Sponsors Link

6 Contoh Terapi Bermain Pada Lansia

Sponsors Link

Usia anak – anak dan usia remaja merupakan usia yang sangat gemilang, indah dan penuh dengan keceriaan. Semakin cepat waktu berlalu, semakin tidak terasa usia semakin menua. Hal yang ditakuti banyak orang yaitu menjadi tua dan lemah. Berikut tindakan serta terapi untuk kesehatan mental yang perlu diketahui.

ads

Ada banyak rasa ketakutan karena menjadi tua, salah satunya adalah menurunnya rasa semangat, motivasi hidup serta fisik yang menurun. Bagi lansia yang memiliki banyak keterbatasa khususnya kondisi mental dan fisik yang berubah membutuhkan perawatan khusus. Berikut ini contoh terapi bermain pada lansia yang dapat dicoba yaitu :

1. Bermain Puzzle

Permainan puzzle merupakan permainan yang menyenangkan dan mampu mengasah otak dan juga daya ingat bagi pemainnya. Permainan ini tidak hanya dapat dimainkan anak dan remaja, termasuk usia dewasa dan juga lansia. Dengan bermain puzzle dapat menumbuhkan antusias lansia untuk memainkan permainan ini sesuai dengan polanya. Beberapa praktek dan contoh terapi modalitas dalam keperawatan jiwa.

2. Bermain Teka Teki

Contoh terapi bermain pada lansia selanjutnya yaitu berman teka teki, pertanyaan mengenai teka teki dapat disesuaikan dengan kemampuan para lansia. Memainkan permainan ini sangatlah menyenangkan serta mampu menumbuhkan rasa antusias dan peran aktif dari para lansia yang mengikutinya. Permainan ini juga mampu meningkatkan memori serta kelancaran fungsi otak. Contoh kegiatan dan terapi aktivitas kelompok pada lansia yang dapat dilakukan bersama – sama.

3. Melakukan Senam

Kegiatan bermain lain dapat melakukan gerakan senam ringan, tujuan senam tentu saja dapat menyehatkan fisik juga pikiran. Latihan senam dapat dilakukan dengan berbagai gerakan yang ringan, contoh senam lansia yang ringan seperti senam pernafasan, senam skj dan lain sebagainya. Dengan melakukan gerakan senam tubuh menjadi lebih lentur, nafas lebih teratur, fungsi jantung lebih stabil dan juga menyegarkan pikiran menjadi lebih rileks. Contoh masalah pada penyakit gangguan jiwa pada lansia serta penyebabnya.

4. Bermain Catur

Permainan lain yang bisa dijadikan contoh terapi bermain pada lansia yaitu bermain catur. Untuk mengisi waktu luang dan waktu kosong sangat disarankan pada lansia untuk bermain catur, permainan ini bertujuan untuk melatih otak dan juga daya tangkap yang luar biasa aktif. Permainan ini cukup menarik dan juga memberikan semangat pemainnya untuk menjadi pemenag. Untuk latihan memori permainan ini cukup direkomendasikan bagi para lansia.Anda perlu mengetahui psikologi lansia perkembangan dan faktornya.

5. Bermain Alat Musik

Bagi lansia yang menyenangi alat musik dan mendengarkan musik tentu bermain musik sangatlah menyenangkan. Selain mampu mengasah gerakan tubuh, juga bermain musik dapat menghilangkan perasaan sedih, kecewa, kesepian dan juga membuat hati lebih senang dan tenang. Pilihlan alat musik yang asyik khusus untuk lansia seperti piano, gitar, kecapi dan lan sebagainya. Terapi alat musik dipercaya dalam pengobatan mental bagi para pasien yang mengalami trauma atau depresi. Berikut ini kiat dan cara mengatasi gangguan mood.

6. Bermain Bersama Hewan Peliharaan

Satu lagi contoh terapi bermain pada lansia yaitu memiliki hewan peliharaan, hal ini dapat menggantikan rasa kehilangan anggota keluarga yang dimiliki. Dan juga bertujuan untuk menghibur serta teman bermain yang menyenangkan dan juga menggemaskan. Salah satu manfaat bermain dengan hewan menurut psikologi yang patut dilakukan. Hewan yang bisa dijadikan hewan peliharaan antara lain kucing, anjing, ikan, burung dan sebagainya. Dengan terapi hewan maka perasaan senang, bahagia, serta gembira aka terpancar dan menghilangkan perasaan sedih dan juga kesepian.

Demikianlah penjelasan mengenai contoh terapi bermain pada lansia yang dapat diterapkan dalam perawatan dan tindakan pengobatan. Semoga menjadi manfaat untuk Anda.

Sponsors Link
, , , ,




Oleh :
Kategori : Ilmu Psikologi