Sponsors Link

6 Contoh Perubahan Mental Pada Lansia

Sponsors Link

Perubahan dari usia muda menuju usia tua tentu akan terlihat dampaknya, baik secara fisik maupun psikis. Bagi sebagian orang yang belum siap menjadi tua tentu mengalami stress dan tingkat kecemasan yang tinggi.  Sebab itu perlunya kesiapan yang harus dimiliki setiap orang. Salah satu bentuk terapi aktivitas kelompok pada lansia.

ads

Berikut ini akan dibahas mengenai bagaimana sikap dan contoh perubahan mental pada lansia yang dapat dijadikan sebagai pelajaran dan juga wawasan agar kita siap untuk menghadapi tua kelak :

1. Perubahan Pada Pendengaran alias Tuli

Satu contoh perubahan yang akan dialami pada usia tua yaitu pendengaran yang mulai samar – samar dan akhirnya menjadi tuli atau pikun. Hal ini sering terjadi pada lansia baik wanita dan juga pria, penyakit yang alami ini terjadi apabila gaya hidup dan juga faktor genetik yang dialami. Pikun sebenarnya dapat dicegah dengan banyak menjaga pola asupan yang baik serta menghindari kebiasaan buruk yang mempengaruhi saraf pendengaran. Begitu penting perhatian juga peran orang tua dalam pengendalian sosial.

2. Daya Ingat Menurun

Selain itu contoh perubahan mental pada lansia yaitu mulai menurunnya daya ingat atau memori yang sudah lemah. Saat ini banyak usia muda pun di atas usia 35 tahun mengalami semi pikun, mudah lupa dan rasa tidak ingat mengenai hal yang dilakukan.

Penyakit ini memang tidak bisa dipungkiri bagi para lansia, salah satu alternatif untuk menumbuhkan daya ingat lebih tajam dengan banyak latihan dan terapi memori. Hal ini dapat dilakukan sesuai dengan aturan dan juga petunjuk terapis atau dokter. Contoh kiat dan juga cara Mengatasi Depresi diri sendiri.

3. Perilaku Yang Seperti Anak Kecil

Sikap lansia memang sering membuat kita sedikit risih dan tidak nyaman, kebiasaan berperilaku seperti anak kecil akan terjadi pada lansia di atas usia 70 tahun. Hal ini merupakan faktor genetik dan kondisi fisik yang mulai menurun dan juga lemah.

Apabila hal ini tidak ditangani dengan sabar dan tekun, maka kasihan para lansia karena kondisi seperti itu sebetulnya kondisi yang tidak diinginkan oleh mereka. Terapi dan perawatan yang sungguh penuh dengan kepedulian dan perhatian harus dilakukan untuk menjaga agar mereka tetap nyaman, tenang dan semangat untuk menjalani hidup. Berikut contoh dan jenis perilaku manusia dalam psikologi paling mendasar.

4. Emosi dan Perasaan yang Lebih Sensitif

Contoh perubahan mental pada lansia berikutnya adalah terganggunya sensor perasaan dan juga emosi. Emosi serta perasaan para lansia mudah terganggu oleh kondisi yang membuat mereka tidak nyaman atau sedikit kecewa. Karena itu butuh ekstra kesabaran dalam merawat para lansia dalam menjalani kehidupan hari tuanya. Terkadang emosi dan perasaan mereka mudah sedih, kecewa, marah dan kadang merekan bahagia. Pelajari bagaimana mengetahui perkembangan emosi usia dewasa dalam tahap perkembangan.

5. Penurunan Kesehatan Tubuh

Usia tua tidaklah setegar dan sekuat usia muda dulu, semakin seseorang memasuki usia di atas 45 tahun mulai menurunlah stamina kesehatan tubuhnya. Satu persatu penyakit mulai menimpa, dari yang ringan sampai yang kronis.

Kebiasaan dimasa muda juga menjadi salah satu pencetus timbulnya penyakit yang bisa komlikasi, dan juga gaya hidup dan pola makan yang tidak dijaga dengan baik dan benar. Karena itu sangat penting menjaga semua itu selagi usia kita masih kuat dan muda agar terhindari dari masalah penyakit menua kelak. Kiat dan cara mengatasi gangguan mood pada diri sendiri.

6. Menurunnya Kehidupan Bersosialisasi

Satu lagi contoh perubahan mental pada lansia yang umumnya terjadi yaitu menghindar dari kehidupan bermasyarakat. Memasuki usia pensiun biasanya peran orang tua akan menurun, dunianya dulu yang penuh dengan energik dan semangat mulai memudar. Lebih banyak menghabiskan waktu dirumah dengan hobi atau ibadah. Pergaulan antara lingkungan menjadi kehidupan yang semu dan kelam, tidak memikirkan hiruk pikuk gemerlap alam luar. Lebih senang akan suasana yang tenang, damai dan rileks. Berikut ini contoh faktor psikologis yang mempengaruhi masalah sosial.

Demikian beberapa penjelasan mengenai 6 contoh perubahan mental pada lansia, semoga menjadi manfaat dan menjadi pengetahuan untuk merawat lansia dengan perawatan yang terbaik.

Sponsors Link
, , , , ,