis dan menyelesaikan masalah dengan benar dan kritis juga. Anda akan bisa melihat yang sebenarnya terjadi dan anda juga bisa mempersiapkan diri untuk masalah atau kejadian yang akan anda hadapi selanjutnya. Jelas dengan pemikiran kritis yang lebih baik.

  • Banyak Belajar

Anda harus banyak belajar untuk menjadi seseorang yang kritis, semua orang mencoba belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik, termasuk membangun sikap kritis dari sana. Banyak belajar bukan hanya teori saja namun anda harus mengaplikasikannya dengan jelas. Pemikiran yang anda bangun untuk menjadi kritis bisa dimulai dari belajar dan belajar. Tidak perlu khawatir tempat, waktu selama anda mencoba mempelajarinya.

  • Hindari Rasa Pribadi/Subjektif

Hakikat Perasaan dalam Psikologi sangat luas, Jika anda melakukan apapun dengan pandangan yang subjektif maka itu tidak akan pernah benar. Anda akan terlibat hal yang tidak profesional, memihak, dan jelas akan menutup pemikiran secara logis. Padahal kritis merupakan sebuah pemikiran yang harus benar-benar logis. Anda harus menggunakan hal yang jelas dan gamblang, bukan memihak dan tertutup dengan perasaan.

Perasaan subjektif tidak akan membawa anda pada sebuah pemikiran yang dewasa. Karena anda hanya akan berpihak padahal sudah jelas salah. Namun pikiran kritis tidak membangun anda untuk menjadi pribadi dengan pikiran seperti itu. Hindari rasa pribadi dan pikiran subjektif. Dan anda harus bisa membangun pemikiran kritis dari pandangan yang objektif tentunya.

  • Peduli

Bagaimana anda bisa bersikap kritis jika rasa peduli anda benar-benar rendah ? sikap kritis bisa terbangun dari rasa keingintahuan dan juga seringnya pikiran kritis digunakan dalam situasi tertentu. Bagaimana bisa terbangun jika rasa ingin tahu anda benar-benar rendah. Pertama anda harus tingkatkan rasa peduli yang anda miliki. Jika membicarakan mengenai, anda tidak ingin terlibat dengan urusan orang lain maka mulai dari diri sendiri. Bagian mana yang bisa membantu anda berpikiran kritis, dan bagian dari hidup anda yang mana yang harus diperhatikan dengan benar-benar.


  • Introspeksi Diri

Terkadang anda tidak bisa membangun sikap kritis dengan baik karena terhalang oleh rasa percaya diri terlalu tinggi, atau rasa minder yang juga terlalu tinggi atau hal lainnya. Untuk anda yang merasa mengapa sikap kritis belum bisa dimulai dengan baik, anda bisa memulainya dengan introspeksi dan melihat apakah ada sikap anda atau pemikiran anda yang menghalangi. Ketika sikap kritis anda hadir, maka anda harus bisa menghapus sikap buruk yang tinggal pada diri anda.

  • Temui Banyak Orang

Pendekatan Humanistik Dalam Psikologi Sosial terbukti baik. Orang lain bisa memancing rasa ingin tahu anda lebih dalam. Anda juga bisa memiliki pembicaraan yang sesuai dan bisa memancing rasa kritis anda untuk muncul.  Dari mereka juga anda bisa mempelajari kritisi yang dimaksud. Banyak orang yang memiliki pemikiran kritis lebih baik dari anda tentunya anda bisa mempelajari itu dengan baik.

  • Hindari Informasi Mentah

Jika anda ingin membangun pikiran kritis hindari menerima informasi secara mentah dan juga sembarang. Anda harus menganalisa apakah informasi tersebut benar atau tidak. Apakah informasi tersebut memang ada atau tidak. Coba gunakan pikiran anda dengan benar sehingga sikap kritis anda terbangun dan tergugah untuk mencari keberanannya. Terutama jika informasi tersebut memang ditujukan untuk anda. Selama ini ada banyak masalah informasi yang ternyata tidak benar, khususnya pada media digital. Jangan sampai anda termakan kebohongan informasi tersebut. Membangun sikap kritis memang tidak mudah dan membutuhkan banyak latihan atau waktu yang cukup lama.

Baca juga :

Demikian yang dapat disampaikan, semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :