Sponsors Link

12 Cara Mengatasi Depresi pada Lansia Menurut Psikologi

Sponsors Link

Depresi pada usia lanjut merupakan hal atau konteks yang cukup sering terjadi, hal ini biasanya pada usia di atas 70an seseorang akan jauh lebih sulit untuk mengungkapkan apa yang sedang dirasakannya, seperti hal yang berkaitan dengan suasana hati. merasa diabaikan dan juga dibuang merupakan salah satu penyebab yang biasanya terjadi pada usia lanjut dan akan berpotensi terkena penyakit depresi.

ads

Penyakit depresi ini memang tidak hanya bisa terjadi pada anak muda saja, namun cukup sering terjadi pada usia lanjut usia. oleh sebab itu peran serta dukungan keluarga memang sangat dibutuhkan dalam hal ini, agar nantinya bisa membantu para lansia ini menjadi lebih berfikir positif lagi, sehingga dapat mencegah terjadinya depresi pada lansia. Gejala depresi juga bisa sangat berbahaya bagi kesehatan lansia, karena akan mempengaruhi nafsu makan, berat badan yang semakin berkurang dan juga kurangnya minat dalam melakukan aktifitas.

Sebagai keluarga tentunya anda harus lebih peka terhadap tanda-tanda berbagai gejala depresi yang terjadi pada lansia, sehingga secepat mungkin bisa langsung diatasi. setelah diketahui gejala dan penyebabnya barulah anda bisa mencari salah satu cara yang terbaik untuk mengatasi depresi tersebut. untuk itu dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara mengatasi depresi pada lansia, diantaranya;

1. Olahraga yang rutin

Perlu Anda ketahui, olahraga merupakan sebuah aktivitas fisik yang memliki manfaat cukup banyak, salah satunya dalam mengatasi depresi pada lansia, dengan melakukan olahraga yang rutin ternyata cukup ampuh untuk bisa menjaga suasana hati lansia, bahkan beberapa diantaranya juga membuktikan dengan olahraga rutin sama efektifnya ketika Anda menggunakan sejenis obat antidepresan.

2. Istirahat yang cukup

Depresi pada lansia biasanya dikaitkan dengan gangguan jiwa pada lansia, padahal hal tersebut tentu saja berbeda. Karena lansia yang mengidap gangguan jiwa memang akan lebih sulit untuk diatasi, berbeda jika masih dalam tahapan depresi yang masih bisa diatasi dengan berbagai cara, salah satunya dengan istirahat yang cukup. Dengan istirahat yang cukup tentunya bisa memberi kemudahan untuk otak dan fikiran menjadi jauh lebih rileks, dan membuat para lansia tidak berfikir yang terlalu berat, istirahat yang cukup juga dapat membuat tubuh menjadi lebih sehat dan bugar sehingga terhindar dari depresi.

Baca juga :

3. Menggunakan obat anti depresi

Beberapa orang memang menganggap dengan menggunakan obat antidepresi cukup ampuh dalam mengatasi depresi pada lansia, anda bisa menggunakan cara yang satu ini sebagai penanganan yang dapat dilakukan, namun dalam hal tentu saja membutuhkan saran dan anjuran dari dokter, karena hanya dokter yang dapat menentukan dosis yang tepat untuk para lansia yang terkena depresi ini.


4. Lakukan komunikasi yang baik

Komunikasi yang baik bisa membuat seseorang menjadi lebih nyaman dan juga terhindar dari berbagai penyakit, karena hal tersebut berkaitan dengan psikologi lansia. Sebagai seorang anak anda sebaiknya melakukan komunikasi yang tepat dan juga pendekatan agar memberikan perhatian yang lebih pada orang tua yang terkena depresi, sehingga para lansia ini pun akan merasa masih ada yang memperhatikannya, karena perasaan depresi muncul biasanya dikarenakan ketidakpedulian keluarga pada orang tua yang sudah lansia, sehingga menimbulkan rasa diacuhkan oleh anak. Dengan pendekatan dan komunikasi yang baik tentu akan sangat membantu para lansia yang terkena depresi.

5. Melakukan terapi

Terapi bisa dijadikan sebagai cara mengatasi depresi atau gangguan mental pada lansia, namun dalam hal ini anda perlu hati-hati dalam melakukannya, dengan terapi ini akan menumbuhkan sikap positif dan juga pikiran yang positif pada orang tua, sehingga depresi pada lansia bisa diatasi secepat mungkin.

6. Pola makan yang sehat

Memberikan asupan makanan yang baik dan juga bergizi bisa dijadikan sebagai cara mengatasi depresi pada lansia, cara ini juga bisa dinilai cukup ampuh karena selain dapat membuat tubuh lebih sehat, otak dan pikiran akan kembali bekerja seperti biasanya, jangan lupa untuk memastikan asupan penting seperti vitamin, omega 3, kandungan zat besi dan juga serat yang baik, namun sebaiknya hindari para lansia ini mengkonsumsi makanan seperti junkfood atau yang terlalu banyak mengandung gula.

Baca juga :

7. Berikan hubungan sosial yang kuat

Menurut penelitian, dengan memiliki hubungan sosial yang kuat akan mencegah lansia terkena depresi, hubungan sosial ini bisa berupa hubungan dengan cucu, anak dan juga bisa bergabung dalam kelompok masyarakat seperti pengajian atau hal lain yang bermanfaat, karena dengan hubungan psikologi sosial dapat membuat lansia tetap aktif dan memiliki aktivitas setiap hari, sehingga hal tersebut tentu akan sangat membantu para lansia ini terkena penyakit depresi. Penyakit depresi ini memang biasanya muncul karena terlalu lama tidak berkegiatan atau memiliki aktivitas yang rutin, sehingga akan mudah sekali terkena depresi.


8. Banyak membaca buku

Aktivitas membaca buku dapat membuat otak bekerja dengan baik dan  juga terjaga kesehatannya, bahkan dengan sering membaca juga bisa mengurangi pikun dan mencegah terjadinya penyakit demensia yang biasanya terjadi pada beberapa lansia. Untuk itu salah satu cara mengatasi depresi pada lansia yang efektif, salah satunya bisa dilakukan dengan membaca buku setiap hari. Selain bisa mengisi waktu luang dan bertambah wawasan, dengan aktif membaca buku dapat mencegah terjadinya depresi pada lansia.

9. Merawat tanaman

Pernahkah terpikirkan oleh anda dengan merawat tanaman ternyata bisa mencegah depresi pada lansia. Ternyata cara ini cukup ampuh dalam mengatasi stres, karena tanaman membuat suasana hati menjadi lebih gembira, apalagi jika melihat tanaman yang kita tanam tumbuh dengan subur, sehingga hal tersebut bisa dijadikan sebagai cara untuk mengatasi depresi pada lansia.

10. Merawat dengan ketulusan

Tidak ada hal yang jauh lebih baik dibandingkan ketulusan keluarga, salah satunya saat merawat lansia, jika anda merawat orang tua yang sudah lansia dengan ketulusan dan sepenuh jiwa tentunya bisa membuat para lansia ini jauh lebih nyaman dan juga bahagia, sehingga semangat para lansia ini akan tumbuh dengan sendirinya dan mencegah yang namanya depresi.

11. Luangkan waktu

Meluangkan waktu untuk para lansia tentu akan sangat membuat mereka dihargai dan disayangi, sehingga bisa dijadikan sebagai cara untuk mengatasi depresi yang muncul pada lansia, perlu anda ketahui perasaan depresi muncul karena lansia ini merasa sudah tidak disayangi dan dipahami, sehingga secara tidak langsung dapat menyebabkan depresi, untuk itu dengan meluangkan waktu kebersamaan dengan orang tua atau lansia akan membuta lebih bersemangat menjalani hidup sehingga mencegah terjadinya depresi.

12. Psikoterapi

Cara ini biasanya bisa ditempuh sebagai pilihan alternatif terakhir, dengan menggunakan terapi psikologis bisa membantu para lansia yang terkena depresi, dan juga dapat diketahui yang menjadi penyebab terjadinya depresi tersebut, sehingga pada akhirnya bisa dilakukan penanganan yang lebih lanjut.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Psikologi Kognitif